Beli Mobil Listrik Bikin Untung: Benarkah?

Demi menjunjung sustainability lingkungan, mobil listrik muncul sebagai solusi yang tepat. Namun, langkah ini tentunya tidak mudah karena masih banyak orang yang setia dengan mobil BBM, sehingga muncul pro dan kontra terkait jenis mobil ini. Padahal, banyak keuntungan yang bisa Drivemate nikmati dengan beralih pada mobil listrik. Mari kita gali faktanya bersama di bawah ini.

Kelebihan Mobil Listrik Bagi Pengendara

Keamanan tentunya fitur yang paling penting dari sebuah kendaraan. Bahkan, saat membeli mobil baru, syarat ini tidak bisa dikompromi. Tapi, selain dari segi keamanan, mobil listrik menawarkan berbagai manfaat buat Drivemate, lho.  

1. Lebih ramah lingkungan

Selama ini, mobil bensin menyumbang emisi gas yang cukup besar, mulai dari hidrokarbon, karbon monoksida, dan partikel lain. Hal ini memicu perubahan iklim dan peningkatan efek rumah kaca yang buruk untuk lingkungan. 

Nah, munculnya mobil listrik tentunya hal dapat mengurangi dampak tersebut. Dengan menggunakan mobil listrik, Drivemate dapat turut berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan. 

2. Perawatannya simpel

Komponen gerak mobil listrik lebih sedikit daripada mobil bensin, jadi tidak heran kalau perawatannya juga lebih simpel. Contohnya, mobil listrik tidak memerlukan perawatan ganti oli rutin. 

Selain itu, saat ini sudah banyak mobil listrik yang menggunakan sistem pengereman regeneratif. Sistem ini menghasilkan jumlah gesekan yang relatif lebih sedikit. Jadi, perawatan komponen remnya juga akan jauh lebih sedikit.  

3. Menghemat biaya operasional

Dikutip dari Kompas.com, kabarnya Direktur PLN menyatakan bahwa biaya operasional untuk pengeluaran mobil listrik bisa lebih hemat hingga 75%, loh. Hal ini karena pengisian bensin BBM relatif lebih mahal daripada pengisian energi untuk mobil listrik. 

Tak hanya itu, nilai BBM cenderung naik setiap tahunnya. Sementara itu, harga energi listrik lebih stabil. Jadi, tak mengherankan kalau biaya operasional mobil listrik akan lebih murah dibandingkan mobil BBM. 

4. Tidak berisik

Salah satu keunggulan mobil listrik yang menjadikannya bintang baru adalah dari sisi mekanisnya. Mobil listrik tidak menimbulkan suara yang mencolok seperti mobil BBM. Bahkan, beberapa mobil hampir tidak mengeluarkan suara sama sekali. 

Dengan demikian, penggunaan mobil listrik tentunya dapat mengurangi tingkat kebisingan di area lalu lintas sibuk. Selain itu, minimnya suara yang dihasilkan mobil listrik juga turut berkontribusi pada kualitas hidup lingkungan sekitar. 

5. Lebih nyaman

Dengan suara dan laju mobil yang lebih halus tentunya Anda selaku pengemudi atau penumpang akan lebih merasa nyaman. Laju mobil ini dikarenakan tidak ada komponen mekanisnya yang bergetar. 

6. Keuntungan non-fiskal

Agar upaya pelestarian lingkungan dengan mobil listrik semakin merata, pemerintah juga ikut mendorong penggunaan mobil listrik dengan memberikan insentif non-fiskal. Dengan demikian, diharapkan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan mobil listrik. Ada beberapa contoh insentif non-fiskal yang biasanya diterima pengguna ataupun produsen mobil listrik, salah satunya bisa mengakses jalan tertentu dengan bebas.

7. Investasi jangka panjang

Mulai membeli mobil listrik sejak dini dapat menjadi investasi jangka bagi Drivemate di masa depan. Memang, kalau dibandingkan dengan mobil BBM, harga pembelian mobil listrik di awal cenderung lebih mahal. Namun, jika Drivemate lebih bijak dan mempertimbangkan biaya lainnya ke depan, seperti biaya operasional, maka mobil listrik bisa dianggap sebagai investasi jangka panjang. 

Tak hanya itu, perkembangan teknologi akan terus berkembang. Jadi, jangan kaget kalau di masa depan pengguna mobil listrik akan semakin banyak. Tak menutup kemungkinan juga nilai jualnya akan turut meningkat seiring waktu. 

Kekurangan Mobil Listrik

Namun, pepatah yang mengatakan bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini benar adanya. Sebab, dari sekian banyak keunggulan mobil listrik pasti tak lepas dari beberapa kekurangan. Contohnya, jarak tempuh yang terbatas, waktu charging yang lama, dan spot pengisian baterainya yang masih belum merata. Akan tetapi, kekurangan ini pasti akan terus diperbaiki seiring waktu. 

 

 

Mempertimbangkan kembali pertanyaan ”Apakah membeli mobil listrik dapat menghasilkan untung?”, jawabannya tentu bergantung dari kebutuhan dan keadaan finansial Anda. Menilik dari informasi di atas, tentunya mobil listrik akan menjadi pilihan yang tidak merugikan. 

Terlepas dari keinginan untuk setia menggunakan mobil BBM atau beralih ke mobil listrik, Anda harus tetap memprioritaskan kualitas ban mobil agar performa mobil semakin optimal. Salah satu caranya, Anda bisa menggunakan produk ban mobil terbaik dari Dunlop. Ingin tahu informasi selengkapnya? Yuk, kunjungi link ini!

 


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko