Bagian Mobil yang Tidak Boleh DiModif

Modifikasi mobil memang selalu menjadi kegiatan yang populer di kalangan pecinta otomotif. Kegiatan ini memungkinkan Drivemate untuk memberikan tampilan baru dan unik pada kendaraan pribadi. Namun, pengemudi tidak boleh memodifikasi mobil dengan asal-asalan. Ada beberapa komponen mobil ternyata tidak boleh diutak-atik sedikit pun. 

Mengapa Komponen Mobil Tidak Boleh Dimodifikasi Sembarangan? 

Ada banyak alasan kenapa beberapa komponen mobil tidak boleh dimodifikasi. Salah satu alasan utamanya berkaitan dengan keamanan mobil. Contohnya suspensi mobil. Jika suspensi diubah dengan suspensi lain yang tidak sesuai dengan standar produsen, maka dapat mengganggu stabilitas kendaraan. 

Selain itu, modifikasi yang tidak sesuai dengan standar produsen juga dapat menurunkan nilai jual mobil. Pasalnya, tidak sedikit pembeli yang lebih suka dengan produk orisinil dan produk modifikasi sesuai standar. Jadi, jangan hanya mengutamakan soal estetika dan kreativitas saat memodifikasi mobil. Perhatikan juga standar yang sudah ditetapkan, ya. 

Komponen Mobil yang Tidak Boleh Dimodifikasi Sama Sekali

Jika Drivemate berniat untuk memodifikasi mobil, maka pastikan jangan memodifikasi 3 komponen berikut ini dari list.  

1. Knalpot

Knalpot berperan dalam mentransformasikan gas berbahaya menjadi lebih aman. Oleh sebab itu, mengganti knalpot hanya akan menambah risiko mobil Anda tidak lulus uji emisi. Apalagi, kalau knalpot diganti sembarangan dengan pihak yang tidak profesional bisa berdampak negatif, yakni mesin mobil menjadi loyo. 

2. Setir mobil

Setir mobil adalah pusat penggerak mobil Anda. Jadi, fungsinya sangatlah penting. Jika setir mobil dimodifikasi secara total, ditakutkan malah tidak cocok dengan sistem dasar mobil. Menambahkan fitur pada setir mobil juga tidak disarankan karena dapat mengurangi efisiensi kerja setir sehingga risiko kecelakaan juga bisa meningkat. 

3. Engine Harness

Komponen satu ini bersifat seperti saraf pada mobil. Sebab, Engine harness adalah kabel penghubung yang menghubungkan berbagai komponen pada mesin mobil. Bayangkan jika ada kesalahan pemasangan atau pemotongan tanpa sengaja pastinya aliran antar komponen bisa terganggu. Jadi, performa dan mesin kendaraan bisa ikut bermasalah dan malah mengancam keamanan berkendara. 

Komponen Mobil yang Masih Boleh Dimodifikasi 

Selain komponen utama di atas, Drivemate masih boleh memodifikasi bagian lain dari mobil. Jadi, keinginan Anda untuk menuangkan kreativitas dan passion desain melalui kendaraan pribadi masih bisa terealisasi. Beberapa komponen mobil yang diperbolehkan untuk dimodifikasi, di antaranya: 

1. Ban

Ban mobil menjadi salah satu komponen yang sering untuk dimodifikasi. Tak sedikit pecinta otomotif yang berlomba-lomba dalam meningkatkan performa dan tampilan mobil dengan berbagai jenis dan pola ban. Namun, perlu digaris bawahi bahwa pemilihan ban ini wajib untuk tetap disesuaikan dengan ukuran roda kendaraan. 

2. Eksterior Mobil

Komponen mobil yang paling sering dimodifikasi adalah bagian eksterior mobil. Pasalnya, bagian eksterior tidak berpengaruh dominan pada performa mobil. Selain itu, bagian eksterior inilah yang dapat menonjolkan visual mobil. Ada beberapa aksesoris yang bisa ditambahkan pada eksterior mobil, seperti body kit, kaca film, head lamp garnish, dan lain-lain.

3. Lampu Mobil

Belakangan ini, mobil keluaran terbaru sudah beralih pada lampu LED. Jadi, mulai banyak pemilik mobil yang ikut memodifikasi lampu mobilnya dari halogen ke LED. Meskipun boleh dimodifikasi, lampu mobil tidak boleh menggunakan penerangan sembarangan yang berpotensi mengganggu pengendara lain. 

4. Disk Brake

Bukan hanya untuk keinginan modifikasi, disk brake memang komponen mobil yang wajib diganti jika sudah lecet dan tipis. Namun, modifikasi disk brake perlu dilakukan oleh mekanik profesional. Dengan demikian, komponen pengganti disk brake lama akan sesuai dan compatible dengan mesin mobil. 

5. Audio

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, memutar musik ataupun radio adalah pilihan yang tepat. Apabila Drivemate ingin kualitas audionya lebih baik dari audio bawaan pabrik, maka Anda boleh untuk upgrade kualitas audionya dengan komponen yang lebih baik. 

 

 

Meskipun modifikasi sering jadi alternatif untuk meningkatkan performa dan tampilan mobil, tetap saja proses modifikasi harus sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dengan demikian, kinerja mobil sekaligus keamanan berkendara tidak terganggu. 

Anda bisa memulai modifikasi mobil dari komponen yang paling aman, yakni ban. Gunakan ban yang berkualitas dan aman, contohnya ban mobil dari Dunlop. Ingin tahu macam-macam pilihan yang tersedia? Langsung cek melalui website resminya di sini, yuk!

 


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko