Pahami Perbedaan Coating dan PPF Pada Bodi Mobil

Pahami Perbedaan Coating dan PPF Pada Bodi Mobil

Fri, 03 - May - 2019read

Memiliki mobil dengan kondisi bodi yang selalu mengilap dan indah, siapa pun pasti suka. Banyak cara untuk melakukannya. Beberapa melakukan coating di bodi mobil dan lainnya ada yang memilih Paint Protection Film (PPF).

Tidak ada yang salah, baik coating dan PPF memiliki manfaat untuk perawatan bodi mobil. Tidak perlu memilih salah satu. Jika mau, keduanya justru perlu digabungkan. Pasalnya, sesungguhnya ada perbedaan kegunaan coating dan PPF.

Lantas apa sesungguhnya yang membedakan coating dan PPF? Mari disimak pemaparan berikut ini.


PPF Bodi Mobil

Banyak yang salah kaprah dengan menganggap PPF sama dengan coating. Padahal, sesungguhnya keduanya berbeda. PPF merupakan cara perlindungan bodi mobil dengan memberi lapisan film di atasnya.

Supaya lebih mudah dipahami, prinsip kerja PPF mirip dengan laminating. Artinya bodi mobil dibungkus dengan lapisan film khusus yang biasanya terbuat dari bahan thermoplastic urethane.

Keberadaan lapisan film di atasnya itulah yang akhirnya melindungi bodi mobil. PPF bisa menjaga bodi mobil dari baret halus karena beragam hal seperti saat terkena goresan ketika dicuci. Selain itu, penerapan PPF juga mampu menjaga warna mobil tetap cerah karena memiliki sifat “self healing”.

Karena menggunakan pembungkus, fungsi utama PPF sebenarnya adalah untuk menjaga orisinalitas warna cat kendaraan. Ketika sudah dilapisi film, PPF bisa menjaga warna asli mobil hingga 10 tahun tanpa perawatan.

Akan tetapi, hal itu juga masih butuh pembuktikan. Pasalnya, PPF tidak memiliki “efek daun talas” ketika terkena air. Ini rawan memicu pertumbuhan jamur di atas bodi mobil, sehingga mungkin saja bodi mobil menjadi kusam.

Harga perawatan PPF cenderung mahal. Pelanggan biasanya mesti mengeluarkan biaya hingga sekitar sepuluh persen dari harga mobil. Belum banyak pula pihak yang mahir dan menguasai metode ini. Tidak heran, popularitas PPF dalam rangkaian perawatan mobil masih rendah.

Terlebih lagi, ada risiko tinggi di balik penerapannya. Ketika tergores, PPF harus diganti satu panel sekaligus. Ini yang membuat orang belum banyak yang mau menerapkannya.


Coating Bodi Mobil

Coating merupakan salah perawatan bodi mobil yang populer. Metode ini dilakukan dengan memberi lapisan bodi dengan bahan kimia khusus. Nanti langkah ini akan membuat bodi mobil lebih mengilap dan tidak kusam. Selain itu, warna khas kendaraan juga menonjol.

Saat ini coating memiliki banyak jenis. Sebagai contoh ada dikenal nano coating, ceramic coating, serta waxing. Hal yang membedakan adalah material bahan yang dipakai untuk melapisi bodi mobil. Sebagai contoh nano ceramic menggunakan cairan kandungan khusus berukuran nano, sedangkan ceramic coating memakai berkandungan keramik spesial.

Setiap jenis coating memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, secara umum, coating berfungsi untuk melindungi bodi mobil dari jamur, kerak, hingga sinar ultraviolet yang membuat warna mobil kusam. Selain itu, coating juga bermanfaat menjaga bodi mobil dari baret halus.

Pemilik mobil bisa memilih coating kalau ingin mengembalikan warna asli mobil. Namun, hasil metode ini tidak bisa bertahan selamanya. Coating harus dilakukan lagi setiap lima tahun sekali atau tergantung kondisi mobil.

Harga coating pun bervariasi tergantung jenisnya. Namun, biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibanding PPF. Biasanya ada di kisaran Rp2 juta sampai Rp5 juta.

Ketika terkena baret, coating tidak perlu dilakukan di seluruh panel bodi mobil. Coating dapat dilakukan di titik-titik yang terkena. Inilah yang membuat lebih populer karena dianggap praktis dan hemat.


Mana yang Dipilih?

Setelah paham perbedaan coating dan PPF, pemilik mobil bisa menentukan pilihan. Namun, jika ingin maksimal, disarankan untuk menggabungkan keduanya. Sebab, PPF dan coating bisa saling melengkapi.

Coating bisa membuat warna mobil seperti baru lagi. Oleh sebab itu, coating diterapkan lebih dulu. Setelah itu, bodi mobil baru diberi pelindung lagi berupa lapisan film dengan PPF. Hal itu akan membuat warna mobil selalu indah sepanjang waktu.