FREQUENTLY ASK QUESTION

  • Q: Apa manfaat spooring

    A:

    Spooring dilakukan dengan tujuan agar ban tidak mengalami keausan tidak merata atau aus pada satu sisi saja serta untuk mencegah kendaraan berjalan tidak lurus atau cenderung mengarah ke satu sisi jalan.

    Kendaraan yang berjalan dengan kecenderungan tidak lurus atau mengarah pada satu sisi akan sangat berbahaya khususnya pada saat berjalan di jalan yang tidak rata.

  • Q: Mobil saya sering terasa bergetar jika melaju di atas 100 km/jam, namun getarannya hilang jika di atas 120 km/jam. Mengapa hal ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya

    A:

    Banyak faktor yang dapat menyebabkan ban bergetar saat dikendarai. Ada 2 sebab yang paling sering terjadi yaitu:

    1. Kondisi ban sudah tidak bagus seperti tidak rata, terdapat benjolan pada ban, dll.
    2. Kondisi balancing tidak bagus sehingga titik berat roda tidak merata.

    Untuk dapat mengatasi permasalahan ini maka sebaiknya Anda datang ke bengkel ban resmi Dunlop (Dunlop Shop atau Sign Board Shop) untuk mendapatkan pengecekan secara teliti dan akurat sehingga penyelesaiannya dapat dilakukan secara lebih efektif.

  • Q: Saya sering mendengar suara mendengung yang sangat menggangu, dan suara ini semakin keras terdengar apabila mobil dipacu lebih kencang. Mengapa hal ini terjadi dan apa yang harus saya lakukan

    A:

    Banyak hal yang dapat menyebabkan roda berisik (noise) pada saat dikendarai. Sebagai contoh penyebab adalah kondisi ban yang sudah tidak bagus atau dari setting atau “setelan” kaki-kaki kendaraan yang tidak bagus. Pola telapak ban juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya suara mendengung pada kendaraan. Oleh karena itu sebaiknya Anda datang ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih teliti agar dapat diketahui faktor penyebabnya sehingga perbaikan dapat dilakukan secara tepat.

  • Q: Apa kelebihan ban radial dibanding dengan ban bukan radial

    A:

    - Peningkatan temperature ban rendah
    - Stabilitas pengendalian baik
    - Umur pemakaian lebih lama.

  • Q: Ada informasi yang mengatakan bahwa pemakaian nitrogen dapat memperpanjang usia ban. Benarkah informasi tersebut

    A:

    Nitrogen (N2) adalah zat kimia yang bersifat sangat dingin. Pada saat roda berputar terjadi gesekan antara ban dengan permukaan jalan sehingga ban menjadi lebih panas. Peningkatan temperatur ban akan menyebabkan karet memuai sehingga material penyusun bahan baku ban juga akan bereaksi dan hal ini akan dapat menurunkan kualitas kekuatannya. Untuk itu ban memerlukan pendinginan agar temperaturnya dapat lebih stabil. Namun demikian belum ada data hasil penelitian yang dipublikasikan baik di dalam maupun di luar negeri.

  • Q: Apa perbedaan ban radial dengan ban biasa / standard

    A:

    Hal mendasar yang membedakan ban radial dengan ban standard adalah pada konstruksinya.

    Konstruksi ban radial : benang-benang kanvasnya disusun secara tegak lurus terhadap garis tengah telapak ban.
    Konstruksi ban standard : benang-benang kanvasnya disusun secara bersilangan atau diagonal terhadap garis keliling ban.

  • Q: Setiap kali saya mencucikan mobil di pencucian umum, setelah selesai bannya selalu disemir. Apa manfaatnya hal ini

    A:

    Penyemiran ban lebih ditujukan untuk meningkatkan performa tampilan (appearance) agar terlihat lebih indah dan terkesan baru. Namun perlu diperhatikan pula bahwa penyemiran yang terlalu sering akan berdampak kurang baik pada ban yaitu rusaknya struktur compound / karet bagian dinding ban dengan ditandai timbulnya retak-retak halus.

  • Q: Saya kadang-kadang melihat mobil yang bannya sangat lebar sehingga keluar dari body . Apakah hal ini aman

    A:

    Ban yang dipasang dengan lebar melebihi lebar rumah roda sangat tidak disarankan karena dapat membahayakan. Terlalu lebarnya ban ini akan mengurangi daya manuver ban di jalan berkelok-kelok khususnya di saat beban maksimal. Sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam mengganti ban kendaraan kita, karena keselamatan harus lebih diutamakan daripada hal lain.

  • Q: Lebih baik manakah ban dengan tekanan angin sedikit kurang dengan ban yang tekanan anginnya terlalu keras?Apakah bahayanya jika tekanan angin ban tidak sesuai

    A:

    Tekanan angin ban ibarat tekanan darah di dalam tubuh kita. Kita akan merasakan sakit kepala apabila tekanan darah kita tinggi, atau merasakan seperti melayang apabila tekanan darah kita rendah. Kesegaran tubuh akan dapat kita rasakan apabila tekanan darah kita normal. Begitu pula dengan tekanan angin ban, tidak boleh terlalu kurang atau terlalu tinggi. Tekanan angin standard atau yang dianjurkan oleh pabrik dapat dilihat pada tabel tekanan angin yang ada di toko-toko Dunlop terdekat Anda. Pastikan tekanan angin ban Anda telah sesuai dengan anjuran.

  • Q: Di toko-toko banyak ban impor yang dijual lebih murah daripada ban lokal. Bukankah ban impor seharusnya lebih mahal karena harus membayar pajak dan biaya pengiriman yang lebih tinggi. Mengapa hal ini bisa terjadi

    A:

    Perbedaan biaya pengiriman dan pajak memang dapat mempengaruhi harga suatu produk, namun harga suatu produk lebih ditentukan oleh kualitas, nama besar (brand) serta penerimaan pasar terhadap produk tersebut. Untuk produk dengan merk sama tentunya harga produk lokal akan lebih kompetitif dibandingkan dengan harga impor.

  • Q: Apa kelebihan Dunlop dibanding ban produk lain

    A:

    Ciri khas ban Dunlop yaitu:
    - Nyaman dikendarai.
    - Handal di jalan basah karena compound dan pola telapaknya sangat bagus.
    - Tidak berisik (noise) karena pola telapaknya didesign dengan matang.
    - Harga kompetitif.
    - Kualitas dan performance secara keseluruhan sangat handal sehingga menjadi pilihan utama pabrik perakitan mobil.

  • Q: Berapa kali ban yang bocor boleh ditambal

    A:

    Secara teknis ban bocor yang ditambal sudah tidak aman dan nyaman dipakai. Oleh karena itu semakin banyak tambalan maka ban tersebut semakin tidak aman dipakai.

  • Q: Bagaimana cara memilih ban yang paling bagus saat membeli ban baru

    A:

    Dalam memilih ban yang akan Anda beli sebaiknya diperhatikan hal-hal berikut:

    - Bagaimanakah kondisi jalan yang sering Anda lalui.
    - Jenis kendaraan yang Anda pakai.
    - Berapa beban yang sering ditanggung oleh kendaraan setiap hari.
    - Pada kecepatan berapa Anda biasa memacu kendaraan.

  • Q: Mengapa ban harus dirotasi setiap 10 ribu kilometer? Berbahayakah ban yang tidak pernah dirotasi

    A:

    Rotasi ban dilakukan dengan tujuan agar keausan ban dapat merata dan umur pakai ban sama. Ban depan akan lebih mudah aus dikarenakan faktor penyetiran, pengereman serta setelan roda. Keausan ban belakang dipengaruhi oleh beban dan daya faksi yang berat.

Promotional

thumb_other_a

Promo free t-shirt "Long Mileage" More >>

FAQ

thumb_other_a

Spooring dilakukan dengan tujuan agar ban tidak mengalami keausan tidak merata atau aus pada satu sisi saja serta untuk… More >>

Tips & Article

thumb_other_a

Tahukah kamu kalau pasta gigi dapat membersihkan kaca mobil yang berjamur? Ya pasta gigi yang sehari hari kita pakai ternyata… More >>