Teknologi Shinobi Dunlop SP Sport LM705 Bergerak Bak Ninja

Teknologi Shinobi Dunlop SP Sport LM705 Bergerak Bak Ninja

Fri, 03 - April - 2020read

Senyap bak Ninja tengah beraksi, teknologi Dunlop SP Sport LM705 disematkan pada ban terbaru persembahan Surindo.

Ninja atau Shinobi dalam bahasa Jepang, secara harfiah berarti ‘seseorang yang terlatih dalam seni Ninjutsu (seni pergerakan sunyi) bergerak secara rahasia’. 

Bisa juga disebut mata-mata pada zaman feodal Jepang. Dan menurut sebagian pengamat Ninjutsu, keahlian seorang adalah menyusup tanpa suara alias senyap.

Menariknya, apa hubungannya Teknologi Shinobi pada ban baru Dunlop SP Sport LM705 dengan keahlihan para Ninja atau Shinobi? Ternyata, Teknologi Shinobi pada produk ban Dunlop terbarunya adalah ingin meningkatkan kenyamanan dan kesenyapan dalam berkendara.

“Teknologi Shinobi adalah Teknologi baru Dunlop dalam hal desain  ban (profil dan pola telapak), yang dapat mengefektifkan fungsi dinding samping dan telapak ban untuk meredam getaran ban terutama di jalan bergelombang. Sehingga meningkatkan kenyamanan dan kesenyapan,” jelas Darius, Chief New Product Development Staff PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo).

Lanjut Darius, SP Sport LM705 bakal menggantikan model replacement tire sebelumnya yang juga sukses yaitu SP Sport LM704. Maka sebagai pengembangan produk sebelumnya, SP Sport LM705 disematkan teknologi Shinobi sebagai langkah ‘improvement’ drastis guna meningkatkan performa ban di berbagai kondisi jalan.

“Berbagai langkah improvement ini untuk menghasilkan produk ban yang tak hanya memberi kenyamanan optimal dan keselamatan lebih baik saat berkendara, tapi juga hadir dengan tawaran harga terbaik,” tambah Tomonori Shiomi, Sales and Marketing Director PT Surindo, sesaat peresmian launching Dunlop SP Sport LM705.

Teknologi Shinobi

Perbedaan paling signifikan dari model sebelumnya termasuk kompetitor terdekatnya, adalah aplikasi teknologi terbaru berlabel ‘Shinobi’ yang memiliki ciri khas pada desain profil dinding samping dan tapak ban yang cenderung membulat.

“Dengan penerapan teknologi Shinobi tersebut, pergerakan dinding samping ban menjadi melentur, sehingga sidewall punya profil baru yang lebih fleksibel dan efektif menyerap energi benturan dari permukaan jalan. Pola tapak baru dengan jumlah blok lebih banyak dan tapak telapak ban lebih membulat, berguna meredam kejutan dan menyerap getaran.

“Kami lakukan berbagai pengembangan di antaranya rancangan tapak ban dengan block lebih kecil dan banyak, penyempurnaan dinding ban serta pilihan material yang kini lebih baik dari generasi sebelumnya,” ucap Hokuto Kubo, Tyre Designer Sumitomo Rubber Industries sekaligus tokoh kunci dibalik kemunculan Dunlop SP Sport LM705.

SP Sport LM705 punya tingkat peredaman getaran melewati gelombang 16% lebih baik, kebisingan jalan dan kebisingan pola telapak juga lebih baik sebesar 15% dibandingkan model SP Sport LM704. Tentunya, pengembangan ban ini dilakukan di Jepang, dengan mengambil sampel kondisi jalan di Indonesia.

“Semua pengembangan ini tidak hanya meningkatkan performanya seperti saat menjaga kestabilan dalam change line di kecepatan tinggi, namun juga meningkatkan kemampuan ban meredam getaran dan noise sehingga meningkatkan kesenyapan kabin kendati melewati jalan tidak rata,” imbuh Kubo.

Kabar baik bagi pelanggan Dunlop, kendati Dunlop SP sport LM705 disematkan teknologi canggih namun harga jualnya diklaim hampir sama dengan tipe SP Sport LM704 (pendahulunya). Tak hanya itu, ban yang resmi dipasarkan awal Maret 2020 memiliki 32 jenis ukuran. Tersedia mulai ukuran 14 inci hingga 18 inci.

Silakan konsumen setia Dunlop dapat menikmati kelebihannya dan kini sudah ada di pasaran.