Apa Sebenarnya Ban Sport Itu?

Apa Sebenarnya Ban Sport Itu?

Tue, 15 - December - 2020read

Ban mampu menunjang performa sebuah kendaraan. Tidak heran, banyak yang ingin memakai ban sport dengan harapan kemampuan kendaraan meningkat. Namun, sebelum mengambil keputusan menggunakannya, penting untuk mengenalnya lebih dulu.

Ban sport sering pula disebut sebagai performance tire. Sesuai namanya, peruntukan jenis ban ini memang untuk menunjang performa kendaraan agar bisa bermanuver dengan optimal. Hal tersebut dimungkinkan dengan desain spesial di ban sport.

Seperti Apa Rancangan dan Material Ban Sport?

Biasanya ban sport memiliki tapak ban yang lebih lebar dibanding tipe ban lainnya. Selain lebih lebar, tapaknya juga cenderung lebih rapat. Rancangan ini disengaja untuk memberikan daya cengkeram yang lebih kuat. Inilah yang menunjang performa bermanuver bagi sebuah kendaraan.

Bukan hanya itu, ban sport juga cenderung memiliki lubang kembangan yang lebih pendek. Lagi-lagi ini disengaja. Dengan lubang tread yang lebih dangkal, ban akan memiliki torsi yang baik. Hal tersebut membuat mobil bisa berakselerasi lebih mantap dari keadaan diam. Kendaraan mampu melaju dengan cepat.

Selain itu, area sisi samping jenis ban ini dirancang secara khusus. Sering disebut dengan low profile, desain sisi samping ban bagian bawah lebih padat. Hal ini bertujuan agar ban lebih kuat mencengkeram dan memberikan traksi lebih baik ketika mobil menikung.

Semua itu dilengkapi dengan material khusus agar performa ban sport lebih optimal. Sebagai contoh ban sport Dunlop Direzza DZ101. Ban ini menggunakan compound sport eksklusif berupa silika dan partikel karbon yang halus. Ini membuat karet ban lebih kuat, sehingga ban mencengkeram permukaan jalan dengan baik.

Berkat itu, ban Dunlop Direzza DZ101 memiliki keunggulan khusus. Ban ini menghasilkan daya cengkeram dan stabilitas yang prima dalam kondisi jalanan basah. Hal itu semakin terlihat saat suhu rendah. Pengereman ban Dunlop Direzza DZ101 dan daya cengkeramnya jauh lebih baik dibanding ban lain.

Kemampuan tersebut bahkan tetap terjaga ketika terjadi perubahan kondisi jalan. Misalnya dari jalan kering ke jalan basah maupun melaju dari kecepatan sedang ke kecepatan tinggi. Performa ban Dunlop Direzza DZ101 tetap bisa diandalkan.

Haruskah Memakai Ban Sport?

Melihat keunggulan yang ditawarkan ban sport, tentu banyak yang tertarik untuk memakainya. Namun, jangan terburu-buru. Sesungguhnya ban ini diperuntukkan untuk mobil sport yang menghadirkan performa tinggi. 

Oleh sebab itu, ban sport lebih cocok untuk pengemudi dengan karakter khusus sebagai berikut:

● Pengemudi yang memerlukan pengendalian akurat dengan daya cengkeram dan respons ban yang sangat baik.

● Pengemudi yang mau mengeluarkan biaya ekstra untuk konsumsi bahan bakar lebih, masa pakai ban lebih pendek, harga lebih tinggi untuk membeli ban, serta kenyamanan berkendara yang berkurang demi performa ban yang optimal.

● Pengemudi yang tidak hanya memandang mobil sebagai sarana transportasi, tetapi alat untuk menghadirkan pengalaman berkendara.

Jika Anda memang seperti itu, silakan saja memakai ban sport. Ban ini cocok sekali untuk supercar dengan tenaga spesial. 

Perhatikan speed rating ban untuk mengenalinya. Biasanya speed rating ban sport dimulai dari huruf H yang memungkinkan ban dibawa melaju hingga 210 km/jam. Meski begitu, bukan tak mungkin ada ban sport dengan speed rating lebih tinggi seperti V (240 km/jam) maupun W (270/jam). 

Namun, disarankan tetap mematuhi batas kecepatan aman jika menggunakan mobil di jalan raya. Anda baru boleh menginjak pedal gas dalam-dalam jika mengemudi di sirkuit khusus yang menunjang keamanan berkendara cepat.