preloader

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Ban Mobil ? Ini Cirinya!

Untuk mendapat pengalaman mengemudi yang terbaik, pastikan setiap komponen mobil berada dalam kondisi prima, termasuk ban mobil. Penggunaan ban mobil yang tepat dan berkualitas merupakan faktor penting dalam menjaga kinerja dan keamanan kendaraan Anda. Ban yang aus atau tidak sesuai dengan kondisi jalan dapat mengurangi daya cengkeram, meningkatkan risiko kecelakaan, dan mengurangi efisiensi bahan bakar.

Oleh karena itu, mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil Anda dengan yang terbaik adalah hal yang penting. Biasanya orang akan mengganti ban mobil saat ban sudah rusak dan mobil sudah terasa tak nyaman. Padahal ada tanda yang bisa Anda perhatikan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk  mengganti ban ke ban mobil terbaik. Apa saja? Berikut ulasannya.

Adanya Retakan atau Pecahan pada Permukaan Ban

Permukaan ban yang mengalami retakan atau pecahan dapat menjadi tanda bahwa ban harus segera diganti. Retakan atau pecahan pada permukaan ban juga membuatnya lebih rentan terhadap kebocoran atau bahkan pecah saat digunakan. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa secara berkala kondisi permukaan ban dan menggantinya jika ditemukan retakan atau pecahan yang signifikan.

Pola Kembangan Ban yang Mulai Hilang

Ban mobil dirancang dengan pola kembangan yang bertujuan untuk meningkatkan pengendalian dan traksi saat berkendara. Pola kembangan ini memiliki peran penting dalam memberikan performa yang optimal pada ban. Namun, saat pola kembangan ban mulai aus atau hilang, ban tersebut tidak lagi mampu memberikan performa yang optimal saat digunakan.

Hal ini terutama terlihat saat melintasi jalan basah atau medan yang licin, di mana ban yang pola kembangannya sudah hilang dapat mengurangi daya cengkeram, sehingga meningkatkan risiko kehilangan traksi dan mengurangi kontrol pengendara. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa ban secara berkala kondisi pola kembangan ban dan menggantinya dengan ban baru bila menemukan keausan pada telapak.

Profil Ban yang Aus

Salah satu indikator yang sangat jelas bahwa ban mobil perlu diganti adalah ketika profil ban mulai aus. Ketika profil ban mengalami aus, traksi saat berkendara dapat berkurang, terutama dalam kondisi jalan yang basah. Jika Anda melihat bagian dalam ban mulai terlihat atau pola ban sudah hilang, maka sudah tiba saatnya untuk menggantinya.

Tanda-tanda tersebut menunjukkan bahwa ban telah mencapai batas penggunaan dan tidak lagi dapat memberikan performa optimal dan keamanan yang diharapkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggantikan ban yang aus dengan ban baru  agar tetap menjaga traksi dan kestabilan saat berkendara. Keausan dapat di deteksi dengan mengecek tanda TWI (Tread Wear Indicator) pada bahu ban.

Keausan Tidak Merata

Selain pemeriksaan terhadap profil ban, melakukan pemeriksaan rutin terhadap ban mobil Anda juga sangat penting untuk mendeteksi tanda-tanda keausan yang tidak merata. Jika Anda melihat bahwa satu sisi ban lebih aus daripada sisi lainnya, hal ini dapat menunjukkan adanya masalah pada sistem suspensi atau perlu dilakukan penyetelan ulang kaki - kaki kendaraan.

Dalam hal ini, selain mengganti ban baru, penting juga untuk memastikan kondisi kendaraan Anda seimbang secara keseluruhan. Menjaga keseimbangan kendaraan secara keseluruhan akan membantu memperpanjang jarak tempuh ban dan dan memastikan kenyamanan serta keamanan saat berkendara.

Kualitas Traksi Menurun

Salah satu fungsi utama ban mobil adalah memberikan traksi yang baik saat berkendara. Jika Anda merasa kendaraan Anda memiliki traksi yang buruk, terutama pada kondisi jalan basah atau licin, maka ban Anda mungkin sudah tidak mampu memberikan traksi yang optimal.  Mengganti ban baru akan meningkatkan traksi dan keamanan saat berkendara.

Performa Rem Menurun

Selain ban, pengecekan pada rem kendaraan juga harus dilakukan. Jika Anda merasa jarak pengereman kendaraan Anda menjadi lebih panjang atau pedal rem terasa tidak responsif, maka hal ini bisa menjadi indikasi bahwa ban Anda sudah tidak lagi memberikan cengkeraman yang optimal pada permukaan jalan.  Ban Baru akan memastikan performa sistem pengereman kendaraan Anda tetap optimal.

Efisiensi Bahan Bakar Menurun

Ban yang aus atau tidak sesuai dengan kondisi jalan dapat mengurangi efisiensi bahan bakar kendaraan Anda. Jika Anda mulai merasa bahwa konsumsi bahan bakar kendaraan Anda meningkat secara signifikan tanpa alasan yang jelas, periksa kondisi ban Anda. Mengganti dengan ban baru yang dirancang untuk efisiensi bahan bakar dapat membantu menghemat biaya operasional kendaraan Anda, serta ditambahkan service mesin secara berkala.

Kondisi Permukaan Jalan

Jika Anda sering berkendara di jalan yang rusak atau berlubang, ban mobil Anda akan lebih rentan terhadap keausan dan kerusakan. Ban yang terkena genangan air, batu kerikil, atau benda tajam lainnya dapat mengalami kerusakan yang tidak terlihat secara visual.  Menggunakan ban dengan kondisi jalan yang sering Anda lalui dapat meningkatkan kenyamanan dan umur pakai ban.

Rekomendasi dari Produsen Kendaraan

Terakhir, selalu periksa rekomendasi dari produsen kendaraan Anda mengenai waktu penggantian ban. Produsen biasanya memberikan panduan tentang berapa lama atau berapa jarak tempuh yang direkomendasikan sebelum ban mobil perlu diganti. Mengikuti rekomendasi ini akan membantu menjaga performa dan keselamatan kendaraan Anda.

Menjaga ban mobil dalam kondisi baik dan menggantinya dengan yang terbaik sesuai dengan ciri-ciri yang telah disebutkan di atas sangat penting untuk menjaga keamanan dan performa kendaraan Anda. Tetap kontrol kondisi ban secara teratur, ikuti rekomendasi produsen mobil, dan pastikan Anda memilih ban mobil terbaik untuk memastikan pengalaman berkendara yang aman, nyaman, dan efisien.

Untuk Anda yang selalu berkendara dengan mobil setiap hari, menggunakan ban yang tepat dan awet adalah pilihan. Ban Dunlop ENASAVE EC300+ adalah ban mobil yang tepat untuk mobil Anda. Ban Dunlop ini menghadirkan kualitas ban mobil terbaik dengan tingkat kenyamanan prima. Anda bisa mendapatkan harga ban mobil yang bersaing karena Dunlop ENASAVE EC300+ memiliki umur ban yang panjang dan konsumsi BBM yang rendah. Ban Dunlop ini sesuai untuk kendaraan ukuran sedang yang memakai ukuran ban OE.

 

Untuk Anda yang senantiasa melakukan perjalanan, Dunlop adalah ban berkualitas dunia yang terbaik sebagai partner kendaraan Anda. Dunlop senantiasa hadir dengan beragam pilihan ban sesuai jenis kendaraan Anda: mobil, motor, bus, hingga truk. Temukan beragam informasi terbaru dari Dunlop, tips, dan rekomendasi seputar kendaraan dan komunitas, serta promo ban mobil Dunlop hanya di website dan sosial media resmi Dunlop Indonesia.


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko