Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil 4WD

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil 4WD

Fri, 03 - May - 2019read

Mobil Four-Wheel Drive atau biasa disebut sebagai 4WD memiliki daya tarik tersendiri. Karena teknologinya sering diterapkan di mobil-mobil offroad, penggemar mobil dengan nuansa macho hampir selalu meliriknya. Tertarik untuk memilikinya? Ketahui terlebih dulu keunggulan dan kelemahannya mobil 4WD.

Pada dasarnya, 4WD merupakan mobil yang diperkuat dengan sistem penggerak empat roda. Dengan ini semua roda memperoleh tenaga dari mesin mobil. Hal ini berbeda dengan banyak kendaraan lain yang biasa menggunakan sistem penggerak dua roda atau Two-Wheel Drive (2WD).

Secara umum, mobil 4WD dapat dibagi lagi menjadi empat jenis, yaitu Full Time 4WD, Part Time 4WD, AWD (All Wheel Drive). dan Auto AWD. Setiap jenis memiliki karakteristik tersendiri.

Full Time 4WD bisa diartikan mobil yang selalu dalam kondisi 4WD dan mempunyai pilihan low gear dan high gear. Sebaliknya dengan Part Time AWD. Ini merupakan mobil dengan penggerak empat roda yang dapat diganti menjadi 2WD, namun opsi pengaturan low gear dan high gear tetap ada.

Sementara itu, AWD berarti mobil selalu dalam kondisi semua roda menjadi penggerak. Di mobil ini tidak ada pilihan pengaturan untuk low gear atau high gear. Sedangkan Auto AWD merupakan mobil yang dapat diganti ke sistem 2WD dan 4WD secara otomatis sesuai kondisi jalan yang dilalui.

Meski berbeda-beda, pada dasarnya mobil-mobil tersebut bisa menggunakan sistem penggerak empat roda. Sistem ini dirancang untuk tujuan khusus, yakni memaksimalkan traksi dari keempat roda secara bersamaan.

Traksi merupakan daya maksimum yang dapat diberikan roda terhadap permukaan yang dilintasi. Kalau traksi yang bisa diberikan semakin baik, daya yang diberikan roda terhadap permukaan untuk menggerakkan mobil juga bertambah baik.

Kelebihan tersebut berpengaruh terhadap kemampuan akselerasi mobil 4WD yang lebih baik dibanding mobil 2WD. Pasalnya, traksi bisa dihasilkan dari keempat roda. Tidak heran, hal ini dimanfaatkan oleh mobil-mobil offroad yang biasa melintasi jalan yang buruk.

Traksi 4WD juga mempermudah kendali mobil di jalanan menantang. Perlu diketahui, sistem 4WD dapat memuntahkan torsi yang maksimal pada roda tanpa kemungkinan selip. Torsi adalah gaya yang dihasilkan mesin saat pertama kali melaju dari posisi diam. Tidak aneh, kendali setir mobil 4WD juga lebih bagus dibanding mobil 2WD.

Hal ini sangat berguna bagi mobil ketika melewati jalanan yang licin atau becek. Namun, ketika digunakan di jalanan mulus seperti di permukaan aspal, keunggulan mobil 4WD dalam akselerasi dan kendali nyaris tidak ada bedanya dengan kendaraan 2WD.

Beda halnya ketika dipakai untuk menarik kendaraan lain. Mobil 4WD lebih mumpuni saat dibandingkan dengan mobil 2WD. Torsi yang besar dapat tersalurkan dengan baik ke semua roda sehingga mobil lebih bertenaga.

Untuk itu, mobil 4WD lebih bermanfaat saat digunakan di medan menantang. Ketika aktivitas sehari-hari melewati jalanan tersebut, tidak ada salahnya untuk menggunakannya.

Namun, saat mobil lebih sering dipakai di jalan yang mulus, 4WD tidak menghadirkan keunggulan khusus. Mobil 4WD malah cenderung lebih boros bahan bakar. Hal ini tidak lepas dari bobotnya yang lebih berat dibanding mobil 2WD akibat komponennya yang lebih banyak.

Selain itu, biaya perawatan mobil 4WD cenderung lebih tinggi. Sejumlah komponen seperti perangkat differential memerlukan oli untuk pelumas yang harus diganti secara berkala. Bukan hanya itu, harga mobil 4WD yang lebih mahal dibanding mobil 2WD bisa pula menjadi pertimbangan lain sebelum memilikinya.