Ketahui 5 Komponen Mobil yang Wajib Dirawat

Ketahui 5 Komponen Mobil yang Wajib Dirawat

Wed, 03 - July - 2019read

Seperti halnya tubuh manusia, mobil juga butuh perawatan supaya bisa selalu berada dalam kondisi prima. Jenis perawatannya beragam. Namun, ada lima komponen yang wajib mendapat perhatian khusus. Komponen tersebut sangat vital bagi operasional kendaraan karena punya fungsi mendasar yang krusial.

Apa saja komponen mobil yang wajib dirawat tersebut? Berikut ini pemaparannya.

1. Aki

Aki merupakan pusat kelistrikan mobil. Tanpa aki yang baik, kinerja mobil tidak akan optimal. Sebagai contoh, kebanyakan untuk menghidupkan mobil saja pasti membutuhkan aki. Selain itu, komponen lain seperti lampu juga memerlukan lampu. 

Oleh karena itu, aki wajib dirawat dengan baik. Cek kondisinya secara rutin setiap sebulan sekali. Kalau menggunakan aki basah, lihat cairan elektrolitnya. Jika kurang, hendaknya segera ditambah. Perhatikan pula terminal aki. Bersihkan jika berkarat dan kencangkan saat terlihat longgar.

2. Transmisi

Transmisi menjadi komponen vital pada mobil yang perlu mendapat perhatian ekstra. Berfungsi sebagai sistem pemindah tenaga mobil pada poros propeler, kerusakan pada transmisi akan berdampak ke komponen-komponen lain. 

Tidak mengherankan, transmisi wajib dirawat dengan berbagai cara. Pertama, lakukan pergantian oli secara teratur. Jangan sampai menunda-nunda. Lalu, posisikan transmisi pada momen yang tepat. Misal ketika menggunakan transmisi otomatis, arahkan tuas transmisi ke posisi parkir ketika hendak diparkirkan.

3. Suspensi

Kenyamanan berkendara sangat vital. Hal itu bisa dihadirkan dengan suspensi yang baik. Maklum saja, komponen ini berguna untuk meredam berbagai guncangan, getaran, hingga kejutan yang dialami mobil di jalan. 

Untuk menjaga suspensi selalu mampu menjalankan fungsinya dengan baik, pastikan mobil tidak membawa beban berlebih, berjalan pelan di jalan berlubang, hingga memarkir kendaraan di permukaan yang rata. Perbaiki pula suspensi yang rusak sesegera mungkin supaya awet.

4. Ban

Ban merupakan komponen mobil yang harus dirawat dengan baik. Ban berkualitas seperti ban keluaran Dunlop akan mampu menghadirkan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Untuk itu, ban wajib dirawat dengan berbagai cara seperti mengisi tekanan angin sesuai rekomendasi, membersihkannya dari kotoran, dan memperlambat laju mobil di permukaan jalan yang buruk.

Namun, terlepas dari itu, pastikan dulu memakai ban mobil yang bermutu. Pilih dari merek terpercaya seperti Dunlop supaya ban mampu menampilkan performa yang baik. 

5. Sistem Pendingin

Mobil memiliki sistem pendingin yang berguna untuk menyerap panas di mobil yang bekerja keras. Kalau sistem tersebut rusak akan banyak kerugian yang dialami seperti tenaga mobil berkurang, bahan bakar boros, hingga kerusakan pada komponen lain. 

Untuk melakukan perawatan sistem pendingin, pengecekan rutin wajib dilakukan. Lihat kondisi air pendingin. Jika kurang, segera tambahkan. Periksa pula keadaan radiator mulai dari selang, tali kipas, hingga kemungkinan kotoran yang hadir. Bersihkan jika perlu.

Itulah lima komponen vital kendaraan yang wajib dirawat. Kalau komponen tersebut dalam kondisi optimal, maka dipastikan mobil juga selalu prima.