Catat: Harga Derek Resmi Jalan Tol, Tidak Sepenuhnya Gratis

Saat mengalami masalah di jalan raya, pastinya Drivemate langsung berpikiran untuk meminta bantuan dari derek resmi jalan tol, kan? Apalagi, banyak derek resmi jalan tol yang mencantumkan keterangan “gratis”. Namun, Drivemate jangan langsung beranggapan kalau gratis ini berlaku sepenuhnya. Ada ketentuan lain yang perlu Anda teliti lebih jauh. Jadi, nantinya Anda tidak terjebak pemahaman yang keliru ataupun salah paham atas ketentuan “gratis” yang dimaksud. 

Mengenal Derek Resmi Jalan Tol

Mobil mogok pastinya akan sangat merepotkan saat perjalanan. Apalagi, kalau mogoknya di tengah jalan tol. Pasti akan sulit untuk mendapatkan bantuan. Akan tetapi, dengan derek resmi jalan tol bantuan bisa secara cepat Anda dapatkan. 

Derek resmi jalan tol dapat dipahami sebagai layanan derek yang bisa sigap untuk membantu memberikan pertolongan pertama untuk masalah kendaraan Anda di jalan. Mulai dari kecelakaan kecil, mobil mogok, hingga ban bocor. 

Nantinya, akan ada mekanik yang membantu memperbaiki mobil Anda on the spot. Namun, jika perbaikan on the spot tidak memungkinkan, pihak tol dari derek resmi jalan tol akan membantu membawa mobil Anda ke bengkel terdekat. Dengan begitu, Drivemate tidak perlu khawatir selama perjalanan melewati jalan tol yang sibuk. 

Ketentuan Derek Resmi Jalan Tol

Layanan derek resmi jalan tol menetapkan layanan gratis untuk pengguna jalan tol. Namun, ada tambahan tarif yang berbeda-beda untuk setiap kondisi mobil yang ditangani. Beberapa ketentuan umumnya, meliputi:

Penanganan kendaraan di luar lokasi jangkauan

Layanan jasa derek akan membantu Drivemate untuk membawa mobil sampai ke tiga titik utama, yaitu pool derek, gerbang tol, dan 1 kilometer titik di luar gerbang tol. Bila tujuan Anda atau bengkel kendaraan di luar dari ketentuan tiga titik di atas, maka akan dikenakan tarif tambahan. 

Penanganan kendaraan tertentu

Tarif tambahan yang dimaksud nantinya juga disesuaikan dengan model kendaraan Drivemate. Kalau mobil kendaraan Anda termasuk dalam kendaraan golongan satu, maka biaya awalnya sekitar Rp100.000,00 ditambah tarif per kilometernya sekitar Rp8.000,00. Namun, untuk mobil yang bukan golongan satu, maka tarifnya lebih besar yakni Rp135.000,00 ditambah tarif per kilometer sebesar Rp10.000,00. 

Penanganan kecelakaan fatal

Derek resmi jalan tol untuk kendaraan akibat kecelakaan fatal akan jadi prioritas layanan. Akan tetapi, biasanya ada beberapa cakupan khusus untuk penanganan tambahannya. Contohnya, pembersihan tol dan lain-lain. 

Penanganan kendaraan mogok

Sebelum diderek ke bengkel terdekat, mobil mogok di tengah jalan tol biasanya juga akan mendapatkan pertolongan pertama. Jadi, kalau berhasil, maka Drivemate tidak perlu jauh-jauh ke bengkel. Nah, tidak menutup kemungkinan kalau proses penanganan pertolongan pertama ini juga akan dikenai tarif tambahan.

Cara Mendapatkan Layanan Derek Resmi Jalan Tol

Mendapatkan layanan derek resmi jalan tol bukanlah hal yang rumit. Apalagi, saat ini komunikasi sudah sangat ringkas dan cepat dengan bantuan teknologi. Jadi, mekanisme layanan jasa ini cukup sederhana hanya meliputi: 

Hubungi call center terkait

Cara pertama tentunya, sebelum masuk tol, pastikan Anda sudah menyimpan nomor call center derek resmi jalan tol supaya nantinya tidak kebingungan. Nomor call center resmi jalan tol adalah 14090. Layanan jasa derek beroperasi selama 24 jam, jadi tidak perlu takut kalau mobil Drivemate mogok di luar jam normal.  

Pahami kondisi mobil

Sebelum menelpon call center. Drivemate bisa mengambil langkah awal dengan mengidentifikasi masalah pada mobil. Jadi, saat menghubungi call center nantinya Anda sudah bisa menjelaskan detailnya secara rinci. Dengan demikian, pihak resmi jalan tol akan membawa perlengkapan tambahan yang mungkin dibutuhkan untuk mengatasi masalah mobil Anda.

Bantuan datang ke lokasi

Setelah selesai menghubungi call center, Drivemate hanya perlu menunggu dengan tenang. Nantinya, resmi jalan tol akan mendatangkan mekanik atau teknisi ahli yang pastinya paham soal kebutuhan dan penanganan untuk mobil Anda. 

 

Pemahaman yang rinci terkait layanan jasa derek sangat penting untuk diketahui sebelum memasuki jalan tol. Dengan demikian, Anda akan lebih tenang saat menghadapi situasi darurat di jalan tol. Terlepas dari itu, Anda juga perlu memperhatikan kondisi mobil Anda sebelum memasuki jalan tol. Salah satunya, yakni perhatikan kualitas ban supaya tidak mudah bocor di jalan tol. Kalau ingin lebih optimal, Drivemate bisa pilih ban terbaik dari Dunlop. Yuk, cari tahu informasi ban berkualitas Dunlop di sini!

 


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko