preloader

Kamu Tim Mobil dengan Captain Seat? Ketahui Kelebihan dan Kelemahannya, yuk!

Kenyamanan dalam berkendara memang merupakan salah satu pertimbangan utama dalam memilih mobil. Untuk menunjang kenyamanan yang maksimal, ada beberapa mobil yang menyediakan car seat dengan jenis captain seat. Di balik kenyamanannya, ternyata car seat juga mempunyai kelebihan lain sekaligus beberapa kekurangan, loh! Yuk, kita bahas lebih lanjut supaya Drivemate bisa memilih tempat duduk terbaik untuk mobil kesayangan!

 

4 Kelebihan Captain Seat

 

Supaya lebih jelas, sebaiknya kita simak dulu apa saja kelebihan captain seat yang bisa Drivemate nikmati. Beberapa di antaranya meliputi:

 

1. Lebih nyaman

Pertama dan yang paling penting, captain seat memungkinkan Drivemate untuk duduk dengan sandaran lebih luas. Apalagi, desain penyangga tubuhnya dibuat untuk mengurangi tekanan pada area punggung dan pinggul, sehingga cocok untuk perjalanan panjang. 

Selain itu, captain seat juga dilengkapi dengan bantalan tambahan untuk sandaran kepala, jadi kepala dan leher Anda tidak akan terasa pegal. Captain seat biasanya juga dibuat dengan bahan yang berkualitas dan lebih empuk daripada car seat biasa untuk kenyamanan yang lebih ekstra. 

 

2. Kemudahan akses kontrol 

Captain seat adalah jenis car seat yang pada umumnya dilengkapi dengan kecanggihan teknologi sehingga memungkinkan Drivemate untuk mendapatkan posisi yang lebih nyaman dengan fitur-fitur canggihnya. Contohnya, Drivemate bisa menggeser atau menaikturunkan posisi kursi. Selain itu, khusus captain seat pengemudi biasanya dilengkapi dengan fitur kontrol audio, telepon, dan lain-lain. Dengan begitu, pengemudi bisa berkendara dengan nyaman tetapi tetap fokus. 

 

3. Adanya privasi

Privasi pada captain seat sangat terjamin. Sebab, konsep desain captain seat khusus untuk kursi individual. Maksudnya, Drivemate akan duduk terpisah dengan penumpang lain, berbeda dengan car seat biasa yang duduknya berdempetan. Jadi, ada pembatas fisik yang nyata antara satu penumpang dengan yang lain untuk mendukung privasi. 

 

4. Kabin lebih luas

Jenis kursi captain seat biasanya ada di mobil-mobil dengan kabin yang luas, seperti mobil keluarga. Dengan begitu, Anda mempunyai ruang gerak yang lebih bebas dan terbuka. Selain itu, mobil dengan kabin yang luas biasanya juga mempunyai ruang penyimpanan yang lebih banyak. Di beberapa mobil, Anda bahkan bisa menemukan space penyimpanan tambahan di bawah captain seat.  

 

4 Kekurangan Captain Seat

 

Di balik kelebihannya yang menarik, captain seat juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu Drivemate pertimbangkan sebelum membelinya, antara lain: 

 

1. Jumlah penumpang lebih terbatas

Dengan fitur dan kenyamanan yang ekstra, ukuran captain seat lebih besar daripada jenis car seat biasa. Jadi, tentu saja captain seat cukup memakan tempat. Jika biasanya mobil keluarga bisa diisi dengan kapasitas 8 penumpang, kapasitasnya berkurang menjadi 6 penumpang saja kalau Drivemate memilih opsi captain seat.

 

2. Harganya lebih mahal 

Dengan size yang lebih besar, desain lebih nyaman, sekaligus fiturnya yang canggih dan lengkap, tentunya harga captain seat tidak bisa dibandingkan dengan car seat biasa. Jadi, tidak mengherankan kalau ternyata harganya lebih mahal. 

 

3. Perawatannya lebih rumit

Mengingat fitur teknologinya berbeda dengan car seat biasa, Drivemate perlu perhatian ekstra saat merawat captain seat. Karena itu, biaya pemeliharaan rutin yang perlu Drivemate keluarkan dalam jangka panjang tidaklah sedikit. Tak hanya pemeliharaannya, kalau ada fitur yang mengalami kerusakan pada captain seat, biaya perbaikan atau bahkan penggantiannya juga tidak sedikit.

 

4. Risiko benturan lebih tinggi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ukuran captain seat tergolong lebih besar daripada car seat biasa. Jadi, tidak heran kalau posisinya juga cenderung lebih dekat dengan bagian depan kendaraan. Oleh sebab itu, jika terjadi tabrakan dari belakang, risiko cederanya bisa jadi lebih besar daripada jenis car seat biasa. Namun, tentunya risiko tersebut bisa Anda halau dengan pemasangan seat belt yang tepat. 

 

Saat ingin membeli mobil, Drivemate harus tahu dengan pasti fitur-fitur yang ditawarkan setiap mobil termasuk jenis car seat-nya seperti captain seat. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui keunggulan dan kelebihan dari jenis car seat satu ini. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan dengan lebih matang, apakah Anda memang yakin ingin membeli mobil dengan kelebihan captain seat yang dapat menunjang kenyaman atau car seat biasa yang lebih pas di kantong. 

 

Kalau ingin mobil impian terasa lebih nyaman lagi, Drivemate bisa menggunakan ban berkualitas dari Dunlop. Tidak usah berlama-lama lagi, langsung saja intip pilihan produk ban dengan teknologi Jepang dari Dunlop di sini, yuk!


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko