Kenali Tipe Ban Mobil dan Peruntukannya

Kenali Tipe Ban Mobil dan Peruntukannya

Mon, 05 - November - 2018read

Pernahkah Anda memperhatikan jenis ban mobil yang ada? Bentuk ukiran di permukaan dan kepadatan karetnya beragam. Hal itu ternyata tidak berkaitan dengan faktor estetika. Namun, berhubungan erat dengan peruntukan ban.

Tipe ban mobil ternyata berbeda-beda. Satu tipe tidak bisa disamakan dengan yang lain. Sebab, produsen ban sengaja mendesain untuk kegunaan tertentu. Oleh sebab itu, tidak jarang komponen yang disematkan di dalam juga tidak sama dan disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian.

Untuk itu, penting untuk mengenal tipe-tipe ban mobil. Hal itu krusial agar tidak salah memilih pemakaiannya. Pasalnya, penggunaan yang salah bisa berisiko bagi keselamatan berkendara.

 

All Terrain

Tipe ban mobil yang multifungsi. Jenis ban All Terrain (AT) dapat digunakan untuk segala jenis medan. Fleksibilitasnya di berbagai medan jalanan terbilang tinggi.

Tipe ban mobil AT dapat digunakan untuk melaju di jalanan beraspal. Suara bising yang ditimbulkannya tidak terlalu keras. Berkat itu, jenis ban ini nyaman untuk digunakan untuk kendaraan harian.

Ketika dipakai untuk melintasi jalanan berbatu, tanah, atau medan berlumpur, tipe ban AT masih dapat diandalkan. Namun, jangan memakainya di area yang benar-benar berat. Tipe ban AT tidak akan mampu memberikan cengkeraman yang dibutuhkan agar mobil melaju di lintasan menantang.

Biasanya jenis ban tipe AT digunakan untuk kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV). Kemampuan untuk melewati berbagai jenis jalanan menjadi penyebabnya. 

 

Mud Terrain

Tipe ban mobil Mud Terrain (MT) merupakan jenis ban yang didesain untuk melewati kondisi jalanan yang berat. Jalan berlumpur yang becek, bebatuan, hingga yang digenangi oleh air bisa dilewati oleh mobil yang memakai ban tipe MT.

Tidak heran, ban MT sering dipakai untuk kendaraan off-road. Ciri khasnya adalah corak atau motif “kembang” yang besar seperti bentuk tahu. Hal itu membantu ban mendapatkan cengkeraman untuk melewati jalanan yang menantang. Jenis ban ini sering juga disebut sebagai ban pacul.

Karena didesain khusus untuk jalanan berat, tipe ban mobil MT tidak cocok digunakan di jalanan beraspal. Suara yang ditimbulkannya begitu bising. Namun, lebih dari itu, faktor keamanan yang menjadi alasan. 

Tipe ban mobil MT cenderung licin dan tidak mencengkeram dengan baik di jalanan beraspal. Kendali berkendara akan memburuk ketika menggunakannya di sana, terlebih jika dalam kondisi basah.

 

Highway Terrain

Jalanan saat ini lebih didominasi permukaan yang diplester dengan aspal. Hal ini mendorong produsen mobil memproduksi tipe ban mobil Highway Terrain (HT). Ini adalah jenis ban mobil yang dirancang untuk berkendara di jalanan beraspal.

Ciri khas tipe ban mobil HT adalah corak “kembangan” yang lebih halus. Itu membuatnya ban mampu mencengkeram erat di jalanan aspal dengan baik. Berkat itu pula suara yang ditimbulkannya cenderung lirih sehingga terkesan lebih lembut.

Tipe ban mobil HT sekarang banyak digunakan di kendaraan tipe Multipurpose Vehicle (MPV). Pasalnya, jika lebih sering berkendara di kawasan perkotaan atau dengan kondisi jalanan yang mulus, tipe ban ini lebih cocok.