Ketika mobil melaju pasti terdengar suara yang muncul dari ban. Tingkat kekencangannya berbeda-beda, tergantung dari setiap jenis ban. Namun, dengan desain khusus di bagian telapak ban, maka kebisingan yang hadir dari ban memang bisa dikurangi.
Bagi sebagian pihak, mengemudi dalam suasana yang hening terasa menyenangkan. Untuk menghadirkannya, selain faktor kabin dan mesin mobil, jenis ban bisa mendukung. Tidak heran, banyak yang mengincar ban dengan tingkat kebisingan rendah.
Niatan tersebut dimungkinkan dengan penggunaan ban senyap. Ini adalah sebutan untuk ban yang mampu meredam suara, sehingga tingkat kebisingannya lebih rendah dibanding ban lainnya.
Meski begitu, jangan mengira ban tersebut akan benar-benar tidak bersuara. Tetap saja akan ada suara-suara yang muncul, namun dengan level yang lebih rendah dari ban lain.
Terbukti di Ban Dunlop SP Sport LM705
Sebagian acuan tersebut memang ada benarnya. Dengan desain yang memenuhi karakter tersebut, ban terbukti mampu menyerap suara. Alhasil, tingkat kebisingan yang dihadirkan lebih rendah.
Desain khusus yang diterapkan Dunlop di ban Dunlop SP Sport LM705 bisa menjadi bukti. Dengan teknologi terbaru profil dan pola telapaknya, fungsi dinding samping dan telapak ban sebagai peredam getaran ban di jalan bergelombang semakin efektif. Akibatnya kenyamanan dan kesenyapan kian meningkat.
Ban Dunlop SP Sport LM705 menggunakan desain pola tapak ban asimetris. Rancangan ini memang berpengaruh besar dalam mengurangi kebisingan. Bentuk pola tapak yang berbeda dalam satu ban dapat menghasilkan suara yang berlainan.
Bagi telinga manusia, hal ini sering membuat suara jadi tidak terdengar jelas karena bersifat saling “meredam” suaranya. Inilah yang berpengaruh terhadap penurunan kebisingan.
Bukan hanya itu, ban Dunlop SP Sport LM705 dirancang dengan jumlah blok yang lebih banyak dan halus. Desain ini memungkinkan kejutan lebih teredam secara merata. Jumlah tapak yang lebih banyak tersebut akhirnya mampu memperkuat peredaman suara.
Dunlop masih melengkapi ban Dunlop SP Sport LM705 dengan material khusus yang lembut. Berkat itu, tapak ban akan sedikit membulat pada awal kontak dengan jalan. Saat ban berada di titik paling bawah, maka tapak ban akan berubah. Ban lalu menapak dengan sempurna dan mengikuti kontur jalan.
Hal ini diibaratkan seperti orang yang berjalan dengan kaki yang menapak secara bertahap. Suara langkah yang dihasilkan pasti akan lebih lembut dibandingkan menapak secara langsung.
Tidak heran, ban Dunlop SP Sport LM705 mampu mengurangi kebisingan berkendara. Diketahui penurunan suara di kabin mencapai 15% dibandingkan ban sebelumnya, yaitu SP Sport LM04. Hal itu bahkan semakin terasa ketika melewati permukaan jalan yang tidak rata. Kebisingan di dalam kabin berkurang 0,7 dBA.
Oleh sebab itu, perhatikan karakter ban sebelum memilih. Jika memilih rancangan yang tepat, khususnya di bagian telapak ban, maka tingkat kebisingan ban dapat ditekan.