Tips Memilih Ban Mobil Listrik yang Tepat

Kepopuleran mobil listrik di Indonesia telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan lingkungan, serta teknologi yang lebih canggih. Seperti halnya kendaraan lain, ada salah satu komponen penting dari mobil listrik yang tak boleh luput dari perhatian, yaitu ban mobil.

Bagi para pemilik mobil listrik, pemilihan ban yang tepat menjadi faktor krusial untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang optimal. Ban yang sesuai tidak hanya meningkatkan kinerja mobil listrik tetapi juga dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan. Tidak sama dengan ban mobil konvensional, ada beberapa tips penting yang perlu Anda simak saat memilih ban mobil listrik yang tepat. Berikut penjelasannya.

Ketahui Spesifikasi Mobil Anda

Langkah pertama dalam memilih ban mobil listrik yang tepat adalah memahami spesifikasi mobil Anda dengan baik. Setiap mobil listrik memiliki karakteristik yang berbeda, termasuk dimensi ban yang sesuai, beban maksimum yang dapat ditangani, dan kecepatan maksimum yang direkomendasikan untuk ban tersebut. Pastikan Anda memahami spesifikasi ini agar dapat memilih ban terbaik dengan mobil listrik Anda.

Perhatikan Ukuran dan Dimensi Ban

Ukuran dan dimensi ban sangat penting untuk memastikan ban cocok dengan mobil Anda. Pastikan untuk memeriksa ukuran ban yang direkomendasikan oleh produsen mobil. Menggunakan ban yang tidak sesuai ukuran dapat mengganggu kinerja mobil listrik dan bahkan membahayakan keselamatan Anda. Periksa juga apakah ban tersebut cocok dengan velg mobil Anda.

Cek Ukuran Indeks Beban

Bobot mobil listrik cenderung lebih berat daripada mobil biasa. Hal ini karena dalam kendaraan listrik terdapat baterai yang menjadi sumber energi utama untuk menggerakkan mesin. Oleh karena itu, pastikan ban memiliki indeks beban yang sesuai dengan kebutuhan mobil listrik Anda. Indeks beban yang tepat akan memastikan ban mampu menanggung beban kendaraan dengan aman dan efisien.

Senyawa Karet Ban yang Kuat

Mobil listrik memiliki torsi yang lebih besar dan spontan, sehingga Anda membutuhkan ban mobil dengan daya cengkram lebih kuat. Oleh karena itu, pilihlah ban mobil dengan senyawa karet yang keras dan kuat untuk mengimbangi torsinya yang besar.

Pertimbangkan Kinerja dan Efisiensi Energi

Kinerja ban mobil listrik tidak hanya ditentukan oleh daya cengkram dan keandalan, tetapi juga oleh efisiensi energinya. Ban dengan resistensi gulir rendah akan mengurangi konsumsi energi mobil listrik, meningkatkan jangkauan per pengisian, dan bahkan mengurangi emisi karbon secara keseluruhan. Cari ban yang memiliki peringkat efisiensi energi yang tinggi untuk memastikan kinerja terbaik untuk mobil listrik Anda.

Gunakan Ban yang Tidak Bising

Salah satu keunggulan mobil listrik adalah dapat meminimalisir, bahkan menghilangkan suara mesin. Kenyamanan ini juga dapat didukung dengan ban yang senyap. Ban mobil yang menghasilkan sedikit atau tidak ada kebisingan saat berkendara akan meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Oleh karena itu, pilihlah ban yang dirancang untuk mengurangi kebisingan, sehingga menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih tenang dan nyaman.

Tinjau Ulasan dan Rekomendasi

Sebelum membeli ban mobil listrik, luangkan waktu untuk membaca ulasan dan rekomendasi dari pengguna lain. Pengalaman nyata dari pemilik mobil listrik dapat memberikan wawasan berharga tentang kinerja ban dalam kondisi nyata, termasuk daya cengkram, keawetan, dan kenyamanan berkendara. Juga, perhatikan ulasan tentang durabilitas dan performa ban dalam berbagai kondisi cuaca.

Evaluasi Penggunaan dan Kondisi Berkendara Anda

Pertimbangkan kondisi berkendara Anda secara rutin saat memilih ban mobil listrik. Jika Anda sering berkendara di jalan yang rusak atau memiliki cuaca ekstrem, Anda mungkin perlu memilih ban yang tahan lama dan dapat diandalkan dalam berbagai kondisi. Di sisi lain, jika Anda biasanya berkendara di jalan rata dan kondisi cuaca stabil, Anda mungkin bisa memilih ban yang lebih fokus pada efisiensi energi.

Konsultasikan dengan Profesional

Jika Anda masih ragu-ragu atau tidak yakin tentang pilihan ban mobil listrik yang tepat untuk Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional. Banyak toko ban atau bengkel mobil memiliki staf yang berpengalaman dalam membantu pelanggan memilih ban yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka dapat memberikan saran yang berharga berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka.

Perhatikan Faktor Lingkungan

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan lingkungan, banyak produsen ban mulai mengembangkan produk yang ramah lingkungan. Perhatikan label atau sertifikasi yang menunjukkan bahwa ban tersebut dibuat dengan memperhatikan prinsip-prinsip keberlanjutan dan memiliki jejak karbon yang rendah. Dengan memilih ban yang ramah lingkungan, Anda dapat memberikan kontribusi positif terhadap perlindungan lingkungan.

Lakukan Perawatan Berkala

Setelah Anda memilih ban mobil listrik yang tepat, jangan lupakan pentingnya perawatan berkala. Pastikan untuk memeriksa tekanan udara ban secara teratur sesuai dengan rekomendasi produsen mobil Anda. Perawatan yang tepat akan memperpanjang umur pakai ban dan memastikan kinerja yang optimal dalam jangka waktu yang lebih lama.

Salah satu rekomendasi ban mobil listrik terbaik adalah ban Dunlop Enasave Series yang mampu memberikan tingkat kenyamanan prima. Ban Dunlop Enasave memiliki hambatan gulir yang lebih rendah 10%, sehingga dapat memperpanjang jarak tempuh hingga 10%, serta meningkatkan kenyamanan berkendara.

Beberapa keunggulan dari ban Dunlop Enasave Series antara lain adalah sebagai berikut.

  • Kenyamanan Prima - Tingkat kebisingan menjadi lebih baik dengan mengurangi volume alur melintang. Selain itu, desain profil telapak yang membulat juga mampu menyerap kejutan dari permukaan jalan.

  • Jarak Tempuh dan Umur Pakai Panjang - Tekanan kontak terdistribusikan secara merata dan optimal ke seluruh permukaan telapak, sehingga memperbaiki tingkat keausan. 

  • Mengurangi Hambatan Gulir - Penggunaan "Polimer Multi-Fungsi" mampu meningkatkan ikatan antara silika dan polimer, serta mencegah pembentukan panas yang tidak perlu, sehingga dapat mengurangi hambatan gulir

  • Hemat Energi - Hambatan gulir lebih rendah 10% berkat desain 4 rib yang dapat meningkatkan kekakuan telapak. Hal ini dapat mengurangi keausan bahkan di posisi poros belakang (kondisi beban ringan), sehingga lebih hemat energi dan bahan bakar.

  • Jointless Nylon Full Band - Teknologi ini dapat menjaga posisi Steel Belt tetap pada tempatnya pada segala kondisi.

Bahan yang digunakan, indeks beban, pola telapak, durabilitas, umur pakai, kesenyapan hingga hambatan gulir yang rendah menjadi poin penting dalam pemilihan ban untuk kendaraan listrik. Ban Dunlop Enasave EC300+ menjadi pilihan pabrikan mobil listrik sebagai ban OEM. Salah satu pabrikan yang mempercayakan Enasave sebagai ban originalnya adalah Nissan Leaf, salah satu pioneer mobil listrik di dunia. Enasave (EC300, EC300+, EC350+)  merupakan ban ramah lingkungan dan mampu menghemat bahan bakar. Menerapkan teknologi untuk membantu memenuhi persyaratan kinerja jarak tempuh mobil listrik dan berkontribusi pada ketenangan dan kenyamanan berkendara berkat penerapan teknologi pada telapak bannya.

 

Lebih lengkapnya, berikut adalah pilihan ban Dunlop yang bisa digunakan untuk mobil listrik di Indonesia :

  • BYD :

ATT03 ban ukuran 235/50 R18 : SP Sport LM705, Direzza DZ102, SP SPortMaxx 050+

Dolphin ban ukuran 205/50 R17 : Direzza DZ102, SP SportMaxx 050+

  • Chery :

Omoda E5 EV ban ukuran 215/55 R18 : SP SportMaxx 050

  • Citroen :

EN E-C3 ban ukuran 195/65 R15 : Enasave EC300+, SP Sport LM705

  • Honda :

E: ban ukuran 185/60 R16 : Enasave EC300+

  • Hyundai :

Ioniq 5 ban ukuran 235/55 R19 : SP Sport LM705

  • Mini :

Electric Cooper S ban ukuran 20545 R17 : Direzza DZ102, SP Sport LM705

  • Mitsubishi :

L100EV ban ukuran 155R12 : SP10

  • Morris Garage (MG)

MG4EV ban ukuran 215/50 R17 : Direzza DZ102, SP Sport LM705, SP SportMaxx 050+

MG ES EV ban ukuran 215/50 R17 : Direzza DZ102, SP Sport LM705, SP SportMaxx 050+

MG Maxus 9 EV ban ukuran 235/55 R19 : SP Sport LM705

MG ZS EV ban ukuran 215/55 R17 : SP Sport LM705, SP SPortMaxx 050

  • Nissan

Leaf ban ukuran 215/50 R17 : Enasave EC300, SP Sport LM705, Direzza DZ102, SP SportMaxx 050+

Kicks E-Power ban ukuran 205/55 R17 : Enasave EC300+

  • Toyota

BZ4X ban ukuran 235/60 R18 : Direzza DZ102, SP SportMaxx 050

  • VinFast

VF5 ban ukuran 195/60 R16 : Enasave EC300+, Enasave EC350+, SP Sport LM705

  • Wuling

Binguo ban ukuran 185/60 R15 : Enasave EC300+, SP Sport 2030, SP Sport LM705

Cloud EV ban ukuran 215/55 R18 : SP SportMaxx 050

 

Untuk Anda yang senantiasa melakukan perjalanan, Dunlop adalah ban berkualitas dunia yang terbaik sebagai partner kendaraan Anda. Dunlop senantiasa hadir dengan beragam pilihan ban sesuai jenis kendaraan Anda: mobil, motor, bus, hingga truk. Temukan beragam informasi terbaru dari Dunlop, tips, dan rekomendasi seputar kendaraan dan komunitas di website dan sosial media resmi Dunlop Indonesia.

 

oOo

 

Reference(s):

Reference 1  

Reference 2

 


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko