Jangan Disepelekan, Ini 4 Tanda Harus Segera Ganti Ban Mobil

Ban adalah salah satu komponen paling penting bagi kendaraan bermotor mana pun, termasuk mobil. Bagaimana tidak? Tanpa ban yang bagus, tentunya Drivemate tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar, kan? Walaupun tahan lama, ada saatnya ban mobil harus diganti secara berkala supaya bisa selalu sampai di tempat tujuan dengan aman. Apa saja tanda-tanda Drivemate perlu segera ganti ban mobil?

4 Tanda Ban Mobil Perlu Segera Diganti

Kalau Drivemate menemukan ada yang tidak beres saat mengecek ban mobil, jangan disepelekan begitu saja! Perhatikan empat ciri-ciri ini sebagai penanda untuk ganti ban mobil.

1. Permukaan ban sudah gundul, retak, atau bergelombang

Kesehatan ban sangat ditentukan oleh penampilan dan tekstur karetnya. Kalau Drivemate menemukan bagian tengah atau samping ban sudah tidak rata lagi, sebaiknya jangan menunggu terlalu lama untuk ganti ban mobil. 

Soalnya, ban yang sudah gundul lantaran menipis, retak karena terkena suhu panas, atau bergelombang karena sudah aus dapat memengaruhi keseimbangan mobil saat berkendara. Akibatnya, mobil bisa lebih sering goyah, dan hal ini bisa membahayakan keselamatan.

2. Sisi dinding ban memiliki benjolan

Tidak hanya permukaan karet ban, dinding di bagian samping ban mobil juga salah satu penanda penting tentang waktu yang tepat untuk ganti ban mobil. Kok, bisa? Perlu diingat bahwa penyebab umum dari benjolan pada ban mobil adalah anyaman atau kawat penguat konstruksi kerangka ban yang putus. 

Artinya, kalau Drivemate menemukan benjolan ini, ketahanan ban sudah mencapai batasnya karena tidak kuat menahan tekanan angin, jadi harus cepat diganti.

3. Kembang ban sudah menyentuh batas indikator TWI

Pada bagian tengah dan tepi ban mobil, Drivemate akan melihat ada indikator berbentuk segitiga. Simbol tersebut tidak diciptakan tanpa alasan, lho! Itu adalah Tyre Wear Indicator (TWI), penanda yang menunjukkan apakah sebuah ban sudah aus atau belum. 

Kalau kembang ban mobil pada bagian tengah sudah bersentuhan dengan batas indikator TWI, ada baiknya Drivemate menyempatkan waktu untuk ganti ban mobil karena permukaan ban sudah aus dan lebih licin.

4. Ban sudah sering ditambal atau berusia lebih dari 3 tahun

Saat berkendara, tidak menutup kemungkinan karet ban mobil akan tidak sengaja bersentuhan dengan benda tajam. Untungnya, ban tubeless dapat ditambal dan kembali digunakan dalam waktu singkat setelah peristiwa tersebut. 

Tapi, semisal ban mobil Drivemate sudah berkali-kali ditambal ulang, Drivemate harus segera menggantinya karena kekuatan ban sudah berkurang drastis. Selain itu, ban yang usianya sudah melebihi tiga tahun juga perlu diganti karena ban mobil akan kehilangan kelenturannya seiring dengan waktu.

Lebih Baik Ganti Satu Pasang Ban Saja atau Semuanya?

Terkadang, bisa jadi Drivemate menemukan dari keempat ban yang terpasang pada mobil, hanya satu yang bermasalah. Kalau begitu, apa sebaiknya Drivemate perlu mengganti sepasang ban saja atau keempatnya sekaligus? 

Jawabannya kembali lagi ke kondisi ban mobil Drivemate. Untuk kerusakan yang minor, mengganti dua ban saja bukan masalah walaupun hanya ada satu buah yang rusak, demi menjaga keseimbangan saat mengemudi. Namun, semisal ban mobil sudah rusak parah di seluruh bagiannya, sebaiknya Drivemate mengganti keempatnya supaya mobil lebih stabil di jalan.

Sebaiknya Ganti Ban Mobil di Mana?

Apa Drivemate menemukan salah satu atau bahkan keempat ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas saat memeriksa kondisi ban? Tidak perlu khawatir, sebab Anda bisa mengganti ban mobil sendiri dengan mengendurkan baut di tempat yang datar, lalu mendongkrak mobil untuk melepaskan ban dan memasang ban cadangan.

Untuk cara ini, Drivemate perlu memperhatikan jenis ban yang digunakan agar sesuai. Untungnya, Dunlop punya beraneka ragam pilihan ban mobil yang berkualitas, mulai dari ban premium buatan Jepang sampai ban untuk kendaraan SUV.

Tapi, kalau Drivemate lagi sibuk dan lebih suka mengandalkan bantuan profesional, mampir saja ke Dunlop Shop! Di sini, Anda bisa mengganti spare part mobil dengan mudah, termasuk ban, karena lokasinya ada di berbagai wilayah Indonesia.

 

Salah satu kunci untuk menjaga mobil agar tetap awet adalah dengan rajin mengganti ban. Jadi, saat Drivemate melihat permukaan ban sudah tidak lagi mulus, terdapat benjolan pada tepi dinding ban, atau sudah menggunakan ban yang sama selama lebih dari tiga tahun, sebaiknya jangan menunda-nunda ganti ban mobil, ya! 

Biar makin tenang saat mengemudi, pilihlah ban yang paling pas untuk mobil di official website Dunlop, atau kunjungi Dunlop Shop terdekat dari lokasi Drivemate untuk ganti ban!

 


Cari Ban

Cari berbagai macam ban sesuai dengan apa yang Anda cari

Select
Tempat Beli
Cari Lokasi Toko
Cari Nama Toko