Bahaya, Jangan Sepelekan Batu yang Terselip pada Celah Ban Mobil!

Bahaya, Jangan Sepelekan Batu yang Terselip pada Celah Ban Mobil!

Fri, 19 - November - 2021read

Batu yang terselip pada celah ban mobil sebaiknya jangan disepelekan karena termasuk faktor yang memengaruhi keselamatan berkendara dan bisa membahayakan. Oleh karena itu, pastikan Drivemate meluangkan waktu untuk cek kondisi ban mobil dan buang batu yang terselip, bahkan batu kerikil sekalipun. Mari simak informasi lengkapnya berikut ini!

Dapat memicu kerusakan ban

Terlepas dari usia mobil Anda, batu yang terselip pada celah ban mobil dapat memicu kerusakan ban dan membahayakan keselamatan saat berkendara. Batu yang terselip tersebut bisa mengiris karet ban yang kemudian memengaruhi performa ban. Saat performa ban berkurang, keamanan dan kenyamanan berkendara pun terancam.

Memiliki banyak fungsi, kondisi ban mobil harus sangat diperhatikan. Ban mobil berperan dalam membantu pergerakan mobil sehingga bisa berjalan, membantu menahan bodi mobil dan suspensi, hingga meredam tekanan atau guncangan. Batu yang menyelip pada celah ban mobil bisa mengganggu kinerja ban mobil tersebut.

Menimbulkan ketidakseimbangan roda

Terselipnya batu pada celah ban mobil bisa membuat ban pecah yang mengganggu kontrol kendaraan sehingga menimbulkan ketidakseimbangan roda. Roda mobil tidak seimbang dapat memicu potensi kecelakaan, khususnya saat Anda sedang berkendara di jalan bebas hambatan atau tol. Karenanya, penting sekali untuk memperhatikan kondisi ban mobil agar keseimbangan roda mobil tidak mengalami gangguan.

Bisa semakin parah saat ban dalam keadaan basah

Saat ban dalam keadaan basah, potensi kerusakan ban mobil yang terselip batu akan semakin meningkat. Ini karena ban yang memiliki pola halus atau rapat dirancang dengan pola kembang. Tujuannya untuk membuang air pada bagian tengah ban yang meningkatkan daya cengkeram di jalan basah. Batu atau kerikil yang terselip di ban lama-kelamaan akan melukai ban dan menimbulkan korosi pada serat baja di dalam ban, sehingga merusak lapisan dan mempersingkat umur ban.

Langkah antisipasi yang bisa dilakukan

Untuk memastikan Anda tidak menyepelekan batu yang terselip pada celah ban mobil, ada beberapa langkah antisipasi yang bisa dilakukan, seperti:

1. Selalu cek ban mobil sebelum berkendara

Pertama-tama, pastikan Anda selalu cek ban mobil sebelum berkendara. Ini penting untuk memastikan ban mobil dalam keadaan baik dan bisa digunakan untuk berkendara dengan aman. Luangkan waktu sebelum berkendara untuk cek ada atau tidaknya batu kerikil yang menempel di ban. Jika dibiarkan, batu kerikil akan menekan permukaan ban terus-menerus saat roda berputar. 

Khususnya jika Anda ingin bepergian jauh atau melewati jalan bebas hambatan, mengecek kondisi ban secara menyeluruh penting agar keselamatan dan keamanan berkendara terjaga. Jangan ragu untuk mengganti ban apabila kondisinya sudah kurang layak pakai. Lebih baik siap siaga menghadapi berbagai kemungkinan daripada nantinya harus mengalami hal-hal tak diinginkan.

2. Bersihkan batu pada celah ban saat mencuci mobil

Penting untuk mencuci mobil setidaknya setidaknya dua minggu sekali. Di samping penting untuk membersihkan kotoran, debu, dan berbagai hal lain yang dapat merusak cat atau kondisi logam mobil, mencuci mobil juga bisa menjadi momen membersihkan batu pada celah ban. Jadi, jangan lupa memperhatikan kebersihan ban setiap kali Anda membersihkan mobil untuk mencegah kerusakan ban karena batu atau kerikil.

3. Menggunakan ban yang dilengkapi fitur ejector batu 

Dunlop Grandtrek AT5 merupakan produk ban unggulan Dunlop yang dikeluarkan untuk konsumen Indonesia, khususnya untuk memenuhi kebutuhan mobil SUV. Ban yang diperuntukkan bagi segala jenis medan jalan ini secara konsep development cocok untuk medan off-road maupun on-road karena dilengkapi fitur ejector batu.

Ejector batu (stone ejector) merupakan satu dari empat fitur utama yang ditawarkan Dunlop Grandtrek AT5. Fungsinya adalah mencegah batu terselip di alur ban dan membuat telapak ban terjaga secara tetap optimal. Merupakan versi upgrade dari Grandtrek AT1, Grandtrek AT5 sudah mengalami peningkatan di berbagai aspek produksi, mulai dari umur pakai 45% lebih panjang, daya cengkeram di jalan basah meningkat 5%, dan 10% kebisingan lebih rendah dari Grandtrek AT1. 

Itulah beberapa alasan mengapa Drivemate tidak boleh menyepelekan batu yang terselip pada celah ban mobil. Jangan lupa gunakan Dunlop Grandtrek AT5 yang sudah dilengkapi dengan fitur ejector batu untuk membuat ban mobil lebih gagah, awet, dan stabil.