Mengemudi Sesuai Selera Dengan Driving Mode

Mengemudi Sesuai Selera Dengan Driving Mode

Thu, 15 - April - 2021read

Mobil-mobil modern banyak yang sudah dibekali dengan driving mode. Fitur ini sangat memudahkan bagi pengemudi karena bisa memilih mode pengemudian sesuai selera dan kebutuhannya. 

Driving mode sebenarnya bukan hal baru. Penggunaannya sudah ada sejak lama. Diyakini pemakai awalnya adalah produsen mobil asal Inggris untuk keperluan mobil SUV miliknya. Kehadirannya ditujukan untuk mempermudah pengemudian yang dijalankan.

Pada akhirnya, driving mode terus berkembang. Awalnya memang hanya mobil mewah yang menggunakannya. Namun, belakangan, mode pengemudian juga sudah disematkan ke berbagai jenis mobil lain.

Apa Sebenarnya Driving Mode?

Driving mode adalah fitur yang memberi kesempatan kepada pengemudi untuk memilih cara mengemudi sekaligus mengubah preferensi pengemudian sesuai selera dan kebutuhan. Teknologi ini memungkinkan perubahan pengaturan kendaraan seusai dengan jenis mode pengemudian yang dipilih. Namun perbedaannya tergantung kepada berbagai hal seperti merek kendaraan dan jenis mode pengemudian.

Akan tetapi, secara umum, mode pengemudian hadir ketika intervensi kepada aneka aspek di kendaraan terjadi. Biasanya akan ada pengaturan di tuas pedal gas atau rem, jumlah bahan bakar yang digunakan, suspensi, hingga traksi yang dihadirkan. Hal-hal tersebut disesuaikan untuk menghadirkan satu jenis driving mode. 

Alhasil, jika satu kendaraan memiliki beberapa driving mode, sensasi mengemudi bisa berbeda-beda. Satu mode pengemudian akan menghadirkan “rasa yang unik” dibanding yang lainnya.

Kemampuan mobil menghadirkan driving mode tidak lepas dari keberadaan teknologi Electronic Control Unit (ECU). Ini adalah sistem yang mengontrol berbagai hal di mobil seperti transmisi mesin, suspensi, pengereman, hingga setir kemudi.

Berkat ECU, mode pengemudian bisa dihadirkan. ECU bisa mengatur pengaturan tertentu untuk menghadirkan satu driving mode. Lalu, pengaturan lain ganti dihadirkan untuk jenis yang berbeda.

Berbagai Jenis Driving Mode

Driving mode sengaja dihadirkan untuk memberi pilihan kepada pengemudi dalam mengemudi sesuai selera dan kebutuhan. Oleh karena itu terdapat berbagai pilihan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Namun, setiap merek dan jenis kendaraan punya mode pengemudian berbeda. Meski begitu, secara umum terdapat beberapa jenis yang sering dihadirkan. Berikut ini daftarnya.

● Sports Mode

Ini adalah mode pengemudian yang membuat mobil lebih menarik dan menyenangkan untuk dikemudikan. Biasanya mode ini cocok digunakan ketika berada di dalam sirkuit.

Akan tetapi, intensitas sports mode sangat tergantung kepada model kendaraan. Meski begitu, secara umum, tuas pedal akan lebih responsif sehingga mobil bisa berakselerasi dengan cepat. 

Selain itu, dalam mode pengemudian ini suplai bahan bakar ke mesin juga ditingkatkan untuk menghadirkan tenaga yang besar. Tidak jarang suspensi diperkeras dan setir kemudi lebih berat. Hal itu akan membuat sensasi mengemudi semakin menyenangkan.

● Eco Mode

Driving mode yang secara khusus dirancang guna menekan konsumsi bahan bakar. Tujuannya supaya pemakaian energi di mobil lebih efisien. Biasanya hal ini dicapai dengan mengurangi suplai bahan bakar ke mesin. 

Selain itu, tuas pedal juga diatur agar responsnya berkurang. Bahkan, kerap kali silinder mesin juga dinonaktifkan. Hal ini memang akan membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. Namun, mobil akan melaju lebih berat dari biasanya.

● Comfort Mode

Mode pengemudian yang memberi kenyamanan ekstra bagi kendaraan. Mode ini sering dipakai untuk berkendara sehari-hari atau sedang melakukan perjalanan jauh. Sebab, mobil akan terasa nyaman.

Kebanyakan suspensi diatur selembut mungkin agar terasa empuk ketika terkena guncangan. Lalu, setir dibuat ringan untuk memudahkan manuver. Selain itu, perpindahan gigi diatur sedemikian rupa supaya mulus.

● Individual/Custom Mode

Mode pengemudian yang memberi kesempatan kepada pengemudi untuk membuat pengaturan sendiri. Pengemudi dapat mengatur berbagai hal agar bisa menghadirkan sensasi dan cara mengemudi yang diinginkannya.

Meski begitu, pengaturan dibatasi untuk beberapa aspek tertentu saja. Hal ini diperlukan supaya keamanan mobil tetap terjamin.

Segera aktifkan driving mode jika ingin menikmati sensasi berkendara yang berbeda dari biasanya. Cari tombol atau tuas pengaktifan yang ada. Biasanya posisinya selalu terletak di sekitar kursi pengemudi agar mempermudah pemilihan.