Berkendara Kian Nyaman Dengan Kacamata Hitam

Berkendara Kian Nyaman Dengan Kacamata Hitam

Mon, 05 - November - 2018read

Ritme hidup masyarakat modern begitu kencang. Terkadang, aktivitas yang padat menuntut seseorang untuk menjalani mobilitas tinggi. Karena itu, mengendarai mobil harus sering dilakukan. Supaya nyaman berkendara, gunakanlah kacamata hitam di dalam mobil.

Kondisi jalanan saat ini memang sangat padat. Jumlah kendaraan yang tinggi membuat kemacetan seringkali tidak terhindarkan. Saat seperti itu pengemudi mesti bekerja ekstra keras. Mata diharap selalu fokus ke jalanan agar perjalanan berjalan lancar dan aman.

Padahal, gangguan di jalanan seringkali sukar ditebak. Mungkin saja ada kendaraan lain yang melaju dengan ceroboh sehingga berbahaya. Ada pula kemungkinan kondisi jalan yang buruk yang membahayakan keamanan berkendara.

Semua itu masih ditambah dengan tantangan yang dihadapi mata. Ketika dituntut fokus ke jalanan, gangguan terhadap penglihatan sering muncul. Pada siang hari misalnya. Pantulan sinar matahari dari jalanan dan sekitarnya menyilaukan. Akibatnya, mata bekerja lebih keras sehingga mengurangi kenyamanan berkendara. 

Agar hal itu tidak terjadi, menggunakan kacamata hitam bisa menjadi solusi. Memakainya bisa membuat pengemudi lebih fokus ke jalanan. Selain itu, mata juga bisa terasa nyaman sehingga berkendara semakin terasa menyenangkan.

Perlu diketahui, pada siang hari, ancaman sinar ultraviolet dari matahari begitu besar. Mata perlu dilindungi. Sebab, sinar UV bisa memicu sejumlah problem penglihatan mulai dari iritasi, mata lelah, hingga katarak.

Fakta bahwa Indonesia berada di kawasan tropis semakin memperkuat alasan perlu menggunakan kacamata hitam saat berkendara. Sinar matahari di negeri kita ada terus sepanjang tahun dan cenderung terik. Kondisi itu rawan membuat mata tegang karena terus-menerus terpapar sinar menyilaukan.

Oleh karena itu, disarankan agar mengenakan sunglasses saat mengendarai mobil. Namun, jangan asal memilih kacamata hitam. Ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan.

 

SUNGLASSES UNTUK BERKENDARA

Pertama dan yang utama pastikan kacamata hitam memiliki perlindungan sinar ultraviolet. Hal ini bisa ditengarai dari label di produk kacamata. Pastikan memilih yang mampu melindungi mata dari sinar UV hingga 100 persen. 

Disarankan jangan memakai produk sunglasses tiruan. Sebab, selain jaminan perlindungan sinar UV tidak ada, menggunakan produk palsu malah merugikan mata. Mata justru bekerja makin keras untuk melindungi diri dari rasa silau. Ini berdampak terhadap kesehatan mata pada jangka panjang.

Selain itu, ada baiknya memilih kacamata hitam dengan bentuk frame wrap. Bentuknya ditandai dengan lengkungan yang merekat erat ke wajah. Mengapa ini disarankan? Model sunglasses ini bisa melindungi mata secara komplet dari segala sisi.

Jika ingin semakin nyaman, pilihlah kacamata hitam dengan lensa polarized. Jenis lensa ini mampu menghilangkan rasa silau. Akibatnya penglihatan selalu terasa nyaman, meski di kondisi panas terik sekalipun.

Disarankan pula untuk memilih lensa dengan warna amber, grey, brown, atau green. Lensa dengan warna ini mampu membantu mata lebih fokus dalam melihat jalanan sehingga membantu saat berkendara.

Memakai jenis lensa kacamata hitam mirrored juga bermanfaat. Jenis lensa ini mampu memantulkan cahaya yang masuk ke mata. Dengan demikian, mata tetap nyaman dan mampu fokus saat berkendara.

Oleh sebab itu, ada baiknya selalu menggunakan kacamata hitam saat mengendarai mobil. Selain menjadi sarana menjaga kesehatan mata, sunglasses bermanfaat membantu kenyamanan penglihatan kala berkendara.