Mau Beli Ban Mobil Baru? Pertimbangkan Hal-hal Berikut Ini

Mau Beli Ban Mobil Baru? Pertimbangkan Hal-hal Berikut Ini

Thu, 23 - July - 2020read

Kalau mau perjalanan dengan mobil semakin aman, pastikan ban selalu dalam kondisi optimal. Jika ban sudah gundul, sangat disarankan untuk menggantinya dengan ban baru.

Ingin segera ke toko ban terdekat? Sebelum ke sana, penting untuk mempertimbangkan berbagai hal sebelum menentukan ban baru yang hendak dipilih. Ini sangat krusial agar ban sesuai standar spesifikasi kendaraan.

Jenis Ban

Dalam membeli ban mobil baru, hal yang harus diperhatikan pertama kali ialah jenis ban. Pilih ban yang sesuai dengan peruntukannya. Misalnya ketika memilih ban untuk mobil SUV yang sering dipakai off-road, jenisnya tentu berbeda. Ban Mud Terrain (M/T) akan cocok untuk melewati jalanan yang menantang tersebut. Namun, selain jenis ban M/T, ada pula ban All-Terrain (A/T) yang didesain lebih fleksibel. Selain bisa digunakan di aspal, ban A/T masih dapat dipakai di jalan tanah yang tidak terlalu ekstrem.

Akan tetapi, agar lebih mudah, disarankan untuk melihat jenis ban bawaan asli mobil. Samakan saja dengan ban baru yang hendak dibeli. Sebab, penentuan jenisnya telah berdasarkan riset dan pengujian oleh pabrikan, sehingga pasti aman dan cocok.

Ukuran Ban

Jenis ban sudah ditentukan. Tapi, jangan lupa memerhatikan ukurannya. Salah ukuran ban bisa berakibat fatal. Oleh karenanya, samakan ukuran ban baru dengan ban lama agar sesuai dengan mobil.

Ukuran ban berpengaruh besar terhadap pengendalian kendaraan secara umum. Ban dapat menentukan arah lampu utama, ketinggian kendaraan, serta tingkat akselerasi kendaraan. Ban juga sangat memengaruhi kemampuan pengereman. Bahkan, kalibrasi untuk spidometer kendaraan terkait pula dengan ban.

Untuk mengetahui ukuran ban, lihat saja kode yang ada di ban. Terdapat sejumlah angka yang mengindikasikan ukuran ban. 

Misalnya kode 175/65R14 82T. Tiga angka pertama (175) menunjukkan lebar tapak ban dalam satuan milimeter. Lalu angka sesudahnya (65) menunjukkan aspect ratio ban. Ini adalah rasio antara tinggi dinding ban dengan lebar tapak ban yang direpresentasikan dalam bentuk persentase (%).

Angka berikutnya (14) memperlihatkan ukuran pelek ban. Angka yang terpampang merupakan diameter pelek yang digunakan dalam satuan inci. Sedangkan angka terakhir (82) menunjukkan load index. Hal itu adalah indeks beban maksimum yang dapat ditopang oleh setiap ban. 

Speed Rating Ban

Sebelum membeli ban baru, disarankan pula untuk melihat speed rating. Sesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi kendaraan.

Speed Rating menunjukkan kecepatan maksimum yang diperbolehkan untuk setiap ban. Hal ini bermanfaat sebagai pemandu ketika sedang mengemudi mobil. Jangan sampai melebihi batas aman kecepatan yang ditoleransi oleh ban.

Untuk melihatnya, perhatikan huruf terakhir di kode ban. Setiap huruf mengindikasikan batas kecepatan aman yang mampu ditoleransi oleh ban. Namun, setiap produsen ban mencantumkan kode speed rating yang berbeda-beda. Jadi, disarankan untuk mencarinya sesuai dengan merek ban yang dipakai.

Merek yang Sama Untuk Semua Ban

Sangat disarankan untuk memilih merek yang sama untuk semua ban di mobil. Terlihat sepele namun kesamaan merek memperkecil kemungkinan terdapat perbedaan di setiap ban.

Perlu diketahui, meski kecil, tetap saja terdapat kemungkinan perbedaan ukuran ban yang dibuat oleh produsen berbeda. Hal ini bisa berpengaruh bagi kendaraan yang sensitif terhadap perbedaan ukuran tersebut. Sejumlah gangguan mulai dari pengendalian yang buruk, torque steer, hingga laju kendaraan yang miring bisa terjadi.

Tentu saja siapa pun tidak mau mengalaminya. Maka, memilih merek ban yang sama untuk setiap ban, baik ban depan maupun belakang, sangatlah penting.