Apa Itu Teknologi Blind Spot Monitoring?

Apa Itu Teknologi Blind Spot Monitoring?

Thu, 15 - April - 2021read

Sejalan dengan peningkatan lalu lintas di jalan, risiko mengalami kecelakaan saat berkendara ikut membesar. Oleh karena itu, teknologi penunjang keselamatan di kendaraan sangat dibutuhkan. Salah satunya blind spot monitoring.

Dalam terminologi berkendara, blind spot sering hanya dimaknai sebagai titik buta. Padahal sebenarnya ini adalah area bidang pandang yang tidak bisa dilihat oleh pengemudi kendaraan.

Lokasi persisnya bisa berbeda-beda, tergantung jenis kendaraannya. Faktor dimensi kendaraan, bentuk, maupun muatan yang dibawa bisa berpengaruh. Maka, mungkin saja satu area tertentu merupakan titik buta di satu kendaraan. Namun, hal tersebut bisa saja tidak berlaku untuk jenis kendaraan lain.

Meski begitu, terdapat kesamaan yang muncul dari keberadaan blind spot. Fakta bahwa pandangan pengemudi ke sana tertutupi atau terhalang pasti akan memperbesar risiko kecelakaan.

Gambaran mudahnya, mungkin saja ada kendaraan lain yang sedang berada di bagian titik buta. Namun, karena pengemudi tidak melihatnya, kendaraan diarahkan ke sana. 

Apa yang bisa terjadi? Benturan mungkin terjadi. Bisa jadi ini menjadi awal dari sebuah kecelakaan yang fatal.

Atas dasar itu, blind spot monitoring dikembangkan oleh produsen mobil. Mereka tahu bahwa keselamatan di jalan dipertaruhkan akibat keberadaan blind spot. Maka, diperlukan solusi yang mampu menghilangkan masalah berkendara tersebut.

Pemanfaatan Teknologi Untuk Deteksi Objek

Singkat kata, blind spot monitoring akhirnya dihadirkan. Ini adalah sistem yang berguna untuk memantau keberadaan objek di titik buta kendaraan. Namun, bukan hanya sekadar memonitor, fitur ini juga mampu memberi peringatan kepada pengemudi.

Blind spot monitoring bekerja dengan memanfaatkan teknologi untuk mendeteksi objek di titik buta kendaraan. Sebagian besar mengandalkan sensor yang dipasang di spion kendaraan atau bumper bagian belakang. Namun, banyak pula yang sudah dilengkapi dengan kamera. Hal ini semakin menambah kemudahan dalam mendeteksi keberadaan objek di blind spot kendaraan.

Ketika diaktifkan, pengemudi akan mendapatkan tingkat pengamanan ekstra di blind spot. Sensor akan bekerja untuk mendeteksi objek di area yang tidak terlihat. 

Begitu menemukan dan pengemudi hendak bermanuver ke arah sana, blind spot monitoring akan segera memberikan peringatan. Caranya bisa dengan notifikasi visual melalui lampu indikator ataupun peringatan audio.

Bentuk peringatan pun bisa berbeda-beda tergantung jenis kendaraan yang dipakai. Setiap produsen mobil punya preferensi tersendiri. 

Kendati demikian, lebih dari notifikasi, ada pula sistem blind spot monitoring yang telah dibekali kemampuan mengoreksi pengemudian. Misalnya ketika pengemudi hendak berpindah jalur. Padahal, di sana ada kendaraan lain yang tidak terlihat. Ada sistem blind spot monitoring yang mampu mengarahkan setir kemudi dan mengatur rem supaya kembali ke jalurnya secara otomatis dengan aman.

Kemampuan tersebut tentu sangat bermanfaat. Potensi kecelakaan akibat salah manuver dikarenakan blind spot bisa dihindari. 

Layak Dimiliki

Keberadaaan blind spot monitoring pantas dilihat di kendaraan masing-masing. Disarankan untuk mengaktifkannya jika mobil memang sudah dilengkapi dengan teknologi tersebut. Sistem ini efektif dan mampu mendukung peningkatan keamanan berkendara terkait titik buta.

Di beberapa jenis kendaraan, kemampuan koreksi pengemudian sangat bermanfaat. Sistem blind spot monitoring akan mengatur pengereman ketika koreksi pengemudian berjalan. Berkat itu, kendaraan bisa terus melaju dengan aman.

Namun, terlepas dari itu, pengemudi dituntut tetap memperhatikan sinyal peringatan yang diberikan oleh sistem blind spot monitoring. Dengan tetap menaruh perhatian ke sana, koreksi pengemudian tidak perlu dijalankan. Pengemudi sudah tahu ada objek di titik buta, sehingga bisa mengambil manuver yang lebih aman.

Sebagai teknologi penunjang keselamatan, blind spot monitoring memang sangat membantu. Keamanan mengemudi akan semakin terjamin.