Trik Memilih Wiper Mobil

Trik Memilih Wiper Mobil

Wed, 02 - January - 2019read

 Sumber foto: Pixabay.com

Musim penghujan mulai tiba. Saatnya mulai memperhatikan kondisi wiper. Jika sudah usang, lebih baik diganti. Namun, jangan sembarangan memilih. Ketahui dulu trik memilih wiper mobil sebelum membeli baru.

Hal tersebut dikarenakan wiper memiliki peran penting bagi kendaraan. Wiper berfungsi untuk menyapu air yang jatuh di kaca mobil. Berkat wiper, pandangan pengemudi selama hujan tetap bisa maksimal karena air tersapu.

Sedemikian penting fungsi wiper, jangan asal memilih. Salah menentukan yang terbaik bisa-bisa penglihatan saat berkendara dalam hujan bakal terganggu. Lantas, bagaimana trik memilih wiper mobil yang tepat? 

 

JENIS WIPER

Sebelum menentukan pilihan, kenali dulu jenis wiper. Saat ini di pasaran terdapat dua jenis wiper yang populer, yakni jenis wiper frameless dan frame. Keduanya memiliki perbedaan khusus sehingga kemampuannya juga tidak sama.

Dimulai dari wiper frame. Sesuai namanya, wiper frame ditandai dengan keberadaan material besi sebagai rangka. Rangka tersebut dimaksudkan supaya sapuan lebih kuat sehingga air atau kotoran bisa dibersihkan maksimal.

Namun, rangka besi juga berisiko korosi. Hal ini lebih sering terjadi di wiper frame dengan kualitas rendah. Sedangkan produk yang bermutu tinggi, risiko karat diminimalkan dengan cat pelapis.

Korosi akan merugikan wiper karena kelenturannya berkurang. Kalau itu terjadi, sapuan tidak akan maksimal.

Sementara itu, jenis wiper frameless hanya mengandalkan bilah karet sebagai penyapu dan tulang bilah. Tidak ada lagi rangka besi di sana. Ini membuat bobotnya menjadi lebih ringan.

Meski begitu, kemampuan wiper frame tidak kalah dengan wiper frameless. Sapuannya justru dianggap lebih merata. Selain itu, ketiadaan material besi membuat lebih tahan lama karena tidak ada risiko korosi.

 

PERTIMBANGAN MEMILIH

Jenis wiper sudah diketahui. Sekarang tinggal tentukan pilihan jenis yang disukai. Namun, tetap pertimbangkan berbagai hal lain sebelum menentukan produk yang dibeli.

Hal yang utama adalah ukuran wiper. Cari tahu dulu ukuran yang tepat bagi mobil. Anda bisa mendapatkannya dari buku petunjuk mobil, sehingga ukurannya pas.

Jika wiper terlalu panjang, dinamo wiper rawan rusak. Sedangkan kalau terlalu pendek, wiper tidak akan bisa menjangkau semua area. Hal itu dapat mengganggu penglihatan.

Selanjutnya, teliti kondisi karet wiper. Pilihlah yang mulus, lembut, namun tetap kesat. Jangan pilih yang getas karena tidak akan bisa menyapu dengan baik. Tidak ada salahnya pula memeriksa rangkanya kalau memilih wiper frameless. Pastikan rangka tidak bengkok.

Sesudahnya perhatikan dengan detail keasliannya. Disarankan jangan memakai produk tiruan karena kualitasnya tidak bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu, produk palsu malah rawan merusak kaca. 

Jika memungkinkan, cobalah dulu wiper di mobil sebelum dibeli. Kalau sudah dirasa pas, barulah wiper dibeli. 

Ketika semua sudah dilakukan, niscaya wiper berkualitas akan diperoleh. Berkat itu, kenyamanan berkendara dalam keadaan hujan bakal terus terjaga.