Tidak Bisa Pakai Ban Biasa, Ini Dia Spesifikasi Ban untuk Mobil Listrik

Tidak Bisa Pakai Ban Biasa, Ini Dia Spesifikasi Ban untuk Mobil Listrik

Fri, 24 - December - 2021read

Beberapa tahun belakangan, mulai banyak orang yang memanfaatkan mobil listrik sebagai kendaraan utama mereka. Selain lebih ramah lingkungan, mobil listrik juga tidak bising karena menggunakan mesin penggerak bertenaga listrik. Faktanya, mesin bukan satu-satunya hal yang membedakan mobil listrik dengan mobil konvensional. Ban mobil listrik juga harus memiliki spesifikasi khusus. Mengapa demikian? Apa yang membedakan ban mobil listrik dengan ban biasa?

Mengapa mobil listrik tidak bisa pakai ban biasa?

Keberadaan mobil listrik membawa arus baru dalam perkembangan kendaraan di Indonesia. Mungkin Drivemate juga ada yang telah memiliki mobil listrik sebagai kendaraan sehari-hari. Ada hal yang wajib Anda ketahui, khususnya mengenai ban mobil listrik yang ternyata harus memiliki spesifikasi khusus.

Mobil listrik memiliki bobot 10-20% lebih berat dari mobil biasa. Hal ini disebabkan karena mobil listrik menyimpan mesin berbasis baterai. Sumber penyimpanan baterai juga cenderung berat. Akibatnya, ban untuk mobil listrik haruslah memiliki hambatan gulir yang rendah untuk dapat melaju lebih halus, sekaligus mampu mencengkeram permukaan jalan secara optimal. Kedua faktor ini pada dasarnya adalah hal yang sangat berlawanan sehingga diperlukan jenis ban baru yang menggabungkan keduanya.

Selain itu, mobil listrik juga memiliki torsi besar sejak akselerasi awal. Hal ini membuat perputaran roda lebih cepat di awal, sehingga gesekan dengan perputaran kencang pada permukaan ban tidak bisa dihindari. Akibatnya, permukaan ban akan semakin cepat aus. Ban mobil konvensional yang digunakan untuk ban mobil listrik pun akan lebih mudah terkikis 30%.

Spesifikasi ban untuk mobil listrik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ban mobil listrik memiliki spesifikasi khusus yang berbeda jauh dari ban mobil konvensional. Spesifikasi tersebut antara lain:

1. Hambatan gulir rendah

Ban mobil listrik harus memiliki hambatan gulir (rolling resistance) rendah. Semakin rendah tingkat hambatan gulir, maka semakin halus mobil dapat melaju. Hal ini akan memaksimalkan fleksibilitas gerak mobil sehingga tetap sejalan dengan esensi mobil listrik yang berperforma rendah tanpa membatasi keluwesan berkendara.

2. Daya cengkeram maksimal

Torsi yang tinggi di hentakan awal membuat ban lebih cepat aus. Oleh karenanya, ban mobil listrik harus memiliki daya cengkeram maksimal. Caranya adalah dengan menciptakan alur ban yang lebih sempit sehingga memungkinkan kontak yang lebih besar terhadap permukaan jalan. Semakin banyak kontak dengan jalan, maka semakin baik ban mengatasi putaran torsi yang tinggi sehingga keawetan ban tetap terjaga.

3. Tahan abrasi

Kerusakan ban tidak hanya disebabkan oleh perputaran ban yang terlalu cepat. Panas juga sering kali menjadi penyebab ban menjadi lebih cepat aus. Kontak yang lebih lebar terhadap jalan membuat karet ban menyimpan panas lebih besar. Akibatnya, potensi abrasi jadi lebih intens. Jenis material penyusun akan membantu mengoptimalkan keawetan ban. Sehingga, bukan hanya desain tapak dan dinding ban saja yang khusus, material penyusunnya juga harus memenuhi tingkat ketahanan abrasi.

4. Tidak bising

Penggunaan mesin berbasis listrik membuat mobil hampir senyap, tidak ada suara yang dihasilkan dari pembakaran mesin internal yang terjadi saat mobil aktif. Ban dengan pola alur lateral kerap kali dinilai sebagai faktor yang mendukung berkurangnya kebisingan secara signifikan.

Karakteristik ban yang tidak bising juga dimiliki oleh ban Dunlop SP SPORT LM705. Teknologi desain ban terbaru dari Dunlop ini mampu meningkatkan efektivitas fungsi dinding samping dan telapak ban sebagai peredam getaran di jalan bergelombang. Hal ini tentu membuat ban menjadi lebih nyaman serta memaksimalkan kesenyapan.

Selain itu, SP SPORT LM705 juga memiliki jumlah blok telapak yang lebih banyak. Hal ini berbanding lurus dengan spesifikasi ban mobil listrik yang membutuhkan ban dengan daya cengkeram maksimal. 

Itulah beberapa hal yang harus Drivemate ketahui saat berkendara dengan mobil listrik. Ban mobil listrik punya jenis dan spesifikasi khusus yang mampu menciptakan efisiensi dan optimalisasi selama berkendara. Spesifikasi-spesifikasi di atas nyatanya mampu dipenuhi oleh sejumlah produk eksklusif dari Dunlop. Hal ini tentu membawa Dunlop semakin menjadi ban pilihan keluarga Indonesia.