Apa yang Dimaksud Dengan Ban OE?

Apa yang Dimaksud Dengan Ban OE?

Fri, 12 - March - 2021read

Istilah ban OE sering terdengar. Namun, pemahaman tentang apa sebenarnya ban OE belum banyak diketahui oleh publik. 

Ban OE merupakan kependekan dari ban Original Equipment. Ini adalah istilah yang mengacu kepada ban asli dari sebuah kendaraan tertentu. Sebutan akrab lainnya ialah ban bawaan pabrik.

Jadi, ketika sebuah kendaraan diluncurkan, ban yang digunakan merupakan ban OE. Ban ini akan selalu digunakan di tipe kendaraan yang sama sampai kapan pun.

Oleh karena itu, terdapat banyak sekali ban OE. Sebab, setiap jenis kendaraan pasti memiliki ban masing-masing. 

Hal ini tidak lepas dari keberadaan berbagai tipe kendaraan yang berbeda. Produsen kendaraan pasti akan menyesuaikan jenis ban dengan kendaraannya. Misalnya untuk mobil SUV tentu memiliki tipe ban OE yang berbeda dibanding mobil MPV.

Proses Penentuan yang Panjang

Kendati demikian, pemilihan sebuah ban agar menjadi ban OE untuk kendaraan tertentu bukan hanya terkait jenisnya. Di baliknya terdapat proses panjang yang melibatkan produsen mobil dan ban. Jadi, tidak hanya asal-asalan. 

Pengalaman Dunlop sebagai pemasok ban OE untuk banyak mobil di Indonesia dapat dijadikan contoh.  Kepercayaan yang diraih Dunlop ternyata diperoleh dengan perjuangan keras. 

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, banyak proses yang memakan energi dan waktu agar mendapat kesempatan sebagai pemasok ban OE. Lama waktu proses persiapan yang dijalani Dunlop misalnya. Paling tidak dibutuhkan waktu dua tahun sebelum Dunlop dipercaya untuk memasok ban untuk kendaraan tertentu. 

Selama itu, Dunlop mempersiapkan diri dengan menjalankan berbagai hal mulai dari berdiskusi dengan produsen mobil, memberi rekomendasi spesifikasi yang pas, hingga merancang desain terbaik. Meski begitu, sebagai pemasok ban OE, Dunlop menyerahkan keputusan ke tangan produsen kendaraan. Mereka yang akan mengambil keputusan akhir tentang ban seperti tingkat kebisingan maupun bentuk desainnya.

Terkait hal tersebut, produsen kendaraan sering mempertimbangkan tujuan dan karakteristik kendaraan. Sebagai contoh mudah, untuk sebuah mobil sport tentu dibutuhkan jenis ban yang sanggup mendukung laju kendaraannya. Maka, produsen kendaraan menginginkan ban dengan spesifikasi yang cocok kepada pemasok bannya, yakni ban yang mumpuni untuk melaju cepat.

Selain itu, faktor bisnis akan menjadi pertimbangan. Biar bagaimanapun pasti ada hitung-hitungan untung rugi yang dilakukan untuk menentukan ban OE. Produsen kendaraan jelas menginginkan ban berkualitas dengan harga terbaik sebagai ban OE.

Spesifikasi Sesuai Standar Kendaraan

Ban OE memang memiliki keunggulan tersendiri dibanding ban lainnya. Spesifikasinya dipastikan cocok untuk kendaraan tersebut. Hal tersebut dimungkinkan karena produsen kendaraan dan pemasok ban OE seperti Dunlop telah mendesain ban sesuai dengan kendaraannya. 

Pemasok ban OE sudah tahu karakteristik kendaraan secara mendalam. Dengan demikian tingkat kenyamanan, daya tahan, maupun kegunaan ban akan dirancang sesuai dengan kendaraan yang memakainya. Hal ini yang akan menjamin keamanan dan performanya. 

Selain itu, bagi pemakai kendaraan, keberadaan ban OE sangat memudahkan. Ketika harus mengganti ban, mereka tidak perlu repot mencari jenis ban lain. 

Cukup pilih ban yang sama persis dengan ban OE, maka ban sudah bisa langsung diganti dengan hasil yang tidak akan mengecewakan. Ban dijamin cocok dengan kendaraan. Keamanan, kenyamanan, maupun performanya pun sesuai dengan standar kendaraan yang dipakai.

Oleh karena itu, jika memungkinkan, perhatikan jenis ban OE di kendaraan Anda. Lalu, catat merek dan spesifikasinya. Pilih ban tersebut ketika melakukan pergantian ban agar kualitas ban bisa diandalkan.