Mobil Off-road Legendaris Sepanjang Masa

Mobil Off-road Legendaris Sepanjang Masa

Fri, 05 - July - 2019read

Melintasi jalanan yang berat menghadirkan tantangan tersendiri. Dibutuhkan mobil tangguh seperti kendaraan spesial off-road untuk melakukannya. Dari sekian banyak yang ada, beberapa di antaranya mendapat label ikonik karena beragam hal.

Jalanan yang menantang tidak bisa asal dilintasi. Mobil yang melewatinya haruslah memiliki kemampuan khusus. Biasanya jenis mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang sanggup melakukannya.

Dengan kekuatan tinggi dan daya tahan besar, mobil-mobil SUV ini mendapat perhatian khusus. Banyak yang menyukainya karena kemampuan maupun citra yang ditawarkannya. Ketangguhannya bahkan bisa menjadi legenda.

Autowise merangkum lima mobil spesialis off-road legendaris sepanjang masa. Deretan mobil ini merupakan SUV spesial yang sulit dicari tandingannya. Apa sajakah itu?

Land Rover Series IIA

Land Rover Series IIA keluaran tahun 1961-1971 pantas masuk ke deretan mobil spesialias off-road yang legendaris. Ada banyak alasan yang melatarbelakangi. Seri ini termasuk salah satu Land Rover terlaris sepanjang masa. Tidak kurang dari 60 ribu unit bisa dijual pada tahun 1970.

Bukan hanya itu, Land Rover Series IIA 1961-1971 dinilai sebagai seri 4x4 classic terpopuler yang pernah dikeluarkan oleh Land Rover. Penggemarnya tidak hanya adi Britania Raya. Mobil ini juga populer di Australia, Afrika, dan Timur Tengah.

Popularitas tersebut tidak lepas dari kemampuan Land Rover Series IIA 1961-1971 yang spesial. Dengan mesin empat silinder 2.25L untuk versi bahan bakar bensin, mobil ini mampu diajak melewati berbagai medan menantang secara mudah. Daya 72 tenaga kuda dan torsi 120 lb-ft memudahkannya melalui lintasan sulit.

Toyota Land Cruiser FJ-40 

Toyota sebenarnya sudah merilis Toyota Land Cruiser FJ-40 sejak 1951. Namun, baru era 1960-an, mobil ini mendapat pengakuan spesial dari khalayak. Land Cruiser FJ-40 dinilai sebagai salah satu SUV klasik terbaik sepanjang masa.

Kelebihan utama Land Cruiser FJ-40 tahun 1960-1984 bukanlah dari segi kekuatan yang kerap diidentikkan dengan mobil-mobil off-road. Mesin 3.9 L yang dimilikinya hanya menghasilkan daya antara 105 sampai 120 tenaga kuda. Namun, hal itu dikompensasi dengan ketangguhan dan daya tahan yang ditawarkan.

Land Cruiser FJ-40 dikenal tahan banting. Mobil ini pun mampu diajak menerobos berbagai jalanan yang menantang. Bobotnya yang ringan dibanding SUV lain sejenis menjadikannya sebagai pilihan menarik untuk menjelajah.

Jeep CJ-5

Jeep telah mengeluarkan sekian banyak SUV, namun CJ-5 merupakan salah satu yang terpopuler. Dirilis pada 1954, sejak saat itu, CJ-5 melesat menjadi salah satu SUV untuk kegiatan off-road rekreasional yang paling disukai publik.

Hal itu terlihat dari bentuknya yang nyaris tidak berubah dalam beberapa dekade. Jeep CJ-5 memiliki bentuk dasar yang sama sejak 1954 sampai 1983. Perubahan hanya ada di berbagai jenis mesin yang disematkan di dalamnya. Beberapa contohnya adalah 134ci Willys Hurricane, 232ci & 258ci AMC straight sixes, hingga 305ci V8

Publik menyukai CJ-5 karena andal melewati medan off-road. Mobil ini tidak hanya tangguh ketika digunakan untuk menanjak melewati jalan berbatu-batu. Namun, juga terbukti bisa diandalkan saat melewati turunan curam di jalanan yang berat.

Suzuki Samurai

Suzuki mengeluarkan salah satu seri mobil untuk off-road terbaiknya dalam Suzuki Samurai. Di banyak tempat, termasuk di Indonesia, seri ini juga dikenal sebagai Suzuki Jimny. Suzuki sudah membuatnya pada 1970-an. Namun, popularitasnya baru melesat ketika berhasil menembus pasar Amerika Serikat pada 1985. Sejak saat itu, Suzuki Samurai menjadi pilihan banyak pihak yang membutuhkan kendaraan untuk melewati jalanan menantang. 

Mobil ini memang tidak termasuk yang paling tangguh ataupun memiliki kapabilitas terbaik untuk sebuah SUV. Suzuki membekalinya dengan mesin 1.3L 4-cylinder dengan hasil daya 63 tenaga kuda. Selain itu, sempat ada perubahan dengan mesin serupa yang diperbarui. Namun, hanya ada tambahan 3 tenaga kuda yang dihasilkan.

Kendati demikian, tetap  bentuknya yang compact dan harganya yang bersaing menjadikannya sebagai opsi yang menarik. Tidak heran banyak yang menyukai Samurai sebagai sarana untuk melintasi medan-medan menantang.

Deretan mobil off-road legendaris tersebut jelas menarik hati. Mereka mampu melibas jalanan menantang dengan mudah. Faktor ban pasti berpengaruh. Jika punya SUV seperti itu, gunakan ban Dunlop. Tersedia sejumlah ban yang khusus didesain Dunlop untuk menunjang performa SUV supaya semakin optimal.