Cara Mencegah Kaca Mobil Berjamur yang Praktis

Cara Mencegah Kaca Mobil Berjamur yang Praktis

Tue, 02 - July - 2019read

Jangan sampai kaca mobil berjamur. Selain mengganggu estetika, jamur di kaca mobil bisa berbahaya bagi keselamatan berkendara. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara-cara mencegah kehadiran jamur kaca mobil secara praktis.

Jamur kaca mobil sering dijumpai di Indonesia. Jamur tumbuh dan menempel di kaca karena perubahan cuaca yang ekstrem. Sebagai contoh sesudah terkena air, kaca mobil terpapar sinar matahari yang terik. Kalau tidak segera dibersihkan, lambat-laun jamur bakal tumbuh di sana.

Bagaimana dampaknya? Pengemudi akan merasakan gangguan penglihatan ketika sudah ada jamur di kaca mobil. Ini terasa sekali ketika hujan tiba. Kaca mobil tidak akan bisa bening secara maksimal meski menggunakan wiper sekalipun.

Ketika hujan, wiper tidak bisa menyapu air dengan optimal. Gara-garanya jamur menahan wiper membuang air sehingga pandangan akan terganggu. Kalau itu terjadi, tentu berbahaya sekali bagi keselamatan berkendara.

Selain itu, keberadaan jamur juga akan mengganggu penglihatan pengemudi pada malam hari. Jamur akan memendarkan sinar lampu yang datang dari kendaraan lain. Akibatnya, pengemudi merasa silau dan penglihatannya tidak bisa optimal. Lagi-lagi ini berdampak buruk bagi keselamatan lalu-lintas.

Belum lagi efek estetika yang berkurang. Kaca mobil yang ditumbuhi jamur akan terlihat kusam, tidak jernih, dan kurang berkilau. Ini membuat keindahan kaca mobil jelas berkurang.

Agar jamur tidak tumbuh di kaca mobil, pengemudi bisa melakukan beberapa hal sederhana berikut ini. Mempraktikkannya bisa memperkecil risiko kaca mobil ditumbuhi jamur. Apa sajakah itu?

Parkir Mobil di Area yang Teduh

Jamur bisa tumbuh di kaca mobil yang sering terpapar sinar matahari. Apalagi jika paparan hadir sesudah mobil terkena air dan tidak segera dibersihkan. Jamur akan hadir di sana dengan subur.

Untuk itu, agar jamur tidak tumbuh di kaca, tidak ada salahnya untuk memarkir mobil di area yang teduh. Carilah tempat untuk memarkir mobil yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Hal ini berguna untuk mencegah pertumbuhan jamur. Sebab, jamur akan cepat hadir di kaca mobil yang sering terkena panas matahari.

Rutin Membersihkan Kaca

Jamur bisa tumbuh di kaca mobil yang kotor. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan kaca mobil supaya tidak ditumbuhi jamur.

Ambil lap khusus lalu bersihkan kaca mobil secara rutin. Pembersihan bisa dilakukan setelah mobil terkena air atau kotoran. Segera keringkan air dari kaca mobil atau hapus kotoran yang menempel di kaca.

Pemilik mobil bisa memanfaatkan air soda untuk membersihkannya. Tuangkan sedikit air soda ke lap kering untuk menyeka area kaca yang berjamur dengan lembut. Lakukanlah langkah ini secara terus menerus sehingga jamur terlihat berkurang atau hilang. 

Jangan lupa akhiri dengan pengeringan. Gunakan kain yang bersih lalu lalu lap kaca sampai benar-benar kering. Kegiatan ini bisa selalu dilakukan setiap beberapa waktu secara rutin supaya jamur tidak tumbuh di kaca mobil.

Gunakan Cairan Pembersih Kaca

Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan dana lebih untuk mengisi cairan pembersih kaca di wiper dengan bahan khusus. Pilihlah cairan khusus pembersih kaca dibanding air biasa. Cairan ini biasanya mengandung senyawa nitrogen dan hydrogen yang ampuh untuk menghapus jamur dan bercak di kaca.

Gunakanlah cairan tersebut ketika kaca mobil kotor. Cukup aktifkan wiper maka cairan akan menyemprot dengan sendirinya. Namun, cairan serupa bisa pula digunakan untuk membersihkan area kaca yang lain supaya jamur tidak tumbuh.

Seperti itulah cara praktis mencegah kaca mobil berjamur. Namun, agar mobil semakin aman dan nyaman dikendarai, pastikan memakai ban berkualitas dari Dunlop. Ban Dunlop akan menapak di jalan dengan baik dan laju mobil terasa lembut.