Kenali Keberadaan Karet di Mobil Beserta Fungsinya

Kenali Keberadaan Karet di Mobil Beserta Fungsinya

Thu, 04 - July - 2019read

Kalau diamati terdapat sejumlah karet yang ada di beberapa bagian mobil. Karet ini termasuk sebagai komponen kendaraan. Namun, keberadaannya sering tidak diperhatikan. Padahal, sama seperti komponen kendaraan lain, fungsi dan kegunaan karet di mobil berarti vital.

Karet-karet itu tersebar di berbagai bagian. Ada yang di jendela, dek, hingga atap. Setiap bagian memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting sekali untuk merawatnya.

Jangan biarkan karet usang dan getas. Nanti kemampuan dalam menjalankan fungsinya akan berkurang. Mobil pun bakal terkena dampaknya.

Maka, sempatkan waktu untuk mengecek kondisi karet-karet di seluruh bagian mobil. Biasanya, setelah lima tahun, karet sudah harus diganti. Karet menjadi kehilangan elastisitas dan mengeras sehingga mudah patah atau pecah akibat termakan usia dan cuaca yang berubah-ubah.

Lantas, di mana saja keberadaan karet di mobil? Ini beberapa di antaranya.

Karet Pintu dan Bodi

Karet yang ada di bagian ini sering disebut sebagai karet balon. Sebutan itu muncul akibat bentuk yang khas. Karet pintu dan bodi mobil biasa berbentuk mirip seperti selang air dengan bagian tengah yang bolong menempel pada bagian mobil.

Meski terlihat tidak penting, karet pintu dan bodi mobil memiliki fungsi yang vital. Karet ini berguna untuk menjaga agar air dari luar tidak masuk ke kabin dan mencegah udara atau angin yang membawa debu masuk. Selain itu, karet ini memiliki peran untuk meredam getaran pintu, sehingga tidak menimbulkan bunyi berisik.

Karet Channel

Karet Channel merupakan karet yang berada di antara sela-sela kaca dan bodi mobil. Karet ini sering pula disebut sebagai Weather Strip. Sama seperti karet pintu dan bodi mobil, fungsi karet Channel juga sangat vital.

Terletak di celah antara kaca dan frame, karet Channel berfungsi untuk menahan air dan debu supaya tidak masuk ke dalam kabin mobil. Selain itu, karet Channel juga membantu memperhalus dan meluruskan gerakan naik dan turun kaca. Dengan demikian gerakan kaca akan lurus dan tidak ada derit ketika tengah dinaikkan atau diturunkan.

Lebih penting dari itu, karet Channel berperan besar dalam kenyamanan di dalam kabin mobil. Karet ini berguna untuk meredam getaran kaca saat mobil berjalan serta menahan bagian atas kaca saat posisi tertutup. Berkat itu, kaca tidak akan bergoyang ketika mobil berjalan.

Karet Dek

Sesuai namanya, karet ini ada di bagian dek mobil. Orang juga biasa menyebutnya sebagai Floor Hole Cover. Berbeda dengan karet bodi dan pintu serta karet Channel, karen dek tidak berbentuk selang. Karet ini lebih menyerupai sebuah koin.

Adapun fungsi dari karet dek adalah untuk menghalau air dan kotoran yang ada di dek. Dengan itu, mobil bisa dibersihkan secara mudah. Maklum saja, karet dek mudah untuk dipasang atau dilepas. 

Karet Pelipit

Karet pelipit terletak di antara kaca mobil. Posisinya menjepit bagian kaca mobil yang bisa naik turun. Ada yang di bagian luar, namun ada pula yang ada di bagian dalam kaca mobil.

Keberadaannya di sana berkaitan erat dengan fungsi karetnya untuk mobil. Karet pelipit berguna untuk menjaga power window bergerak dengan halus. Berkat karet tersebut, kaca bisa digerakkan tanpa ada suara berderit yang mengganggu.

Sekarang Anda sudah paham fungsi dan kegunaan karet di mobil. Perhatikan semua itu. Lalu, supaya mobil melaju aman dan nyaman, gunakan ban berkualitas dari Dunlop. Ban Dunlop menjamin daya cengkeram dan kelembutan ban di jalanan.