preloader

Cara Mengatasi Mobil yang Terasa Berat saat Dikendarai

Apakah Anda pernah mengalami masalah mobil seperti susah dikontrol atau terasa lebih berat dari biasanya? Tentunya, hal ini cukup mengganggu. Kalau sampai terjadi, tandanya Drivemate perlu menangani masalah yang ada di mesin mobil. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di sini, kita akan membahas tuntas apa saja penyebab mobil terasa berat sekaligus cara untuk mengatasinya. 

 

Penyebab Mobil Berat 

 

Pada umumnya, mobil terasa berat akibat ada kebiasaan-kebiasaan tidak baik saat berkendara yang mungkin tidak sadar pernah Anda lakukan. Berikut beberapa penyebab umum yang sering terjadi: 

 

Penggunaan gas dan rem yang agresif

Penggunaan gas dan rem yang terlalu agresif dapat mempengaruhi kinerja rem dan suspensi mobil. Saat Anda menarik gas secara mendadak, maka beban dan tekanan tidak akan terdistribusi dengan baik. Begitu pula ketika Anda sering menarik rem secara tiba-tiba, maka komponen rem akan cepat aus. Dua kebiasaan seperti ini dapat membuat performa mobil menurun sehingga mobil terasa berat saat dikemudikan. 

 

Overload

Mobil sudah didesain dengan kemampuan dalam mengangkut berat tertentu dengan batasnya masing-masing. Ketika Anda menggunakan mobil dengan jumlah penumpang atau jumlah muatan yang berat hingga melebihi kapasitas standar mobil, maka wajar kalau mobil Anda mungkin terasa lebih berat dari biasanya. Sebab, overload muatan membuat mesin bekerja ekstra, termasuk suspensi, rem, hingga ban mobil. 

 

Jarang melakukan perawatan

Sama seperti mesin lain, mesin mobil juga butuh mendapatkan perawatan. Kalau mobil Anda jarang mendapatkan perawatan rutin, maka mungkin itu menjadi salah satu alasan kenapa mengemudi jadi terasa lebih berat. Perawatan mobil yang sederhana bisa dimulai dengan memanaskan mobil setiap hari. Anda juga perlu melakukan perawatan rutin dengan membawanya ke bengkel setidaknya 3-6 bulan sekali. 

 

5 Cara Mengatasi Mobil yang Terasa Berat

 

1. Periksa tekanan ban

Pertama, Drivemate bisa memastikan dulu apakah tekanan udara pada ban tidak terlalu rendah juga tidak terlalu tinggi. Periksa juga apakah ada kebocoran atau kerusakan yang mungkin mempengaruhi tekanan udara pada ban Anda. 

 

Dengan tekanan udara ban yang pas, maka berkendara akan semakin nyaman. Untuk mengetahui tekanan udara ban yang sesuai pada setiap mobil Anda bisa memeriksa di buku manual kendaraan dan dapat juga di lihat pada petunjuk di dalam tepi pintu mobil pengemudi. Cek juga secara langsung pada ban dengan alat pengukur tekanan udara ban. 

 

2. Periksa sistem rem

Selain tekanan di ban, periksa juga kondisi rem. Caranya cukup mudah, pertama-tama matikan mesin mobil. lakukan injakan dan pelepasan pedal rem beberapa kali. Tekan pedal hingga mencapai kedalaman maksimal dan tahan selama beberapa saat. Tetap tahan pedalnya sambil menyalakan mesin mobil. Jika ada getaran atau bunyi yang tidak normal berarti Anda perlu memeriksakannya ke bengkel. 

 

3. Periksa sistem transmisi

Transmisi memiliki peran dalam memaksimalkan performa daya dan torsi. Jika terjadi masalah pada transmisi, maka kendaraan akan terasa berat. Untuk memeriksa apakah transmisi baik-baik saja, Anda bisa memeriksa kabel kopling untuk transmisi manual. Namun, untuk transmisi otomatis, Anda bisa memeriksa bagian torque converter dan shifter-nya. Jika ada kesulitan perpindahan gigi, maka segera konsultasikan ke bengkel. 

 

4. Periksa oli

Oli adalah pelumas yang memungkinkan mesin bergerak dengan mulus. Dengan oli, gesekan pada mesin juga akan lebih minim. Oleh sebab itu, Drivemate perlu memeriksa oli secara teratur. Kemudian, lakukan penggantian oli juga secara rutin sesuai dengan jenisnya. Namun, secara umum oli dapat diganti setelah pada setiap 5.000 km – 10.000 km. 

 

5. Periksa sistem suspensi 

Sistem suspensi  berperan penting dalam distribusi beban pada mobil. Bushing mampu meredam getaran, absorber adalah komponen yang mengontrol pergerakan, dan linkage berfungsi dalam menjaga stabilitas mobil. Jadi, jika fungsi suspensi berjalan secara optimal, maka rasa berat selama berkendara akan semakin berkurang. 

 

Sensasi berat saat menyetir memang sering kali membuat Drivemate tidak nyaman, kan? Namun, dengan tips-tips mencakup pemeriksaan dan perawatan mobil di atas, maka kenyamanan berkendara Anda akan semakin terjamin. Jika ingin kenyamanan yang lebih maksimal lagi, Anda bisa menggunakan komponen ban berkualitas dari Dunlop. Yuk, cari pilihan ban Dunlop yang cocok dengan mobil kesayangan Anda di sini!


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko