Aneka Hal Pemicu Mobil Kurang Bertenaga

Aneka Hal Pemicu Mobil Kurang Bertenaga

Thu, 15 - April - 2021read

Ketika pedal gas diinjak, pengemudi pasti berharap mobil melaju seperti yang diharapkan. Namun, ada kalanya kekuatan mobil tidak muncul, sehingga mobil dianggap kurang bertenaga. Masalah ini sering dialami oleh banyak pihak. Oleh sebab itu, pemahaman mengenai pemicunya sangat diperlukan.

Mobil kurang bertenaga bisa muncul sewaktu-waktu. Paling sering ketika melewati medan jalan yang menanjak. Mobil akan kesulitan dibawa melaju dengan nyaman.

Akan tetapi, di kondisi jalanan rata pun, mobil yang kurang tenaga bisa terjadi. Mobil terasa berat. Bukan hanya itu, selain lajunya tidak sesuai keinginan, bahan bakar pun bisa lebih boros.

Agar tidak mengalaminya, mesin mobil perlu dirawat. Selain itu, lakukan pengecekan terhadap aneka hal yang bisa memicu mobil kehilangan tenaga. Ingin tahu apa saja itu? Berikut ini pemaparannya.

Karbon yang Menumpuk di Ruang Bakar Mesin

Mobil yang kurang bertenaga bisa berawal dari penumpukan karbon di ruang bakar mesin. Hal ini akan mempersempit ruang bakar mesin. Pembakaran akhirnya tidak sempurna.

Jika itu terjadi, maka rasio kompresi meningkat sehingga mesin tidak responsif. Ini yang disebut sebagai kehilangan tenaga.

Adapun pemicu penumpukan karbon di ruang mesin bisa bermacam-macam. Masalah bahan bakar yang tidak sesuai standar kompresi mesin dapat menghadirkan kerak di ruang mesin.

Lalu, kotoran seperti debu, oli, atau uap oli juga bisa menghadirkan kerak karena terisap intake. Material tersebut masuk dan mengendap sehingga ruang bakar mesin menjadi kotor. Selain itu, parafin dan sulfur yang ikut masuk ruang bakar juga bisa menyebabkan penumpukan karbon.

Masalah Kompresi

Masalah yang muncul pada kompresi mesin mobil juga bisa membuat mobil kurang bertenaga. Biasanya pemicunya adalah kebocoran yang dapat dipicu oleh berbagai hal.

Jika ruang mesin bocor, maka tekanan kompresi berkurang. Hal tersebut akan membuat pembakaran kurang sempurna. Bahan bakar tidak bisa dibakar maksimal jika tekanan udara di mesin tidak optimal karena terdapat kebocoran.

Karena kompresi lemah, penumpukan kerak karbon di ruang mesin bisa hadir. Hal ini semakin memperburuk masalah kekurangan tenaga di mesin mobil.

Kebocoran kompresi bisa terjadi di berbagai komponen kendaraan. Namun, biasanya hal itu muncul karena ada celah atau kerenggangan pada ruang bakar menuju ke luar. Inilah beberapa titik yang mungkin mengalami kompresi yang bocor.

● Ring Piston Mesin

Ring piston mesin yang aus dapat memicu kebocoran kompresi. Hal ini sering berawal dari gesekan bagian luar piston dengan dinding silinder mesin.

Lama-kelamaan, kondisi ini membuat komponen tersebut renggang sehingga kompresi mesin berkurang. Hindarilah dengan cara rajin mengganti oli mesin sesuai pemakaian.

● Blok Silinder Mesin

Keausan dapat pula terjadi blok silinder mesin. Jika itu terjadi, maka mesin mobil akan kurang bertenaga.

Pemicu aus di blok silinder mesin nyaris sama dengan kasus di ring piston mesin. Gesekan terus-menerus akibat pelumasan yang kurang bagus akan menghadirkan kerenggangan di area jalur pergerakan ring piston tersebut.

● Kebocoran Katup

Katup yang bocor bisa membuat mesin mobil kurang bertenaga. Berfungsi sebagai pintu masuk material (udara dan bensin) dari intake, dan sebagai pintu keluar gas buang dari mesin ke knalpot, katup berperan vital bagi pembakaran. Namun, jika ada kebocoran di sana akibat rusak atau kesalahan pemasangan, kompresi tidak akan berjalan baik.

● Kerusakan Packing/Gasket Kepala Silinder

Kerusakan packing/gasket kepala silinder juga bisa menghadirkan mesin yang kurang kurang bertenaga. Komponen ini berfungsi berfungsi merapatkan komponen blok silinder dengan head cylinder yang sama-sama berbahan logam. Jika packing atau gasket silinder rusak, maka akan terjadi kebocoran kompresi.

Gangguan Pengapian

Gangguan pada sistem pengapian juga dapat membuat mobil kurang bertenaga. Jika pengapian tidak optimal, maka pembakaran juga tidak sempurna. Ini akan berdampak pada tenaga yang dihadirkan kurang maksimal.

Pemicu masalah pada pengapian cukup banyak. Namun, gangguan pada komponen seperti busi sering menjadi awal. Oleh sebab itu, lihat kondisi busi. Pastikan seal busi masih optimal sehingga pengapian berjalan baik.

Beberapa hal yang dipaparkan dapat memicu mobil kurang bertenaga. Segera periksa kendaraan ketika mengalaminya.