Test Ride Kawasaki ZX-25R

Test Ride Kawasaki ZX-25R

Tue, 13 - October - 2020read

Ban Dunlop Turut Dongkrak Performa Kawasaki Ninja ZX-25R 4 Silinder

Setelah resmi diluncurkan secara virtual pada 10 Juli 2020, Kawasaki ZX-25R pun diuji langsung di Sirkuit Sentul bersama media.

Masa Pandemi Covid-19 tidak menghalangi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan Kawasaki  Ninja ZX-25R 4 silinder untuk publik di Tanah Air. Meski seremoni peluncuran dilakukan secara digital, peluncuran Kawasaki Ninja ini tetap istimewa dan disambut antusias oleh semua pelanggannya. Karena ini lah peluncuran pertama di dunia, produk terbaru andalan Kawasaki.

Tidak puas dengan peluncuran digital, KMI pun melibatkan media untuk mengikuti sesi test ride di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor (15/07). Sederet pembaruan diusung sosok Ninja terbaru ini. Motorsport ini dipersenjatai mesin 250 cc 4 silinder yang mampu menembus tenaga 51 dk dan torsi 22,9 Nm.

Bisa ditebak betapa dahsyat performa yang disemburkan Ninja ZX-25R ini. Oleh karenanya Kawasaki melibatkan ban Dunlop untuk menunjang performa dan mengimbangi kedahsyatan Ninja teranyar ini.

Saat test ride di Sentul, panitia memberikan kesempatan 5 lap kepeda para rider untuk merasakan sensasi performa Kawasaki ZX-25R ini. 

Kawasaki  Ninja ZX-25R 4 silinder dibekali oleh Dunlop Sportmax GPR300 sebagai ban bawaan pabrikan (OEM) dengan ukuran 110/70R17 untuk ban depan dan 150/60R17 untuk ban belakang. Sportmax GPR300 adalah ban radial andalan Dunlop yang mampu meningkatkan daya cengkram di jalan basah dan kering. Konstruksi ban yang di optimalkan mampu meningkatkan kendali dan responsivitas. 

Namun berbeda saat test ride, untuk menunjang performa KMI mengganti Sportmax GPR300 dengan ban balap Dunlop Sportmax Alpha-13SP dengan ukuran 110/70R17 untuk ban depan dan 150/60R17 untuk ban belakang. Para rider merasakan ban Dunlop yang sangat mendukung performa secara keseluruhan Kawasaki Ninja anyar ini. Kenyamanan dan keamanan saat berkendara begitu terasa saat performa ban Dunlop terpasang.

Ninja ZX-25R ini terasa sangat nyaman baik di putaran awal dan tengah. Soal handling, motor ini juga sangat mumpuni dan  terasa 'nurut' ketika berada di tikungan sekalipun. Selain ban, sok standarnya mampu mengatur tenaga mesin yang besar saat di sirkuit.

Motor Penuh Teknologi

Untuk harga on the road area Jabodetabek, Kawasaki Ninja ZX-25R ini dibanderol dengan Rp 96,000,000 sedangkan untuk tipe ZX-25R ABS SE mencapai Rp 112.900.000, jauh lebih mahal dari Ninja 250 2 silinder. Dan untuk warna tersedia Metallic Spark Black, Lime Green/Ebony, Pearl Flatdust White, dan Candy Plasma.

Ninja ZX-25R dipersenjatai dengan segudang teknologi dan fitur yang menunjang performa mesin dan pengendalian motor. Sebut saja fitur canggih, seperti Kawasaki Traction Control (KTRC), Kawasaki Quick Shifter (KQS), Ram Air System, Electronic Valves Throttle, hingga Power Mode.

Suspensi depan model upside down yang sudah menggunakan teknologi Separate Fuction Fork - Big Piston (SFF-BP) mampu memberikan kenyamanan pengendara saat motor menikung. Dengan bantuan suspensi belakang monoshock model Horizontal-Back Link, semakin membuat motor tetap stabil.

Tenaga motor ini disalurkan melalui 6 percepatan yang terasa sangat halus. Terlebih dengan penggunaan quick shifter untuk menambah dan mengurangi gigi.  Asyiknya lagi, fitur quick shifter untuk mengurangi gigi ini sudah ada teknologi auto blipper. 

Jelas begitu istimewa kehadiran Kawasaki Ninja ZX-25R. Tidak sekadar sarat fitur dan teknologi, sensasi motor ikonik Kawasaki kian sempurna dengan dukungan ban Dunlop sebagai ban OEM demi kenyamanan dan keamanan riding Sang Ninja.