Tips Merawat Interior Mobil

Tips Merawat Interior Mobil

Wed, 16 - December - 2020read

Bagian interior mobil harus terawat dengan baik. Pengemudi dan penumpang kendaraan berada di dalam sini. Jika area kabin mobil tidak terjaga, maka ketidaknyamanan pasti dirasakan.

Sama seperti mesin dan aneka komponen lain, interior mobil membutuhkan perawatan. Hal ini diperlukan untuk menjaga kenyamanan dalam perjalanan. Selain itu, area kabin yang dirawat akan memastikan semua komponen dan perangkat di sana akan beroperasi optimal.

Jika ingin melakukannya, inilah beberapa langkah merawat interior mobil yang dapat diambil. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah.

Bersihkan Karpet Mobil

Di dalam mobil terdapat karpet yang menjadi alas. Lakukan pembersihan optimal pada bagian karpet. Dipastikan banyak kotoran dan debu yang ada di sana. Selain itu, pada masa pandemi seperti ini, kebersihan area karpet semakin diperlukan.

Untuk melakukannya, lepas karpet dan ambil dari kabin mobil. Lalu bersihkan dengan memakai sikat yang halus. Gosok supaya kotorannya hilang.

Lengkapi dengan pembersihan memakai penyedot debu. Sedot debu perlahan-lahan supaya benar-benar hilang.

Jika karpet sudah sangat kotor, disarankan untuk mencucinya. Ini akan lebih baik untuk mengantisipasi kotoran yang sulit dibersihkan masih ada di karpet.

Buat Area Dasbor Bersih

Area dasbor mobil merupakan salah satu titik vital di kabin mobil. Selain paling mencolok mata, inilah tempat berbagai indikator performa kendaraan serta aneka komponen penunjang lain seperti sistem audio dan AC mobil berada. Oleh karena itu, kebersihannya wajib dipastikan.

Untuk membersihkan area permukaan dasbor, kemoceng bisa dipakai terlebih dulu. Sapu semua area di sana agar bersih dari debu. Lalu, lengkapi dengan pemakaian cairan pembersih yang bisa dengan mudah didapatkan di pasaran.

Semprotkan ke seluruh permukaan dasbor. Diamkan selama tiga sampai lima menit. Lalu, gunakan kain untuk mengelapnya sampai bersih.

Beri perhatian lebih ke area yang susah dijangkau seperti di sela-sela AC. Hal ini akan memastikan dasbor benar-benar bersih.

Jangan Lupakan Area Jok

Area jok mobil harus dibersihkan juga demi kenyamanan optimal. Pengemudi dan penumpang mobil duduk di sini. Oleh sebab itu, kebersihannya justru wajib mendapat perhatian lebih.

Untuk membersihkannya, gunakan sikat atau kemoceng untuk membuang debu yang ada di permukaan. Lalu, ambil penyedot debu untuk menarik semua partikel kotoran kecil yang tersisa. Sedot perlahan-lahan agar tidak ada kotoran yang tertinggal.

Setelah itu, tuntaskan pembersihan dengan memakai cairan pembersih. Semprotkan dan diamkan selama tiga hingga lima menit. 

Selanjutnya, ambil kain bersih dan gunakan untuk membersihkan jok. Lakukan berulang-ulang sampai kotorannya benar-benar hilang.

Sesudah selesai, keringkan area dasbor. Biarkan sementara waktu dengan membuka pintu dan jendela mobil. Namun, jika ingin lebih cepat, gunakan pengering rambut untuk mengeringkannya. Pastikan saja jok benar-benar kering supaya interior mobil tidak berbau sesudah dibersihkan. 

Lengkapi Dengan Pembersihan Plafon

Bagian plafon mobil sering terlupakan. Area ini kerap tidak dibersihkan. Padahal, sama seperti bagian-bagian kabin mobil lainnya, plafon tetap membutuhkan pembersihan.

Gunakan cairan pembersih untuk membersihkannya. Semprotkan ke bagian plafon. Lalu sapu perlahan-lahan dengan menggunakan kain. Hati-hati karena biasanya bahan pelapis plafon mudah robek.

Bersihkan sampai benar-benar bersih. Hal ini akan membuat plafon terlihat indah dan bebas dari kotoran. Selain itu, bau-bauan yang mengendap di sana juga akan hilang.

Seperti itu cara merawat interior mobil dengan praktis. Lakukan secara berkala agar kabin mobil selalu nyaman.