Punya SUV? Perhatikan Jenis Ban yang Cocok Untuk Mobil Anda

Punya SUV? Perhatikan Jenis Ban yang Cocok Untuk Mobil Anda

Fri, 24 - December - 2021read

Seorang pecinta mobil SUV tentu harus memahami jenis ban yang sesuai untuk mobilnya. Berbeda dari mobil lainnya, mobil jenis SUV mempunyai ground clearance yang lebih tinggi. Kendaraan jenis ini biasanya dipilih oleh para pengguna kendaraan karena tingkat ulilitasinya lebih beraneka ragam dibandingkan dengan jenis mobil yang lain. Oleh karena itu, SUV memerlukan ban yang dapat melewati berbagai medan.

Ada berbagai merek ban yang bisa Anda temui jika mengunjungi toko ban mobil. Desain yang disuguhkan pada setiap merek pun berbeda-beda. Namun, khusus ban mobil SUV memiliki fungsi tersendiri. Jenis ban mobil ini dibuat berdasarkan kebutuhan pengendara.

Ketika memilih jenis ban yang cocok, Anda harus ingat bahwa beberapa model mobil SUV memiliki kemampuan melintasi berbagai medan jalanan seperti fitur penggerak di keseluruhan rodanya. Jenis ban yang digunakan pun harus sangat diperhatikan. Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis ban untuk mobil SUV, berikut ini adalah beberapa jenis ban mobil SUV berdasarkan fungsinya yang harus Anda ketahui.

1. Mud Terrain

Jenis ban mobil Mud Terrain didesain khusus untuk digunakan di jalanan berlumpur atau di medan off-road. Desain blok telapak ban yang dibuat besar dengan celah yang lebar menjadi ciri khas jenis ban ini. Tujuannya agar permukaan ban bisa “menggaruk” permukaan tanah yang empuk hingga tetap mendapatkan traksi. Mobil pun bisa terus bergerak dengan baik meski jalan berlumpur.

Ban jenis Mud Terrain juga dikenal dengan istilah ban pacul. Jenis ban ini biasanya digunakan untuk menjelah medan offroad seperti kebutuhan tim SAR, misalnya untuk menerobos jalur hutan atau melewati sungai dangkal.

Namun, ban Mud Terrain sangat tidak disarankan digunakan di jalan on-road karena kemampuan akan kebutuhan ban akan sangat berkurang karena ketidaksesuaian aplikasi medan jalan.

2. All Terrain

Jenis ban All Terrain didesain untuk mengakomodasi kebutuhan penggunanya dengan lebih luas. Desain telapak ban membuat pengemudi bisa lebih fleksibel ketika mengendarai mobil, baik itu di jalanan beraspal maupun tanah.

Tipe ban All Terrain juga sangat bisa diandalkan untuk melewati medan jalan yang berbatu atau tanah basah yang cukup padat. Namun, jenis ban mobil All Terrain akan kesulitan jika digunakan untuk melewati medan off-road yang cukup ekstrim seperti jalanan berlumpur dengan kubangan yang licin. Efek yang ditimbulkan dari jalanan seperti itu adalah ban yang sulit mendapatkan traksi.

Jika digunakan di jalan aspal, jenis ban mobil satu ini mempunyai tingkat kebisingan relatif lebih tinggi. Alur atau celah pada tapak ban yang lebih dalam menjadi penyebab kebisingan terjadi. Namun, ban ini mampu berjalan di atas genangan air dan bisa melakukan pengereman yang baik. Jadi, bisa dikatakan ban ini cocok untuk mobil SUV yang digunakan untuk harian dengan lebih beragam medan jalan.

3. Special Terrain

Jenis ban Special Terrain diciptakan untuk pengguna SUV yang sering berkendara di jalanan perkotaan dengan aspal atau beton dengan karakter permukaan jalan yang rata. Ciri khas dari jenis ban mobil ini adalah motif blok telapak ban dengan alur atau celah yang lebih rapat. Hal itu membuat ban bisa lebih maksimal dalam mencengkeram jalan. 

Selain itu, efek suara yang ditimbulkan oleh jenis ban Special Terrain lebih senyap dari jenis yang lainnya ketika melaju di jalanan beraspal. Karena ban ini dikhususkan untuk di jalan on-road, maka memiliki kemampuan untuk dipacu dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Lantas, jenis ban mobil mana yang harus Anda gunakan untuk SUV? Tidak mungkin, bukan, jika Anda harus terus-menerus ganti ban sesuai kebutuhan medan? Sebagai solusinya, Anda bisa gunakan ban Dunlop GRANDTREK AT5, ban All Terrain yang cocok digunakan untuk segala jenis medan dengan kemampuan yang lebih optimal dibanding generasi sebelumnya seperti traksi dan tingkat kebisingan yang lebih rendah dengan tampilan blok telapak yang gagah. Anda pun tidak perlu lagi mengganti ban jika akan melewati medan jalan yang berbeda-beda.

Untuk informasi lebih lanjut soal ban Dunlop, langsung saja kunjungi website Dunlop di dunlop.co.id. Anda juga bisa mendapatkan banyak informasi menarik terkait perawatan ban dan jenis-jenis ban dengan follow Instagram Dunlop.