Fungsi Filter Udara Mobil Vital, Wajib Dirawat

Fungsi Filter Udara Mobil Vital, Wajib Dirawat

Mon, 22 - June - 2020read

Setiap komponen kendaraan pasti punya fungsi penting. Tidak terkecuali filter udara mobil yang sering disepelekan. Kegunaannya ternyata sangat vital sehingga tetap perlu mendapat perhatian khusus.

Filter udara mobil memiliki peran sebagai penyaring kotoran agar tidak masuk ke sistem injeksi mesin. Adapun kotoran-kotoran yang tersaring bermacam-macam mulai dari udara kotor, debu, hingga pasir.

Sepintas fungsinya terlihat sederhana. Namun, dampak yang ditimbulkan jika filter udara kotor atau tidak berfungsi dengan baik sebagai penyaring bisa fatal. 

Keberadaan filter udara bermanfaat menyaring partikel kotoran dan debu masuk ke ruang mesin. Berkat itu, udara yang diisap ke ruang bakar melalui air intake akan selalu bersih. Jika itu terjadi, pembakaran yang terjadi akan optimal sehingga mesin terus berkinerja baik.

Lain halnya jika filter udara mobil kotor. Berbagai gangguan pada mobil potensial terjadi. Sebagai contoh, ketika filter udara kotor, pori-pori akan menyempit. Hal ini akan memicu penurunan performa mesin berupa tenaga yang turun. Sebaliknya konsumsi bahan bakar tidak efisien lagi, bahkan cenderung boros. 

Bukan hanya itu, filter udara yang kotor bisa merusak sensor-sensor di air intake. Kalau itu terjadi pada mesin injeksi, kotoran pada filter udara bisa mengganggu fungsi idle speed control. Sementara itu, pada mesin EFi, air flow sensor dan air intake temperature sensor dapat  terganggu.

Kalau dibiarkan berlarut-larut, gangguan-gangguan itu bisa memicu masalah yang lebih serius. Bisa-bisa lama-kelamaan biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki mobil rusak akan membengkak.

Untuk menghindarinya, lakukan perawatan filter udara mobil. Sering-seringlah melihat kondisinya. Bersihkan jika memang sudah kotor agar performanya tetap optimal.

Lalu, gantilah jika sudah sangat kotor. Lebih baik pergantian dilakukan secara rutin. Namun, inilah kesulitannya. Tidak ada patokan pasti kapan harus mengganti filter udara di mobil.

Biasanya jarak tempuh antara 30 ribu km untuk mobil diesel dan 40 ribu km di mobil bensin dijadikan pijakan pergantian rutin. Tapi, seringkali filter udara sudah butuh diganti sebelum periode tersebut. 

Hal itu dimungkinkan karena pemakaian mobil dan kondisi jalanan yang ditempuh berbeda-beda. Bisa saja filter udara lebih cepat kotor ketika mobil sering dipakai di jalanan yang kotor dan berdebu. Sebaliknya ada yang masa pakainya lebih lama karena hanya digunakan di jalan yang bersih. 

CARA MEMBERSIHKAN

Untuk itu, pemilik mobil seharusnya tahu kapan filter udara perlu diganti. Ambil filter udara yang terpasang di mobil. Letaknya bisa berbeda antara mobil modern dan mobil dengan karburator. 

Pada mobil masa kini, filter udara berada di dalam kotak cold air collector yang tersambung dengan saluran air intake. Sementara itu, filter udara mobil berkarburator terletak di dalam air cleaner yang berbentuk lingkaran dengan posisi di atas mesin.

Setelah dilepaskan, terawangkan pandangan ke filter udara yang diangkat ke arah cahaya. Lihatlah apakah ada cahaya yang tembus atau tidak. Jika masih ada, berarti masih bisa dibersihkan.

Sebaliknya kalau tidak ada cahaya yang sembuh, lakukan langkah berikut sebelum diganti baru. Jatuhkan filter udara pelan-pelan ke permukaan yang keras dengan bagian bawah tetap menghadap ke bawah. Ini bertujuan untuk melepaskan kotoran yang ada sebelum dibersihkan.

Cara membersihkan filter udara mobil cukup dengan disedot penyedot debu atau ditiup dengan udara bertekanan. Sedot atau tiup kotoran yang ada hingga bersih. Namun, pastikan proses itu tidak sampai sampai mendorong kotoran masuk ke dalam filter.

Jika sudah bersih, pasang lagi filter udara ke tempatnya. Pastikan pula untuk membersihkan bagian dalam kotak air collector. Jaga jangan sampai ada kotoran yang masuk ke dalam saluran air intake saat dibersihkan.

Namun, jika setelah dibersihkan tetap kotor, maka tidak ada jalan lain, filter udara harus sudah diganti dengan yang baru. Hal ini demi menjaga agar kebersihan area mesin supaya kinerja optimal.