Komponen Mobil yang Perlu Dicek Menjelang Musim Hujan

Komponen Mobil yang Perlu Dicek Menjelang Musim Hujan

Sat, 14 - November - 2020read

Musim hujan kini telah tiba. Bagi pemilik kendaraan hendaknya untuk mulai bersiap untuk melakukan pengecekan sejumlah komponen. Ini penting sebagai antisipasi agar perjalanan tetap lancar dan aman.

Kehadiran musim penghujan sering menjadi pemicu berbagai masalah di mobil. Banyak mobil yang mogok karena berbagai komponen terkait kelistrikan dan pengapian yang terganggu.

Agar tidak merasakannya, lebih baik untuk mengantisipasi. Caranya dengan melakukan pemeriksaan komponen yang rawan terganggu pada musim hujan. Berikut ini komponen-komponen yang disarankan untuk dicek:

Sistem Kelistrikan

Pada musim hujan, sistem kelistrikan mobil perlu mendapat perhatian ekstra. Keberadaan air memungkinkan korsleting sehingga pemeriksaan perlu dilakukan.

Cek pertama bisa dilakukan ke aki mobil. Lihat apakah ada keausan di sana. Ini vital karena aki merupakan sumber kelistrikan untuk menghidupkan mobil serta sebagai penunjang daya berbagai perangkat seperti AC, sistem audio, maupun klakson.

Pengecekan serupa dapat juga dilakukan ke kabel-kabel kelistrikan. Lihatlah apakah ada kemungkinan kerusakan. Jika menemukannya, segera ganti karena kabel kelistrikan bisa menjadi sumber gangguan mobil pada musim hujan.

Sistem Pengapian

Sistem pengapian juga perlu mendapat pemeriksaan khusus selama musim hujan. Pengecekan bisa dilakukan ke busi yang berperan sebagai pemantik api di kendaraan.

Lihatlah kondisi busi, mulai dari kabel hingga keadaan komponennya. Jika terdapat keausan, disarankan untuk segera diganti karena dikhawatirkan akan menyulitkan pengapian. Dalam kondisi dingin atau basah, busi yang sudah menurun akan sulit memantikkan api yang diperlukan untuk pembakaran.

Selain itu, perhatikan kondisi kabel busi. Kalau keras, bocor, atau terlihat getas, lebih baik segera diganti. Hal serupa juga perlu dilakukan ke komponen lain seperti penutup busi dan koil. 

Alternator

Perhatian lebih juga perlu ditujukan ke alternator yang berfungsi sebagai sumber listrik. Perangkat ini mengisi arus setrum ke aki kala aliran listrik disedot oleh semua perlengkapan mobil yang menggunakan arus listrik.

Karena perannya yang vital, pengecekan alternator harus dilakukan dengan cermat. Kalau perlu, bawa ke bengkel yang memiliki alat pendeteksi kondisinya. Hal itu akan membuat kondisi alternator akan terlihat dengan jelas. 

Pengecekan penting karena alternator berperan krusial dalam kelistrikan mobil. Jika komponen ini bermasalah, arus listrik terganggu. Mobil pun rawan mogok.

Wiper

Wiper menjadi salah satu komponen mobil yang wajib dicek. Pada musim hujan, fungsi wiper akan bertambah vital. 

Wiper berguna untuk membuang air yang ada di permukaan kaca mobil. Jika rusak atau kondisinya buruk, proses pembuangan air tidak akan maksimal. Bahaya sekali jika hal tersebut terjadi. Pandangan pengemudi tidak bisa jelas dan terang.

Oleh sebab itu, lihatlah kondisi wiper. Tes dulu apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Lalu cek kondisi karetnya. Jika sudah aus, lebih baik diganti.

Coba pula lihat saluran yang menyemprotkan cairan ke wiper. Periksa apakah berfungsi normal dan jumlahnya masih mencukupi. Cairan itu akan berguna untuk membantu wiper dalam membersihkan kaca mobil.

Sistem Pengereman dan Ban

Periksa pula sistem pengereman dan kondisi ban. Pada musim penghujan, kondisi jalan cenderung licin. Air yang ada di permukaan jalan membuat kerja ban lebih berat. Ban harus membuang air terlebih dulu agar bisa mendapat traksi yang maksimal.

Oleh sebab itu, kondisi ban harus prima. Periksa tapak dan alur ban. Pastikan masih bagus. Jika ban sudah menipis, lebih baik diganti demi keamanan dan kenyamanan mobil.

Coba cek juga rem mobil. Lakukan pengereman sebagai uji coba. Jika dirasa kurang pakem, segeralah pergi bengkel untuk perbaikan. Ingat, pada musim hujan, jalanan lebih licin sehingga rem harus mumpuni.

Filter Udara

Ini komponen yang juga perlu dicek pada musim penghujan. Filter udara memiliki peran vital dalam sistem pembakaran. Keberadaaannya berguna untuk menyaring kotoran agar udara yang masuk ke ke ruang bakar mesin memadai. 

Jika jumlahnya dibandingkan dengan kabut bahan bakar tidak ideal, maka proses pembakaran berlangsung tidak sempurna. Mesin terasa tidak bertenaga. Bahkan, mobil bisa mogok. 

Pada musim hujan, udara cenderung bercampur dengan embun atau air. Kondisi ini memaksa filter udara harus bekerja lebih berat. Oleh karena itu, saringan udara diharuskan berkondisi prima. 

Lakukan pengecekan ke sejumlah komponen yang dipaparkan. Perjalanan Anda akan lebih nyaman karena kondisi kendaraan optimal.