Tahu Lebih Keuntungan Mobil Listrik

Tahu Lebih Keuntungan Mobil Listrik

Tue, 02 - October - 2018read

Perkembangan teknologi menghadirkan mobil listrik. Kendaraan ini diprediksi bisa menjadi masa depan. Namun, sampai sekarang, pertumbuhan penguna belum terlalu menggembirakan.

Padahal, mobil listrik memiliki sejumlah keuntungan tersendiri. Ada sejumlah kelebihan yang membuat mobil dengan tenaga listrik ini pantas dipilih. Namun tetap saja perkembangannya tidak terlalu pesat.

Sejarah mobil listrik sudah panjang. Cikal-bakalnya telah ada sejak abad ke-19. Pada tahun 1890, mobil listrik telah hadir di Amerika Serikat. Perkembangannya cukup menjanjikan, namun pada 1920, era penurunan mobil listrik mulai terjadi.

Kendaraan ini sempat menghilang hingga kesadaran lingkungan mulai tumbuh. Didukung konsen tentang jumlah bahan bakar fosil yang menipis, ketertarikan terhadap mobil listrik mulai tumbuh lagi pada era 1990-an. Hingga akhirnya, pada 1997, Toyota meluncurkan Toyota Prius di Jepang yang membuat perkembangannya semakin pesat.

Kondisi itu membuat mobil listrik diyakini bisa menjadi kendaraan masa depan. Pasalnya, ada sejumlah kelebihan yang dimiliki. Apa saja keuntungan menggunakan mobil listrik?

Mendorong Penghematan

Menggunakan mobil listrik sebenarnya mendorong penghematan. Biaya yang dikeluarkan untuk berkendara dengannya jauh lebih rendah dibanding kendaraan berbahan bakar bensin. 

Dipaparkan oleh Go Ultra Low, biaya bahan bakar mobil listrik untuk berjalan dalam jarak satu mil atau sekitar 1,6 kilometer jauh lebih rendah dibanding mobil biasa. Biaya yang dibutuhkan hanya sepertiganya. 

Hal ini dimungkinkan karena ongkos listrik jauh lebih rendah dibanding minyak bumi. Tidak aneh, menggunakan mobil listrik bisa membantu kita berhemat.

Biaya Perawatan Lebih Murah

Mobil perlu dirawat supaya selalu dalam kondisi prima. Namun, biaya perawatannya seringkali tidak murah. Kalau tidak ingin mengalami kondisi itu, menggunakan mobil listrik bisa menjadi alternatif.

Biaya perawatannya jauh lebih rendah dibanding mobil berbahan bakar bensin. Itu bisa terjadi karena komponen mobil listrik lebih sedikit. Secara garis besar, kendaraan ini hanya terdiri dari tiga komponen, yakni on-board charger, inverter, dan bagian motor. 

Selain itu, komponen Plug-in Hybrid Electric Vehicles di dalamnya juga tidak terlalu membutuhkan perawatan. Hal itu dikarenakan, berbeda dengan mobil bensin, bagian yang bergerak di mobil listrik tidak terlalu banyak. 

Ramah Terhadap Lingkungan

Inilah nilai lebih mobil listrik. Kendaraan ini jauh lebih ramah terhadap lingkungan. Pasalnya, kendaraan listrik tidak menghasilkan emisi seperti mobil berbahan bakar minyak bumi. Kalaupun ada seperti mobil hybrid, tingkat emisi tetap jauh lebih rendah.

Selain itu, energi listrik termasuk energi yang terbarukan. Penggunaannya tidak akan menghabiskan sumber daya karena bisa terus diperbarui. Faktor ini berpengaruh besar terhadap kelestarian alam.

Bukan hanya itu, komponen mobil listrik modern cenderung bersahabat dengan lingkungan. Bahannya banyak dibuat dari material yang aman, mudah diurai, serta hasil daur ulang. Semua demi menekan dampak terhadap alam seminim mungkin.

Aman Dikendarai

Seiring perkembangan teknologi, tingkat keamanan berkendara mobil semakin baik. Ini juga terjadi di mobil listrik. Kalau dibanding dengan mobil berbahan bakar bensin, keamanannya nyaris tidak ada bedanya. Bahkan, mobil listrik cenderung lebih aman.

Ergon menyebutkan sejumlah fitur di mobil listrik dapat meningkatkan aspek keselamatan. Selain itu, mereka juga mencatat secara umum pusat gravitasi di kendaraan elektrik lebih rendah. Hal ini membuat kemungkinan untuk tergelincir semakin berkurang.

Keunggulan tersebut masih ditambah dengan risiko meledak yang lebih rendah. Akibatnya, mobil listrik kian aman dikendarai.