Pelatihan Online Untuk Stakeholder Dunlop

Pelatihan Online Untuk Stakeholder Dunlop

Tue, 13 - October - 2020read

Untuk pertama kalinya edukasi produk melalui aplikasi Zoom menjadi media interaksi pelatihan Dunlop Academy.

Masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo) untuk memberikan edukasi ke jaringan, terutama Distributor dan Dunlop Shop di Indonesia. Apalagi dikaitkan dengan peluncuran produk terbaru Dunlop, SP Sport LM705.

Sedikit kilas balik saat SP Sport LM705 resmi diluncurkan ke publik pada awal Maret 2020 lalu. Ban terbaru ini merupakan pengembangan dari produk sebelumnya, Dunlop SP Sport LM704, berbagai rangkaian aktifitas pun Surindo lakukan, mulai dari Feeling Test (20/02), seremoni peluncuran (08/03), hingga edukasi pengetahuan produk.

Namun di tengah perjalanan rencana tak sesuai harapan ketika Pemerintah ketuk palu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) perihal penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Praktis rangkaian aktivitas yang seharusnya dilakukan tatap muka pun terhenti, termasuk rencana edukasi Stakeholder perihal SP Sport LM705. 

Sejatinya, pemaparan produk SP Sport LM705 dilakukan bersamaan dengan peluncuran di 16 kota Tanah Air. “But show must goes on”. Dunlop tetap mencari solusi dalam kondisi sulit agar transfer pengetahuan hingga pelatihan pun tetap berjalan sesuai target yang telah ditetapkan. Alhasil aplikasi Zoom pun menjadi pilihan Surindo untuk menggelar edukasi online atau webinar kepada seluruh relasi dan jaringan penjualannya.

Dengan berbagai persiapan strategis dan teknis, webinar mulai diperkenalkan pada Juli 2020. Tema sentral berkaitan dengan SP Sport LM705, mulai dari fitur hingga teknologi menjadi pembahasan edukasi online yang berlangsung selama 90 menit. 

 

Webinar ini pun menargetkan seluruh pihak yang meliputi perwakilan distributor di setiap area dan Dunlop Shop seluruh Indonesia mulai dari pemilik Dunlop Shop, Manager, Sales, dan tentunya Mekanik, oleh karena itu Surindo mengemas materinya dengan format yang jelas, singkat, dan padat.

Dalam pelaksanaannya, setiap sesi webinar terdiri dari 20 – 25 peserta. Dimulai pada pukul 10.00, webinar ini dimulai dengan pemutaran video produk, penjelasan teknis tentang fitur dan teknologi SP Sport LM705, pemutaran video testimoni dari Youtuber Otomotif, Fitra Eri, dan kemudian diakhiri dengan sesi tanya-jawab peserta dengan trainer.

“Dari bulan Juli dan Agustus rata-rata setiap bulan ada 7 sesi. Kami menargetkan 100 orang dari Distributor dan 400 orang dari Dunlop Shop bisa mengikuti webinar ini. Dan kami berharap di bulan November semuanya bisa selesai”. Tukas Bambang Hermanuhadi selaku Training Manager Surindo.

Para peserta webinar juga merespon positif dan menyambutnya dengan antusias. “Kegiatan ini sangatlah bermanfaat, selain mendapat ilmu tentang produk SP Sport LM705, webinar semacam ini juga bermanfaat untuk mengisi waktu luang ditengah pandemi yang masih melanda”. Kata salah seorang peserta.

Bambang juga menambahkan bahwa tidak ada kendala dari pelaksanaannya, karena saat ini semua orang sudah menggunakan smartphone dan mulai beradaptasi dengan kebiasaan komunikasi virtual.

Training Ban Motor

Selain pengetahuan tentang SP Sport LM705, Surindo juga memberikan edukasi tentang ban motor kepada jaringannya, terkhusus Distributor ban motor dari seluruh Indonesia. Dengan menggunakan platform dan metode yang sama seperti training SP Sport LM705, Surindo mengundang Manager dan Salesman dari masing-masing Distributor untuk mematangkan pengetahuan mereka terkait keunggulan jajaran produk ban motor Dunlop, baik itu on-road dan off-road.

“Kami ingin memanfaatkan masa pandemi ini untuk meningkatkan lagi kemampuan dan pengetahuan salesman kami, agar dapat memanfaatkan peluang pasar yang ada dan menjual produk-produk Dunlop dengan lebih mudah.” Kata Imam Oedarto, selaku General Manager Sales Replacement 4W dan 2W Surindo.

Training digelar sebanyak 5 sesi dengan durasi 1 jam. Distributor pun merespon kegiatan ini dengan penuh semangat. “Kami senang di situasi seperti ini bisa lebih produktif. Sangat bermanfaat sekali, kami jadi bisa mencari peluang dan mengembangkan pasar di area kami. Harapannya penjualan meningkat.” Kata salah seorang peserta dari Distributor.