Apa Penyebab Suara Ban Mendecit?

Apa Penyebab Suara Ban Mendecit?

Fri, 11 - June - 2021read

Ketika mobil melaju, sering muncul suara dari ban. Salah satu yang paling sering ialah suara ban mendecit. Jika merasa terganggu, cari tahu kemungkinan penyebab suara ban yang mendecit.

Sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, mendecit berasal dari kata dasar decit yang berarti tiruan bunyi anak burung atau tikus. Suaranya khas sehingga mudah dikenali.

Ban juga bisa mengeluarkan suara mendecit. Biasanya hal ini tidak mengindikasikan bahaya tertentu. Namun, banyak orang yang merasa terganggu dengan suara tersebut.

Jika memang seperti itu, pemahaman mengenai aneka potensi penyebab suara ban mendecit perlu diketahui. Kalau sudah menemukannya, pengecekan atau perbaikan dapat dilakukan supaya suaranya tidak terdengar lagi.

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan suara ban mendecit.

Tekanan Ban Kurang

Salah satu penyebab utama suara ban mendecit adalah tekanan ban yang kurang. Hal ini sering terjadi ketika ban digunakan saat berbelok. Ketika tekanannya kurang, cengkeraman ban ke jalan akan lebih besar dari standar normal. Inilah yang kerap memicu suara mendecit.

Jika tekanan ban sesuai rekomendasi, kemungkinan ban mengeluarkan suara mendecit akan berkurang. Paling mungkin itu hanya terjadi ketika mobil dibelokkan secara tiba-tiba dalam kecepatan tinggi. Saat itu, ban dipaksa untuk menempel ke permukaan jalan melebihi kemampuannya sehingga suara decit terdengar.

Untuk menghindarinya cukup mudah. Pastikan tekanan ban sesuai rekomendasi. Setiap jenis kendaraan pasti akan memberikan nilai ukuran yang bisa dijadikan patokan. Lihat saja di bagian samping mobil untuk menemukannya nilainya. Lalu belokkan secara normal. Dijamin tidak akan suara mendecit lagi.

Sudut Belok Setir Terlalu Banyak

Masalah pada sudut belok setir bisa juga bisa mendorong kehadiran suara mendecit di ban. Hal itu terjadi ketika sudutnya terlalu banyak sehingga ban tidak mampu mengikutinya. Akibatnya, semakin dibelokkan, maka potensi kehadiran suara mendecit akan bertambah besar.

Kondisi ini biasa terjadi di mobil generasi lama yang masih menggunakan baut penyetel pitman arm. Namun di mobil keluaran terbaru, potensi kehadiran suara mendecit akibat rolling camber yang berubah bisa dihindari. Sudah ada steering rack yang menjaga sudut belok mobil sesuai standar sehingga ban tidak akan mendecit.

Namun, ketika masih mengalaminya segera lakukan penyetelan sudut belok. Hal ini bisa menjadi solusi dalam mengatasi suara ban yang mendecit. 

Selain itu, menjaga agar putaran setir tidak terlalu berbelok tajam dapat pula dilakukan. Misalnya ketika berbelok, pastikan maksimal sudutnya 1 ¾ dari putaran awal. Ini akan sangat membantu meredam potensi kehadiran suara mendecit dari ban.

Masalah Pada Alignment

Gangguan suara mendecit belum tentu disebabkan oleh ban saja. Masalah pada alignment dapat pula menjadi pemicunya. 

Sudut roda kemudi yang tidak lurus akan memicu suara mendecit dari ban ketika dipakai berbelok. Hal ini diakibatkan oleh sudut camber serta rolling camber (toe-in) yang tidak tepat.

Untuk menghindarinya, lakukan spooring secara berkala. Bawa ke bengkel untuk melakukannya. Langkah ini akan menjaga alignment benar-benar tepat. Sudut ban mobil tidak miring ke kanan atau ke kiri. 

Jenis Compound Ban yang Lunak

Compound ban bermacam-macam. Ada yang cenderung lunak atau bahkan keras. Perbedaan tu disengaja oleh produsen ban sesuai dengan jenis ban yang diproduksi. Misalnya soft compound lebih sering dipakai untuk ban performa tinggi.

Dengan compound yang lunak, ban akan lebih mencengkeram permukaan jalan. Berkat itu, kendali mobil akan semakin baik. Namun, ada risiko ketika dipakai di permukaan jalan yang tidak berpori seperti di atas tegel atau keramik. Ban akan menghadirkan suara mendecit ketika dipakai berbelok. Selain itu, ban akan lebih cepat aus.

Hal ini sebenarnya tidak masalah. Namun, jika dirasa mengganggu, pilih ban medium compound. Ban jenis ini lebih cocok dipakai untuk ban kendaraan yang dipakai sehari-hari. Niscaya suara mendecit akan hilang atau minimal akan berkurang.

Suara mendecit bisa muncul dari ban. Namun, penyebabnya belum tentu dari ban saja. Cari tahu bagian mana yang bermasalah sehingga suaranya bisa dihilangkan.