Cara Aman Membawa Sepeda di Mobil

Cara Aman Membawa Sepeda di Mobil

Fri, 12 - March - 2021read

Belakangan hobi bersepeda sedang naik daun kembali. Banyak pihak yang ingin mengendarai sepeda di lokasi lain. Akhirnya ada yang membawanya dengan mobil. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, biar selamat, lebih baik pahami dulu cara aman untuk membawa sepeda di mobil.

Menaiki sepeda atau gowes memang menghadirkan sensasi tersendiri. Terlebih lagi jika dilakukan sembari menikmati pemandangan yang indah ataupun bersama-sama dengan rekan lain. 

Tidak aneh banyak yang senang bergonta-ganti jalur bersepeda. Mereka pun membawa sepedanya dengan mobil ke trek yang disukai. 

Kebiasaan tersebut tidak salah. Namun, ada yang menjadi perhatian karena banyak yang membawa sepeda hanya dengan kendaraan penumpang. Padahal, sesuai peruntukannya, mobil tersebut cuma digunakan untuk mengangkut manusia, bukan barang seperti sepeda.

Hal ini bisa menjadi persoalan jika keamanan diabaikan. Keselamatan di mobil maupun pihak lain di jalan menjadi taruhan. 

Maka, agar tidak meningkatkan risiko kecelakaan, penting sekali untuk tahu cara aman membawa sepeda di mobil. Ingin tahu caranya? Berikut ini beberapa langkahnya

Masukkan Ke Dalam Kabin

Jika membawa sepeda dengan mobil penumpang, disarankan untuk memasukkannya ke dalam kabin. Hal merupakan cara yang paling aman dan simpel.

Cara ini paling cocok untuk membawa sepeda lipat. Sepeda tinggal dilipat dan diletakkan di bagian bagasi mobil jika cukup. Keamanannya pasti terjamin. 

Namun, jika tidak membawa sepeda lipat, pengaturan khusus wajib dilakukan. Misalnya dengan melipat beberapa kursi yang tidak terpakai. Ini akan memberi ruang untuk meletakkan sepeda dengan aman.

Meski begitu, tetap perhatikan ruang yang dipakai untuk sepeda. Pastikan tidak merusak bagian kabin serta tidak mengganggu posisi pengemudi ataupun penumpang lain. Hal ini akan menjamin keamanan dalam membawa sepeda.

Gunakan Rak Sepeda

Ini merupakan solusi lain yang bisa diambil ketika tidak mau atau tidak bisa membawa sepeda di kabin. Pengemudi dapat menggunakan rak khusus sepeda yang dipasang di mobil.

Nanti sepeda akan ditaruh di sana. Di rak sepeda terdapat tempat khusus untuk sepeda sehingga keamanan sepeda bisa terjamin.

Biasanya rak sepeda akan ditaruh di bagian atas atau bagian belakang mobil. Ini tergantung dari jenis rak yang dipilih serta jenis kendaraannya.

Terdapat beberapa rak sepeda yang dapat dipilih. Untuk yang dipasang di bagian atas, ada fork mounted rack dan frame mounted rack. Rak pertama mengharuskan roda ban sepeda dilepas terlebih dulu. Sedangkan rak kedua mampu memegang rangka sepeda sehingga tidak perlu melepas roda.

Sementara itu, rak sepeda yang dipasang di bagian belakang memiliki dua tipe, yakni hitch rack dan trunk rack. Hitch rack sering dipakai untuk mobil besar seperti SUV, Nanti sepeda cukup ditambatkan di sana. 

Lain lagi dengan trunk rack. Sepeda perlu diikat ke bagasi mobil. Jenis rak ini cocok untuk hampir semua jenis mobil MPV. Silakan pilih yang pas dengan jenis kendaraan dan kebutuhan. 

Hati-hati Dalam Mengemudi

Hal ini harus selalu diterapkan saat di jalan. Pengemudi wajib berhati-hati saat mengemudikan kendaraan. Namun, ketika membawa barang di mobil penumpang seperti sepeda, tingkat kehati-hatian perlu ditingkatkan.

Jika menggunakan rak sepeda, perhitungkan tambahan jarak di bagian atas atau belakang yang dipasangi rak. Ingat, ada tambahan barang di sana, yakni rak beserta sepedanya. Mobil pasti butuh ruang bermanuver yang lebih luas.

Sebagai contoh ketika melewati jalan dengan terowongan. Perhitungkan ketinggian mobil beserta rak maupun sepeda yang dibawa di sana. Pastikan akan mencukupi agar tidak tersangkut.

Ikat dan posisikan sepeda di rak sebaik mungkin. Hal ini menghindari kemungkinan sepeda terlepas dari rak karena bisa membahayakan pengguna jalan lain.

Lakukan semua itu untuk memastikan sepeda bisa dibawa dengan aman. Anda bisa gowes ke mana pun sesuka hati.