preloader

Bagaimana Cara Mengurus Perubahan Data SIM?

Ketika ada perubahan informasi pribadi seperti alamat, maka mengurus perubahan identitas diri seperti Surat Izin Mengemudi atau SIM perlu untuk dilakukan. Sebab, SIM adalah dokumen sah dalam berkendara. Oleh sebab itu, informasi di SIM harus akurat. Akan tetapi, mengurus perubahan data SIM akan terasa rumit, kan? Jadi, mari kita bahas bersama syarat dan cara merubah data SIM supaya Drivemate tidak kebingungan!

 

Syarat Utama Mengubah Data SIM 

 

Sebelum pergi untuk mengurus perubahan data SIM, ada beberapa persyaratan penting yang harus Drivemate persiapkan, antara lain: 

 

Menyiapkan Syarat Dokumen Identifikasi

Sebagai verifikasi identitas, ada beberapa dokumen yang perlu Drivemate persiapkan untuk mengubah data SIM. Pertama, pastinya data penduduk sebagai bahan identifikasi utama. Selain itu, Anda juga perlu membawa Kartu Keluarga (KK). yang akan digunakan sebagai verifikasi alamat dan keluarga. Pastikan dokumen-dokumen ini Anda bawa saat akan merubah data SIM. Supaya lebih aman lagi, bawalah masing-masing hasil fotokopi dari dokumen tersebut. 

 

Menyiapkan Syarat Dokumen Perubahan Data

Selain dokumen identifikasi, ada syarat-syarat dokumen lain yang harus dibawa untuk situasi tertentu. Misal, Drivemate ingin merubah data SIM karena baru saja pindah, maka Anda juga bisa membawa dokumen surat keterangan pindah sebagai bukti. 

Namun, yang paling utama adalah keterangan di KTP. Jika alamat di KTP Anda sudah sesuai dengan alamat baru, maka tidak perlu membawa surat keterangan pindah. Selain itu, syarat tambahan yang biasanya akan diminta petugas, yakni surat keterangan sehat. Kalau dokumen-dokumennya sudah siap, Anda bisa langsung mengurus perubahan data SIM dengan cara di bawah ini. 

 

Cara Mengurus Perubahan Data SIM

 

Ada beberapa langkah yang bisa Drivemate ikuti untuk melakukan perubahan data SIM, antara lain: 

 

1. Cari kantor pelayanan SIM

Pertama-tama, untuk melakukan perubahan data SIM, Anda bisa mencari kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM yang umumnya ada di pusat kota. Kantor ini yang menyediakan pelayanan perubahan SIM. Kantor Satpas biasanya berdekatan atau menyatu dengan kantor Satuan Lalu Lintas (SATLANTAS). Jadi, Drivemate tidak akan terlalu kesulitan mencari lokasinya. 

 

2. Isi formulir permohonan

Setelah sampai di sana, Drivemate bisa mencari meja tempat formulir disediakan. Carilah formulir yang sesuai dengan kebutuhan. Formulir permohonan perubahan data SIM mencakup, pernyataan permohonan, data diri, alasan perubahan, nama lengkap dan tanda tangan. Isilah data-datanya dengan benar supaya tidak ada kesalahan input untuk langkah selanjutnya. 

 

3. Serahkan ke counter

Setelah memastikan datanya benar, serahkan data sekaligus dokumen yang sudah Drivemate persiapkan ke counter pelayanan. Saat di lokasi, Anda bisa bertanya kepada satpam atau petugas, counter mana yang menangani permohonan perubahan data SIM. Saat sudah di meja petugas Anda bisa memastikan kembali, apakah data-data yang Anda berikan sudah sesuai dengan prosedur. 

 

4. Lakukan verifikasi data dan foto

Setelah selesai, Drivemate akan diarahkan untuk melakukan verifikasi identitas. Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa informasi yang Anda berikan sesuai dengan identitas Anda secara valid. Kemudian, Anda juga akan melakukan pengambilan foto terbaru untuk dicantumkan di dalam SIM baru. 

Saat proses foto, pastikan tampilan Drivemate sudah rapi dan  sesuai dengan pedoman yang ditetapkan untuk pengambilan foto SIM. Ketika dua proses ini selesai, maka petugas akan memasukkan data ke dalam sistem. 

 

5. Selesaikan pembayaran

Biaya pengajuan permohonan data SIM tidak jauh berbeda dari biaya perpanjangan SIM. Namun, biaya setiap golongan SIM berbeda-beda. Contohnya, SIM A sekitar Rp80.000,00, sedangkan SIM C biayanya adalah Rp75.000. Namun, biaya ini mungkin saja berbeda-beda tergantung dari kebijakan pemerintah setiap wilayah. 

 

Selalu periksakan informasi terkini biaya perubahan data SIM di wilayah Anda sebelum melakukan proses permohonannya. Dengan begitu, persiapan finansial Anda akan semakin matang dan tidak ada kebingungan saat di tempat. 

 

Memastikan informasi pribadi Drivemate selalu akurat dengan keterangan di SIM Anda juga merupakan salah satu cara memenuhi persyaratan hukum sekaligus keselamatan berkendara. Jika Anda ingin berkendara lebih aman dan nyaman lagi, Anda juga bisa melengkapi proses berkendara dengan menggunakan ban berkualitas dari Dunlop. Ada produk apa saja di Dunlop? Yuk, cek detail selengkapnya di sini!


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko