Cari Ban Terbaik untuk Mobil? Kenali Dulu Jenis Pola Tapak Ban Disini

Sebagai salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi signifikan, ban berperan besar terhadap keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Ketika memilih ban terbaik untuk mobil Anda, banyak faktor perlu dipertimbangkan agar Anda bisa mendapatkan performa terbaik dan keamanan yang optimal. Salah satu faktor utama yang harus diperhatikan adalah pola tapak ban.

Tahukah Anda bahwa struktur dari ban, yaitu tapak ban mobil, dapat dikatakan sebagai bagian yang sangat penting karena langsung berinteraksi dengan permukaan jalan? Tapak ban mobil sendiri memiliki jenis pola yang beragam dan pola dari tapak ban itu sendiri tentu juga dapat mempengaruhi kinerja mobil saat melaju di jalan. Jenis pola tapak ban yang berbeda memiliki karakteristik yang mempengaruhi kinerja ban di berbagai kondisi jalan dan cuaca.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis pola tapak ban, serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut penjelasannya.

Tapak Symmetrical

Tapak symmetrical adalah pola tapak ban yang paling umum ditemui. Pada pola ini, pola tapak ban di bagian kanan dan kiri sama persis atau mirip secara simetris. Pola ini memiliki beberapa keunggulan, termasuk:

  • Stabilitas: Tapak symmetrical cenderung memberikan stabilitas yang baik di jalan rata dan lurus karena pola tapak ban yang simetris secara umum memberikan kontak yang merata dengan permukaan jalan.

  • Pemakaian yang merata: Karena tapak ban memiliki pola yang seragam di setiap sisi, pemakaian ban cenderung merata, sehingga pilihan pola tapak ini dapat meningkatkan umur pakai ban secara keseluruhan.

Namun, tapak symmetrical cenderung kurang efektif dalam mengatasi air di jalan becek atau basah. Pola tapak ini juga mungkin tidak efisien dalam memberikan traksi apabila kendaraan melaju di permukaan jalan yang tidak rata.

Tapak Asymmetrical

Tapak asymmetrical menggabungkan desain yang berbeda di bagian dalam dan luar tapak ban. Biasanya, pola yang lebih lebar dan berorientasi untuk kinerja di jalan kering ditemukan di bagian luar, sedangkan pola dengan alur halus yang lebih dalam untuk mengatasi air di jalan basah terletak di bagian dalam. Kelebihan dari tapak ban asymmetrical antara lain:

  • Traksi yang baik di berbagai kondisi: Dengan kombinasi pola yang berbeda, tapak ban ini mampu memberikan traksi yang baik baik di jalan kering maupun basah karena desainnya yang dapat menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi permukaan jalan.

  • Kinerja yang stabil: Desain asymmetrical sering kali menghasilkan kinerja yang stabil pada kecepatan tinggi dan saat melakukan manuver karena pola tapaknya yang dirancang untuk memberikan traksi optimal dan stabilitas dalam berbagai kondisi berkendara.

Karena pola tapak luar dan dalam yang berbeda, maka Anda perlu memperhatikan dengan teliti pola ban pada saat pemasangan, jangan sampai terjadi kesalahan yang dapat membuat kinerja ban jadi tidak optimal.

Tapak Directional

Tapak directional memiliki pola tapak ban yang dirancang untuk bergerak ke arah tertentu, biasanya menunjuk ke depan atau belakang. Pola ini sering ditemukan pada ban khusus untuk performa tinggi atau pada ban balap karena dapat mengoptimalkan traksi dan pengendalian kendaraan dalam situasi yang menuntut performa maksimal. Kelebihan tapak ban directional meliputi:

  • Pengendalian air: Pola alur yang ditujukan ke arah tertentu membantu dalam mengalirkan air dari bawah ban. Hal ini dapat meningkatkan traksi kendaraan di jalan basah dengan mencegah terjadinya aquaplaning.

  • Traksi yang kuat: Desain tapak ini cenderung memberikan traksi yang sangat baik di berbagai kondisi, terutama saat ngebut atau melakukan manuver tajam karena pola alur yang efektif dalam mengoptimalkan kontak ban dengan permukaan jalan.

Sama seperti ban asymmetrical, tapak directional tidak dapat diputar atau dibalik karena memiliki arah yang khusus. Artinya, ban harus dipasang dengan benar untuk mendapatkan kinerja optimal.

Tapak Ban Eco

Ban eco merupakan ban yang ramah lingkungan. Tidak hanya dibuat dengan material yang mendukung keberlanjutan lingkungan, tapak ban eco dirancang dengan fokus pada efisiensi bahan bakar dan pengurangan jejak karbon. Desainnya seringkali mengurangi gesekan dengan jalan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Kelebihan tapak ban eco meliputi:

  • Efisiensi bahan bakar: Desain tapak yang dirancang untuk mengurangi gesekan membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dengan meminimalkan hambatan serta meningkatkan efisiensi kendaraan secara keseluruhan.

  • Pengurangan emisi: Dengan menggunakan ban eco, Anda dapat membantu mengurangi emisi karbon kendaraan Anda, memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dengan mengurangi jejak karbon yang dihasilkan.

Namun, tapak ban eco mungkin tidak memberikan traksi yang sebaik tapak ban lainnya, terutama di jalan basah atau licin.

Tapak Unidirectional Asymmetrical

Tapak unidirectional asymmetrical adalah kombinasi dari tapak directional dan asymmetrical. Pola tapak ban ini dirancang untuk memberikan traksi optimal di berbagai kondisi, baik di jalan kering maupun basah, sehingga meningkatkan performa keseluruhan kendaraan. Keunggulan dari tapak unidirectional asymmetrical meliputi:

  • Traksi yang baik: Kombinasi pola tapak yang berbeda dapat memberikan traksi yang baik di berbagai kondisi jalan, meningkatkan kinerja kendaraan dalam menghadapi beragam situasi berkendara.

  • Pengendalian yang baik: Desain ini cenderung memberikan pengendalian yang baik, bahkan saat melakukan manuver yang ekstrem, sehingga meningkatkan kestabilan dan responsivitas kendaraan di berbagai situasi berkendara yang menantang.

Seperti halnya tapak directional dan asymmetrical, ban dengan pola tapak unidirectional asymmetrical juga memiliki arah dan pola tapak ban yang khusus di bagian luar dan dalam, sehingga perlu ketelitian lebih dalam pemasangan.

Memilih ban yang tepat untuk mobil Anda adalah keputusan yang penting untuk kinerja, keamanan, dan kenyamanan Anda. Jenis pola tapak ban memainkan peran penting dalam kinerja ban di berbagai kondisi jalan dan cuaca. Dengan memahami perbedaan antara tapak symmetrical, asymmetrical, directional, eco, dan unidirectional asymmetrical, Anda dapat membuat keputusan yang tepat saat memilih ban mobil terbaik. Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan Anda, anggaran yang Anda miliki, serta kondisi jalan yang sering Anda lalui untuk mendapatkan ban yang sesuai dengan preferensi dan gaya mengemudi Anda.

 

Untuk lebih meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara, pastikan mobil Anda menggunakan ban SP Sport Maxx 050+. Ban Flagship dari Dunlop. Desain asimetris SP Sport Maxx 050+ memberikan performa luar biasa pada kondisi jalan kering & basah. Dunlop menghadirkan ban premium untuk kenyamanan berkendara yang prima. 

 

 

Untuk Anda yang senantiasa melakukan perjalanan, Dunlop adalah ban berkualitas dunia yang terbaik sebagai partner kendaraan Anda. Dunlop senantiasa hadir dengan beragam pilihan ban sesuai jenis kendaraan Anda: mobil, motor, bus, hingga truk. Tidak hanya menyediakan info seputar ban mobil, temukan juga beragam informasi terbaru dari Dunlop, tips, rekomendasi ban dan topik seputar kendaraan dan komunitas di website dan sosial media resmi Dunlop Indonesia. Perihal informasi harga ban dan layanan lainnya silahkan langsung kunjungi Dunlop Shop terdekat di kota kamu ya. Untuk daftar Dunlop Shop silahkan klik link berikut ini https://dunlop.co.id/tempat-beli/mobil

 

oOo

 

Reference(s):

https://wartaekonomi.co.id/read229268/cek-ban-motor-yuk-sebelum-mudik 

https://www.otospirit.com/tips-mudik-dengan-motor-cek-3-hal-penting-ban-56568/56568 

 


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko