Perlukah Memakai Ban Low Profile?

Perlukah Memakai Ban Low Profile?

Thu, 15 - April - 2021read




Sering disebut sebagai ban ceper, ban low profile menarik minat sebagian pihak. Tidak sedikit yang memilih menggunakannya. Namun, apakah perlu memakai ban low profile? Pertanyaan tersebut sering dilontarkan. 

Di mata sebagian pihak, ban low profile dianggap sangat menarik. Segi estetikanya dinilai tinggi sehingga ketika dipasangi ban low profile, kendaraan langsung terlihat elegan dan sporty.

Namun, estetika bukan satu-satunya faktor. Banyak pertimbangan yang harus diambil ketika ingin menggunakan ban low profile. Hal itu dikarenakan pengemudian juga akan terpengaruh jika mengganti ban biasa ke ban ceper.  

Oleh sebab itu, pahami dulu ban low profile secara lebih mendalam. Setelah itu, keputusan bisa diambil. Berikut ini seluk-beluk ban low profile yang wajib diketahui

Apa Sebenarnya Ban Low Profile?

Ban low profile merupakan sebutan yang merujuk kepada ban yang dengan bagian dinding samping yang lebih sempit. Hal ini bisa diidentifikasi secara visual. Dibanding ban high profile, terdapat perbedaan yang kentara. Bagian sampingnya memang lebih kecil.

Namun, melakukan identifikasi hanya berdasar pengamatan bisa kurang akurat. Lebih baik melihat nilai aspect ratio yang ada di ban. Biasanya nilainya dicantumkan di dinding samping ban. 

Terdapat tiga angka yang tertera di sana. Untuk melihat ban low profile, lihat angka kedua. Jika nilainya di bawah atau sama dengan 55, maka ban tersebut termasuk ban low profile.

Perhitungan mudahnya seperti ini. Angka kedua menunjukkan persentase tinggi dinding ban dibanding lebar ban. Misalnya angka 215/55/17. Hal ini menunjukkan bahwa tinggi dinding ban 55% dari 215 mm yang merupakan lebar ban. Maka, tingginya cuma 118,25 mm. 

Kelebihan dan Kekurangan Ban Low Profile

Desain ban low profile yang khas memberikan karakter tersendiri. Terdapat kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum memutuskan memakainya.

Kelebihan Ban Low Profile

●Pengemudian Lebih Mudah

Ban low profile mampu memberikan kendali atas mobil yang lebih bagus. Dinding ban yang lebih sempit membuat respons untuk berbelok lebih mudah.

●Menikung Lebih Nyaman

Dinding ban yang lebih kecil mempermudah mobil untuk menikung. Ban akan lebih mencengkeram permukaan jalan di tikungan dibanding ban reguler.

●Pengereman Lebih Baik

Ban low profile memungkinkan rem yang dipasang lebih besar. Ini membuat pengereman lebih responsif.

●Menghadirkan Traksi yang Lebih Besar

Contact patch yang lebih luas menghadirkan traksi yang lebih besar. Ini membuat pengendalian mobil lebih mudah. Mobil akan lebih stabil.

Kekurangan Ban Low Profile

●Kenyamanan Berkendara Berkurang

Kenyamanan mobil yang memakai ban low profile bisa berkurang. Jika ada jalan yang tidak rata, guncangan akan lebih terasa.

●Ban Lebih Bising

Bisa jadi suara yang dihasilkan ban akan jauh lebih keras dibanding ban reguler. Tingkat kebisingan di kabin pun bertambah.

●Ban Lebih Mudah Rusak

Dibanding ban high profile, kemungkinan ban low profile untuk rusak lebih tinggi. Ban juga lebih cepat aus sehingga jangka waktu penggantian lebih pendek.

●Pengemudian Bisa Terasa Keras

Ban low profile dapat membuat mobil terasa keras. Desain dinding ban yang sempit dan kaku menjadi penyebabnya.

Pertimbangan Sebelum Memakai Ban Low Profile

Sekarang saatnya menentukan untuk memakai ban low profile atau tidak. Untuk mengambil keputusan, lihat saja sisi plus minusnya. Dari situ penentuan dapat dilakukan. Apakah karakter ban tersebut sesuai yang diinginkan?

Namun satu hal yang pasti, ban low profile lebih sering dipakai di kendaraan yang dipakai untuk kegiatan olahraga. Selain itu, ban ini kerap menjadi pilihan bagi mereka yang ingin merasakan sensasi mengemudi di mobil berperforma tinggi.

Keandalannya untuk menikung serta daya cengkeram yang baik memungkinkan mobil diajak melaju kencang. Desainnya juga memungkinkan pemasangan rem yang lebih besar sehingga pengereman bisa lebih responsif.

Anda bisa memakainya jika memang menginginkan karakter pengemudian seperti itu. Namun, jika tidak, ban low profile kurang disarankan untuk pemakaian harian. Ban akan lebih terasa kurang nyaman dan keras. Jika ada permukaan yang tidak rata, guncangan besar akan dirasakan. Bahkan, ban low profile harus dihindari untuk kendaraan SUV.

Bukan hanya itu, harga ban low profile cenderung lebih mahal dibanding ban reguler. Ini juga bisa menjadi pertimbangan karena ban ceper lebih rawan rusak. Biaya ban pasti lebih tinggi.

Jadi, masih mau menggunakan ban low profile? Pilihan ada di tangan Anda.