Teknologi Lampu LED di Mobil, Apa Kelebihannya?

Teknologi Lampu LED di Mobil, Apa Kelebihannya?

Fri, 11 - June - 2021read

Belakangan cukup banyak mobil yang menggunakan lampu LED. Berbagai pihak menyukainya karena dinilai mampu mendukung penerangan dengan baik. Lantas, seperti apa lampu LED tersebut?

Penerangan pada mobil berarti penting. Tidak mengherankan, teknologi yang mampu membuat lampu dapat memberikan penerangan yang baik selalu dikembangkan. Salah satu wujudnya adalah lampu LED yang kini marak dipakai.

LED merupakan kependekan dari Light Emitting Diodes. Ini adalah jenis lampu yang menggunakan teknologi dioda untuk menghasilkan cahaya. Selain itu, perangkat elektronik chip semikonduktor dengan hambatan juga digunakan sehingga cahayanya sangat terang dan tahan lama. Bukan cuma itu, dengan lampu LED, pemilihan warna lampu akan lebih mudah.

Saat ini mobil-mobil keluaran terbaru sudah banyak yang menggunakan LED. Pilihan ini didasari oleh sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh LED dibanding jenis lampu lainnya. Salah satunya terkait tingkat pencahayaan yang dihasilkan.

Lampu LED dikenal memiliki tingkat pencahayaan yang baik. Selain itu, LED mempunyai tingkat pendaran cahaya yang jauh lebih tinggi dibanding lampu lain sepert Halogen.

Keunggulan tersebut dipadu dengan kecepatan untuk menghadirkan cahaya yang terang. LED tidak butuh waktu lama. Dalam hitungan detik, pencahayaan akan langsung maksimal. Tidak mengherankan, banyak yang menggunakannya sebagai lampu utama kendaraan yang memang membutuhkan pencahayaan baik.

Meski mampu menghasilkan pencahayaan yang baik, LED tidak membutuhkan energi yang besar. Bisa dibilang LED cenderung hemat energi. Jika dibandingkan dengan lampu halogen, LED mampu lebih efisien sampai enam hingga tujuh kali. Bahkan, jenis lampu ini sanggup memangkas konsumsi daya hingga sampai 80%.

Ini yang menjadikan LED semakin disukai oleh banyak pihak. Terlebih lagi, LED dikenal awet. Lampu LED tidak mengandung proses pembakaran. Akibatnya tidak akan ada suhu panas berlebih. Pada akhirnya, hal ini membuat LED cenderung tahan lama.

Berbagai kelebihan tersebut hendak dioptimalkan oleh produsen mobil dengan menyematkan LED di mobil yang diproduksinya. Kebetulan lampu LED termasuk komponen elektronik solid state sehingga tahan guncangan dan memiliki dimensi sangat kecil. Hal ini membuat penempatan lampu tidak membutuhkan ruang yang besar, sehingga sangat praktis dan memudahkan perancangan. 

RENTAN TERHADAP PANAS

Lampu LED memiliki banyak keunggulan yang menjadikannya menarik sebagai pilihan lampu penerangan untuk kendaraan. Salah satunya kemampuan untuk tidak menghadirkan panas berlebih yang mendukung daya tahan lampu. Namun, hal tersebut juga menjadi titik lemah lampu LED.

Lampu LED dikenal rentan terhadap panas. Jika suhu meningkat, kinerja lampu LED akan cenderung menurun. Oleh sebab itu, temperatur harus dijaga untuk tetap di bawah 70 derajat celcius supaya lampu tetap optimal.

Tidak aneh, di dalam lampu LED terdapat pengendali suhu untuk melengkapi dua komponen lain yakni LED chip dan LED driver. Di sinilah mulai terdapat perbedaan kualitas karena jenis pengendali suhu bermacam-macam. Namun, secara umum, jenisnya terbagi tiga yakni sistem pendingin kipas (fan), air atau water cooler, serta udara atau air cooler.

Dari ketiga jenis pengendali suhu tersebut, sistem berbasis fan dinilai paling efektif karena mampu menjaga suhu tetap stabil di level rendah. Selain itu, ukurannya kecil. Kekurangannya hanya bilas kipasnya mudah kotor jika kendaraan dipakai melewati area berdebu.

Berbeda halnya dengan sistem pendingin udara. Ini merupakan teknologi paling sederhana dan tahan lama. Namun, kemampuannya kurang optimal.

Sementara itu, teknologi pendingin suhu lampu LED yang berbasis air memang paling canggih. Efektivitasnya untuk menurunkan temperatur sudah terbukti mumpuni. Namun, butuh ruang besar untuk menjalankan sistem sirkulasi air yang bertindak sebagai pendingin. Ini yang membuatnya kurang disukai.

Terlepas dari itu, lampu LED tetap menarik untuk dipilih. Namun, pemakai harus siap dengan beberapa aspek seperti kemampuan cahayanya dalam menembus kabut yang kurang serta harganya yang mahal. 

Selain itu, pergantian lampu LED yang rusak harus dilakukan dalam satu set. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan lain ketika ingin menggunakannya di kendaraan.